Menjelang Idul Fitri banyak warga Jakarta yang pulang ke kampung halaman atau mudik. Para pemudik ini biasa meninggalkan kota besar mulai dari tiga hari hingga satu minggu lamanya. Kondisi tersebut membuat rumah yang mereka tinggal bisa kosong selama beberapa hari. Keadaan tersebut terkadang cukup mengkhawatirkan. Untuk mencegah rumah yang kosong menjadi sasaran empuk para pencuri atau terjadi hal-hal buruk, berikut RedDoorz akan bahas tips meninggalkan rumah saat mudik. Yuk simak bersama!

Mengunci Semua Pintu dan Jendela

mengunci-pintu-dan-jendela
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik : Mengunci pintu dan jendela

Saat meninggalkan rumah untuk mudik, pertama pastikan semua pintu terkunci dengan baik. Jangan lupa mengecek pintu kamar, bagian dalam, gudang atau mungkin jendela di lantai dua telah tertutup rapat dengan baik. Ada baiknya juga melakukan double lock dengan gembok khusus pada pintu bagian depan dan pagar rumah. Tips meninggalkan rumah saat mudik ini tentunya akan membuat para pencuri berpikir ulang dan mempersulit mereka masuk ke dalam rumah.

Pastikan Aliran Air Sudah Mati

Tips-Meninggalkan-Rumah-saat-Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik : Mematikan air keran

Pastikan aliran air seperti PAM atau mesin air dalam posisi off. Terkadang kita sering terlupa terutama saat hari terakhir akan pergi mudik. Hal tersebut tentunya akan mencegah rumah dari kebocoran air atau tagihan kamu yang bisa saja tiba-tiba membengkak karena aliran air yang tidak terduga.

Cabut Aliran Listrik yang Tidak Perlu

Tips-Meninggalkan-Rumah-saat-Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik : Mematikan televisi

Tips yang tidak kalah penting adalah mencabut aliran listrik di rumah seperti TV, AC, Kulkas dan berbagai alat elektronik lainnya. Bila stop kontak kamu ada tombol on/off, pastikan juga tombol tersebut telah mati. Lihat juga apakah aliran listrik dalam posisi off untuk mencegah korsleting listrik yang bisa saja menjadi penyebab kebakaran.

Kompor dan Gas Tidak Menyala

Tips-Meninggalkan-Rumah-saat-Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik: mematikan kompor dan gas

Hal lain yang penting untuk kamu cek adalah kondisi kompor dan gas. Sebelum pergi cabut selang pada tabung gas.  Dengan begitu, aliran gas tidak akan terhubung ke kompor secara langsung. Kemudian, jika kamu habis menggunakan kompor sebelum pergi pastikan posisinya sudah mati. Hal tersebut akan mencegah terjadinya kebocoran gas dan  kebakaran.

Memberi Kesan Rumah Tidak Kosong

Tips-Meninggalkan-Rumah-saat-Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik: Menyalakan lampu depan rumah

Saat meninggalkan rumah, jangan beri kesan rumah kamu sedang kosong.  Nyalakanlah lampu depan rumah atau salah satu lampu di kamar. Berikutnyakamu bisa menyalakan radio agar terkesan rumah sedang ada orang di dalamnya. Trik selanjutnya, kamu bisa menaruh sepatu atau sandal di depan pintu rumah. Hal ini akan membuat orang lain mengira rumah kamu tidak kosong.

Pasang CCTV

Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik: memasang CCTV

Jika kamu memiliki anggaran lebih, pasanglah CCTV di rumah. CCTV yang kamu pasang bisa terhubung langsung dengan smartphone sehingga kamu pun bisa memantau keadaan rumah dari mana pun. Dengan terpasangnya CCTV juga bisa menjadi cara untuk menakuti pencuri yang ingin masuk ke dalam rumah.

Menyimpan Barang Berharga

Tips-Meninggalkan-Rumah-saat-Mudik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik : Deposit safe box

Jika memiliki barang berharga di rumah seperti perhiasan atau benda-benda penting lainnya, akan lebih baik untuk menyimpan di safe deposit box. Jika memang terbiasa untuk menyimpan barang berharga di rumah, pakailah brankas dengan kunci khusus. Taruhlah brankas kamu ditempat yang tersembunyi dan tidak mudah terlihat. Jika meninggalkan kendaraan bermotor di rumah sebaiknya menggunakan kunci ganda atau menitipkannya ke tetangga yang ada di sekitar rumah kamu.

Menitip Hewan Peliharaan Ke Pet Shop

menitipkan-hewan-peliharaan
Menitipkan hewan peliharaan

Jika kamu memilki hewan peliharaan, jangan tinggalkan mereka sendirian di rumah saat kosong! Titipkan mereka ke jasa pet shop atau klinik hewan yang menyediakan jasa titip hewan selama libur lebaran. Kamu bisa mempersiapkan makanan dan keperluan lain ke jasa penitipan tersebut selama kamu mudik.

Tinggalkan Rumah Dalam Keadaan Bersih

membersihkan-rumah
Membersihkan rumah

Saat meninggalkan rumah untuk mudik dalam jangka waktu yang cukup panjang ada baiknya untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan semua lubang pembuangan dalam keadaan bersih dan tertutup rapat untuk mencegah bau busuk menyeruak dan tidak ada serangga seperti kecoa dan semut.

Beritahu Ke Tetangga Kalau Rumah Sedang Kosong

mengabarkan-tetang-sekitar
Mengabarkan tetang sekitar

Saat rumah dalam keadaan kosong cukup penting juga untuk memberitah tetangga sekitar atau petugas keamanan di area rumah. Hal ini akan membuat tetangga dan petugas keamanan lebih memperhatikan kondisi keamanan dan memperketat penjagaan rumah.

Itulah beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik yang bisa kamu coba. Apa tahun ini kamu pulang kampung dengan keluarga? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s