Indonesia memang memiliki berbagai macam kuliner, tidak terkecuali dengan sajian khas Lebarannya. Kalau masyarakat di Jakarta lebih sering memasak opor ayam dan ketupat untuk disajikan, ada masakan spesial dari daerah lainnya yang bisa kamu coba. Nah, berikut RedDoorz akan bahas tentang sajian khas Lebaran di berbagai daerah yang bisa kamu coba.

Gulai Nangka, Medan

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Gulai Nangka

Masakan berbahan dasar santan memang menjadi sajian yang paling banyak saat Lebaran. Begitu juga dengan Gulai Nangka khas Medan dengan bumbu yang sedikit pedas. Masakan satu ini terdiri dari potongan buah nangka muda yang dicampurkan dengan daging iga sapi. Sedangkan, yang membuatnya terasa gurih adalah campuran bumbu dan rempah-rempah, seperti cabai merah, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih dan ketumbar. Gulai Nangka juga semakin terasa nikmat jika disantap dengan nasi putih.

Ayam Gapepe, Makassar

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Ayam Gapepe

Sajian Ayam Gapepe memang mirip dengan Opor. Daging ayam yang biasa digunakan untuk sajian ini adalah ayam kampung lengkap dengan bumbu rempah-rempah, seperti daun salam, lengkuas, kunyit hingga serai. Biasanya masakan khas Lebaran ini juga disantap dengan lontong atau ketupat. Agar semakin gurih biasanya Ayam Gapepe ditaburi dengan kelapa sangrai pada bagian atas.

Rendang, Padang

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Rendang Padang

Siapa yang tidak kenal dengan masakan Padang. Salah satu masakan Padang yang juga sering disajikan saat Lebaran adalah rendang. Kebanyakan orang mungkin membuat sajian rendang dengan bahan dasar daging. Tetapi, sebenarnya bumbu rendang sendiri bisa dipadankan dengan bahan lainnya, seperti ayam, telur dan lokan atau kerang.

Semur Betawi, Jakarta

foto_utama_semur_daging_1

Semur Betawi juga menjadi olahan daging yang sangat lezat untuk lebaran. Namun, kuliner ini lebih terasa manis karena menggunakan kuah kecap. Bumbu untuk memasaknya sendiri, seperti merica, jintan, biji pala, jahe, lengkuas dan garam. Masyarakat betawi biasanya menyajikan masakan khas Lebaran ini dengan hidangan lainnya, seperti ketang kering goreng, ebi halus, dan bencok.

Soto Banjar, Banjarmasin

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Soto Banjar

Untuk alternatif masakan bersantan, Soto Banjar menjadi menu yang bisa kamu nikmati juga saat Hari Raya Idul Fitri. MasakanĀ  ini menjadi menu andalan masyarakat Banjarmasin. Bahan utama dari Soto Banjar sendiri adalah ayam yang diolah dengan kayu manis, cengkeh dan biji pala. Tidak seperti sajian lainnya, ayam pada Soto Banjar dimasak terpisah dan baru akan disajikan dengan cara disuwir bersama dengan perkedel, telur rebus, kentang rebus hingga ketupat. Soto Banjar juga lebih sering disajikan dengan nasi dibandingkan dengan ketupat.

Kellapate, Madura

Resep Gulai Ikan Tongkol Asam Padeh Khas Padang yang Lezat

Lebaran di Madura kamu bisa mencoba Kellapate yang berbahan dasar ikan Tenggiri. Sebelumnya ikan digorengĀ  dan dimasak dengan santan kuning. Dari penampilannya, Kellapate memang mirip dengan masakan Makassar, kuah kuning. Masakan khas Lebaran tersebut juga dimasak dengan berbagai bumbu seperti jintan, bawang putih, bawang merah, terasi dan kencur. Untuk membuat rasanya menjadi sedikit asam, biasanya Kallepate dicampur dengan irisan cabai merah dan belimbing wuluh.

Lodeh Terong, Pekalongan

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Lodeh Terong

Jika olahan berupa daging dan ayam sudah cukup sering kamu coba saat Idul Fitri, Lodeh Terong sepertinya akan cocok untuk kamu sajikan sebagai pendamping dari masakan lainnya. Masakan yang satu ini terdiri dari campuran bahan, seperti potongan terong hijau, irisan bunga kecombrang yang dimasak dengan santan dan daun melinjo. Campuran bunga kecombrang dalam Lodeh Terong menjadikan rasa masakan ini terasa berbeda.

Lemang

Masakan-khas-lebaran
Masakan khas lebaran : Lemang

Lontong atau ketupat sudah sering disajikan sebagai masakan lebaran. Tetapi, tahukah kalau ada sajian Lebaran serupa lainnya yaitu Lemang. Masakan yang satu ini biasanya bisa kamu temukan di daerah Sumatera Selatan, salah satunya Palembang. Lemang sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kuah santan. Kemudian, campuran tersebut pun dimasukan ke dalam seruas bambu untuk nantinya dibakar hingga matang. Masakan khas Lebaran ini biasanya akan disantap dengan menu, seperti daging dan sayur.

Itulah beberapa informasi mengenai sajian khas lebaran di berbagai daerah yang bisa kamu coba. Kalau masakan khas lebaran di daerah kamu apa nih? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s