Tidak hanya Jawa dan Bali yang memiliki banyak tempat wisata menarik, Madura yang terkenal dengan karapan sapinya pun memiliki beraneka ragam tempat wisata. Mulai dari pantai, gua, tempat ibadah bisa kamu temukan di sini. Setelah adanya Jembatan Suramadu atau Surabaya-Madura, semakin mudah wilayah ini untuk dijangkau. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut mengenai tempat wisata di Madura yang bisa kamu kunjungi.

Museum Keraton Sumenep

keraton sumenep

Masuk ke Museum Keraton Sumenep kamu akan dihadapkan langsung dengan lima komplek keraton yang terdiri dari empat bangunan keraton dan satu Pemandian Putri Taman Sare. Kamu bisa berkeliling museum mulai dari sebelah selatan. Pada bagian tersebut kamu bisa melihat daftar nama-nama Bupati dan Raja Sumenep. Di ruangan bagian selatan juga terdapat kereta kebesaran pada masa kepemimpinan Arya Wiraradja yang sudah berusia hingga 1000 tahun.

Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat berbagai macam koleksi benda bersejarah lainnya, seperti Al Quran yang ditulis sendiri oleh Sultan Abd Rachman dan kereta kuda yang merupakan hadiah dari kerajaan Inggris. Namun sayangnya, ada beberapa ruangan yang tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan, seperti tempat tidur para raja. Kamu hanya diperbolehkan untuk melihatnya dari luar saja. Setelahnya, barulah kamu bisa melihat Taman Sare yang merupakan tempat pemandian Potre Koning. Wisatawan yang datang diperbolehkan untuk mencuci muka di tempat pemandian tersebut.

Vihara Avalokitesvara

vihara

Didirikan sejak abad ke 18, Vihara Avalokitesvara menjadi satu dari tiga kelenteng yang ada di Madura. Lokasinya juga mudah ditemukan karena dekat dengan Pantai Talang Siring. Dibandingkan dengan Vihara lainnya, desain dan ukuran tempat wisata di Madura ini juga unik karena memiliki tinggi 155 cm, tebal bawah 59 cm dan tebal tengah 36 cm. Pada awal tahun 1900an, bangunan tersebut digunakan sebagai tempat menyimpan patung-patung yang berasal dari kerajaan Majapahit. Uniknya lagi, di komplek peribadatan tersebut kamu juga bisa menemukan tempat peribadatan lainnya, seperti Pura dan Mushalla.

Masjid Agung Sumenep

Masjid-agung-Sumenep-1-1024x768

Mesjid Agung Sumenep termasuk ke dalam salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Pembangunannya sendiri dimulai pada masa Pangeran Natasukuma I atau Panembahan Somala. Sebelumnya, Masjid Agung Sumenep hanya berukuran kecil, tetapi karena tidak bisa menampung jemaah yang semakin banyak, maka dibangunlah masjid yang lebih besar atas perintah Pangeran Natakusuma.

Didesain oleh arsitek Tionghoa, Lauw Piango, pembangunan ulang tempat wisata di Madura ini pun dimulai dari 1779 sampai tahun 1787. Kamu juga akan menemukan sebuah peninggalan berupa pedang yang letaknya di atas kubah masjid. Selain itu, ada juga batu giok yang memiliki berat hingga 20 kilogram.

Pantai Siring Kemuning

2.-Pantai-Siring-Kemuning-Bangkalan.

Karateristik Pantai Siring Kemuning memiliki pasir pantai yang tidak terlihat putih pada umumnya melainkan kuning. Selain itu, ombak di Pantai Siring juga cenderung lebih tenang sehingga cocok untuk ] yang ingin berenang atau snorkeling. Panjang garis Pantai Siring Kemuning yaitu sekitar 100 meter. Untuk mencapai tempat wisata di Madura ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun transportasi umum hanya dengan membayar sekitar RP 8.000 saja.

Pantai Slopeng

dsc_1231

Masuk ke Pantai Slopeng, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per-orang. Pada hari libur banyak sekali wisatawan domestik datang ke tempat wisata tersebut untuk menikmati matahari terbenam. Jika kamu menjangkau tempat wisata di Madura ini dari jembatan Suramadu, jarak tempuhnya hanya sekitar 5 hingga 6 jam saja. Pasir di Pantai Slopeng memiliki dominan warna putih dengan campuran pasir hitam dengan kandungan besi. Hal tersebutlah yang menjadikan pasir di Pantai Slopeng terlihat berkilau saat terkena sinar matahari.

Bukit Kapur Jaddih

Birunya_Kolam_di_Bukit_Jaddih

Kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata Instagenic bisa datang ke Bukit Kapur Jaddih. Dulunya tempat wisata Madura ini merupakan tempat penambangan batu kapur putih.  Kamu juga akan menemukan sebuah kolam renang bernama “Gua Potte”. Dari pusat kota Bangkalang, Bukit Kapur Jaddih berjarak sekitar 10 kilometer dan 28 kilometer dari pusat kota Surabaya. Kamu hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang saat berkunjung ke sini.

Gili Labak

Paket-Wisata-Gili-Labak-Madura-1

Gili Labak sendiri memiliki luas tidak lebih dari 5 hektar. Dengan luas tersebut, kamu bahkan bisa berjalan kaki dengan waktu hanya sekitar setengah jam saja. Tempat wisata di Madura ini memilki keindahan berupa perairan yang jernih serta batu-batu karang di sekeliling pantai. Pemandangannya dihiasi dengan kapal-kapal yang mengangkut wisatawan di tepi pantai. Gili Labak sendiri bukan merupakan pulau kosong karena ada sekitar 35 kepala keluarga yang tinggal di sini. Jadi kamu bisa dengan mudah menemukan tempat makan atau pun keperluan penerangan saat liburan.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Madura yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Madura sebelumnya? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s