Tidak hanya kalau kamu seorang traveler sejati saja tetapi hampir semua orang memiliki keinginan untuk liburan ke Eropa. Destinasi tersebut tidak pernah kehilangan pesona keindahannya. Banyak yang berencana untuk datang ke sana tapi sering kali terhambat oleh pembuatan visa yang sulit. Nah, jika kamu berkeinginan mengunjungi benua Eropa tapi malas direpotkan oleh pembuatan Visa Schengen, maka kamu bisa berkunjung ke 9 negara bebas visa di Eropa bafi pemilik paspor Indonesia. Yuk simak selengkapnya!

Rusia

negara bebas visa di eropa 1

Pemegang pasor dinas dan paspor diplomatic mendapat kemudahan akses berkunjung selama 14 hari di Rusia tanpa perlu mengurus visa. Atau jika kamu pemegang APEC Business Travel Card dan berkunjung ke Rusia untuk tujuan bisnis, kamu pun tidak perlu mengurus visa. Bagi pemilik paspor biasa, Rusia menawarkan fasilitas bebas visa bagi kamu yang ingin menonton Piala Konfederasi 2017 atau Pila Dunia 2018 dengan syarat memiliki Fan ID. Setibanya di sana, manfaatkan waktu yang kamu punya dengan berkunjung ke Danau Burlinskoye yang berwarna pink, berfoto di Red Square dan menjelajahi beragam bangunan menarik yang menyebar di Moscow , bertualang di Kamchatka Peninsula, bersantai di Olkhon Island, mengintip kehidupan menarik di Tuva, hingga mendaki Gunung Elbrus.

Belarus

negara bebas visa di eropa 2

Per tanggal 12 Februari 2017, Belarus merupakan salah satu Negara bebas visa di Eropa bagi WNI selama masuk dari Bandara Internasional Minsk dengan jangka waktu tinggal maksimal 5 hari. Namun kebijakan ini tidak berlaku jika kamu terbang dari salah satu bandara di Rusia menuju Belarus atau akan terbang ke Rusia setelah dari Belarus. Manfaatkan waktu kunjungan kamu di sini dengan menjelajah arsitektur lewat beragam bangunan klasik di kota Minsk, melihat megahnya Brest Fortress, bertualang di Beloveszhzkaya Puschka National Park dan berfoto di Mir Castle Complex.

Armenia

negara bebas visa di eropa 3

Bermodalkan paspor Indonesia, kamu hanya membutuhkan Visa on Arrival (VoA) yang bisa langsung diurus sesampainya di bagian imigrasi Zvarnots International Airport. Visa ini memungkinkan kamu berada di Armenia hingga 120 hari kunjungan. Selagi berada di sini, terdapat beberapa lokasi yang wajib dikunjungi. Kamu bisa memulai perjalanan dari Yerevan (ibu kota Armenia), yang merupakan kota paling kuno di dunia. Lalu, kamu dapat berkunjung ke Geghard yang merupakan biasa peninggalan zaman Medieval yang masuk dalam daftar UNESCO World heritage Site dan Khor Virap, sebuah biara di kaki Gunung Arafat yang sering dijadikan lokasi ziarah. Lengkapi kunjungan di Armenia dengan mencoba Wings of Tatev yang merupakan kereta gantung terpanjang di dunia.

Serbia

negara bebas visa di eropa 4

Mulai November 2014, pemegang bisa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid ataupun kamu yang memiliki izin tinggal di wilayah itu bisa berkunjung ke Serbia tanpa visa hingga 90 hari lamanya dalam periode 180 hari. Perlu diingat bahwa visa yang kamu miliki harus tetap valid selama periode tinggal kamu di Serbia. Ketika berlibur di sini, kunjungi Belgrade Fortress yang merupakan sebuah kastil megah dilengkapi dengan Kalemegdan Park yang indah, kota Novi Sad yang berada di tepi Sungai Danube, kota klasik Subotica yang dihiasi banyak bangunan cantik. Sempurnakan kunjungi di Serbia dengan menjelajah Drvengrad, sebuah desa tradisional yang awalnya dibangun untuk kebutuhan syuting film Life is a Miracle.

Kosovo

negara bebas visa di eropa 5

Negara yang baru merdeka di tahun 2008 ini menyimpan banyak destinasi memukau dengan panorama luar biasa. Jika berwisata ke Kosovo, pastikan kamu mengunjungi Prizren, kota tua bersejarah berisikan istana dan beragam bangunan peninggalan Ottoman dan Byzantium, hiking di Rugova yang indah mengunjungi  beragam museum menarik di kota Pristina, serta berbelanja dan berinteraksi engan warga lokal di Cheese Market. Jika kamu memiliki paspor diplomatik/paspor dinas, atau memiliki residence permit dari salah satu Negara Schengen, kamu akan mendapatkan fasilitas bebas visa di Kosovo selama 15 hari.

Turki

negara bebas visa di eropa 7

Negara bebas visa di Eropa selanjutnya adalah Turki. Bagi pemilik paspor diplomatik/dinas, kamu mendapatkan maksimal 30 hari. Bagi pemegang paspor biasa, kamu perlu mengurus eVisa untuk berlibur. Selagi berada di Turki, kamu wajib naik balon udara di Cappadocia, berkeliling kota Selcuk untuk menikmati peninggalan sejarah di masa Romawi dan Yunani kuno, berendam di Pamukkale, berbelanja di Grand Bazaar yang merupakan pasar tertua di dunia dan berkunjung ke kota penghasil wine Sirence ini.

Andorra

SONY DSC

Andorra berlikasi di tengah Spanyol dan Prancis. Di musim dingin, Negara kecil ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati salju dan bermain ski. Jika berkunjung di musim panas, kamu dapat mengelilingi kota Andorra la Vella yang dikenal sebagai surga belanja dan surga bagi pencinta bangunan klasik, hiking di Rec del Sola, berfoto di jembatan tua La Margineda, hingga menikmati suasana tenang di pedesaan La Massana. Bermodalkan paspor Indonesia, kamu dapat memandaatkan kebijakan visa di Andorra yang berlaku untuk 9 hari kunjungan. Tapi perlu diingan, walaupun kamu tidak memerlukan visa untuk masuk ke Andorra, tapi kamu tetap membutuhkan visa Schengen untuk masuk ke Spanyol atau Prancis, salah satu jalan untuk masuk ke Andorra.

Georgia

negara bebas visa di eropa 9

Georgia berada di persimpangan Eropa dan Asia. Negara ini menghadirkan banyak destinasi alam yang akan membuat kamu takjub. Beberapa tempat menarik di Georgia adalah Gua Vardzia, desa bersejarah Svaneti yang memiliki pemandangan cantik, kota warna-warni Tbilisi, kota Stepantsminda dengan Gergeti Trinity Church yang berlokasi di atas bukit, hingga kota Batumi yang gemerlap. Pemilik paspor diplomatic/dinas dan pemilik visa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid dapat menikmati fasilitas bebas visa ke Georgia.

Kroasia

negara bebas visa di eropa 10

Kroasia merupakan surga bagi para pecinta wisata alam yang indah. Jika berkunjung ke sini, pastikan kamu mengunjungi tempat berikut; Dubrovnik, kota tua cantik di pinggir laut yang akan membuat kamu takjub, air terjun dan danau di Plitvice Lakes National Park yang cantik, Pantai Zlatni Rat yang menjadi lokasi tepat untuk bersantai, Hvar Town yang glamor, Vis Island yang tenang hingga kota Zagreb yang hidup. Pemilik paspor diplomatic dan paspor dinas dapat langsung terbang ke Kroasia dan mendapat durasi waktu berkunjung selama 14 hari.

Itulah tadi informasi singkat mengenai negara bebas visa di Eropa . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s