Jogjakarta memang menjadi kota wisata favorit banyak orang, tidak hanya wisatawan dalam negeri tapi juga wisatawan luar negeri. Untuk kamu yang mungkin ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak hanya menyajikan pemandangan alam, tempat wisata indoor di Jogja bisa menjadi pilihan.  Tidak hanya melihat berbagai karya seni, peninggalan sejarah saja, kamu bahkan bisa mengikuti workshop seru selama berkunjung ke tempat-tempat ini. Nah, untuk lengkapnya berikut RedDoorz akan membahas lebih rinci mengenai tempat wisata indoor di Jogja yang bisa kamu kunjungi.

Benteng Vredeburg

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg dibangun pertama kali oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1760. Awalnya, Benteng tersebut digunakan untuk pertahanan keraton hingga pada tahun 1980, kemudian beliau mengubahnya menjadi tempat pengembangan budaya nusantara. Masuk ke sini kamu akan melihat berbagai koleksi diorama dengan berbagai macam tema, mulai dari miniatur perang Diponegoro, masa proklamasi dan awal kemerdekaan, Perjanjian Renville hingga Masa Orde Baru.

Selain itu, di sini kamu bisa masuk ke dalam ruangan audiovisual untuk melihat film perjuangan. Biasanya film-film tersebut diputar pada hari Jumat pukul 13.00 serta hari Minggu pada pukul 10.00 dan 13.00. Untuk kamu yang ingin berkunjung, bisa datang pada hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 07.30 – 16.00 dan Jumat hingga minggu pukul 07.30 – 16.30. Sedangkan, untuk harga tiket masuk ke Benteng Vredeburg dibandrol Rp 2.000 untuk dewasa, Rp 1.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk asing.

Museum Affandi

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : Museum Affandi

Siapa yang tidak mengenal Affandi? Salah satu pelukis legendaris Indonesia yang telah menciptakan berbagai karya spektakuler. Kamu yang ingin melihat karyanya secara langsung di Jogja, bisa berkunjung ke Museum Affandi. Berkeliling ke sini kamu akan dikenakan harga tiket masuknya sendiri dijual dengan harga Rp 10.000 untuk memotret dengan kamera HP, Rp 20.000 untuk memotret dengan kamera profesional dan Rp 25.000 untuk gratis soft drink. Lebih dari sekedar memamerkan karya Affandi yang terkenal, museum ini juga berisi berbagai koleksi dari alat transportasi jaman dahulu, rumah pribadi hingga sanggar lukis miliknya. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata indoor di Jogja tersebut mulai dari hari Senin hingga Sabtu mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00.

De Mata Trick Eye Museum

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : De Mata Trick Eye

Untuk yang suka foto-foto, bisa datang ke De Mata Trick Eye Museum. Di tempat wisata indoor di Jogja ini kamu bisa melihat uniknya berbagai macam lukisan tiga dimensi yang bisa menjadi latar berfoto. Mulai dari tema olahraga, tokoh, ornamen, alam, superhero hingga obyek wisata seperti Tamansari. Para pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Kemudian untuk jam operasionalnya sendiri yaitu mulai dari hari Senin hingga Minggu dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Museum Ullen Sentalu

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : Ullen Setanu

Kamu yang ingin menikmati sejuk dan sepinya kawasan lereng Merapi bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Masuk ke sini pasti akan merasakan langsung hawa sejuk berkisar 15 hingga 25 derajat celcius. Nantinya, kamu akan dipandu oleh seorang pemandu untuk menjelajah museum. Wisatawan yang datang  akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar RP 30.000 untuk orang dewasa, Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing. Museum Ullen Sentalu sendiri terbagi ke dalam beberapa ruangan, seperti ruangan seni dan gamelan, guwo selo giri, hinga Kampung Kembang. Setelah berkeliling ruangan-ruangan tersebut, kamu bisa menikmati berbagai menu lezat dari Restoran Beukenhof. Perlu diingat saat datang ke sini kamu tidak diperbolehkan untuk mengambil foto sama sekali karena alasan tertentu.

De Arca Statue Museum

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : De Arca Statue Museum

Jika di Singapore ada Museum Madame Tussaud, jalan-jalan ke Jogja kamu juga bisa berkunjung ke De Arca Statue Museum yang tidak kalah unik. Lokasi tempat wisata indoor di Jogja ini juga berdekatan dengan De Mata Trick Eye Museum karena masih satu manajemen. Di sini para pengunjung yang datang bisa melihat berbagai macam kolekasi patung lima dimensi mulai dari replika pahlawan nasional, tokoh dunia, super hero, hingga selebriti. De Arca Statue Museum buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00. Sedangkan, untuk harga tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Museum Batik Yogyakarta

Tempat-wisata-indoor-di-Jogja
Tempat wisata indoor di Jogja : Museum Batik Jogja

Sejak ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia, Batik semakin dilestarikan oleh berbagai kalangan. Salah satunya adalah dengan didirikannya banyak workshop hingga museum untuk memperkenalkan batik Indonesia. Di Museum Batik Yogyakarta, kamu bisa melihat galeri yang berisi koleksi batik dengan berbagai motif dan corak yang berasal dari berbagai daerah. Selain galeri berisi berbagai koleksi batik, di Museum Batik Yogyakarta juga ada pelatihan untuk belajar membatik. Museum Batik Yogyakarta buka dari pukul 08.00 hingga 15.00 untuk umum. Sedangkan, harga tiket masuk ke Museum Batik Yogyakarta dijual dengan harga Rp 20.000 per orang.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata indoor di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s