Kawasan Indonesia Timur menyimpan pesona keindahan sendiri, seperti halnya Banda Neira yang telah menjadi tempat wisata favorit bagi yang ingin berkunjung ke Maluku. Selain karena nilai historis, keindahan alam ada di sini juga masih sangat alami. Suasana yang tidak terlalu ramai juga bisa menjadi pilihan untuk yang ingin liburan tenang. Nah, lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut mengenai wisata Banda Neira.

Gunung Api Banda

gunung-api-banda

Salah satu destinasi seru jika berkunjung ke Banda Neira adalah Gunung Api Banda. Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 650 meter. Untuk menuju ke Gunung Api Banda para wisatawan harus menaiki sampan terlebih dahulu sebelum menempuh jalur pendakian. Para pendaki membutuhkan waktu sekitar dua sampai empat jam untuk sampai ke puncak. Sejak tahun 1992, wisata Banda Neira ditetapkan sebagai kawasan taman wisata alam. Hal tersebutlah mengapa nantinya kamu akan menemukan berbagai macam fauna seperti 23 jenis burung yang sebagian besarnya merupakan satwa endemik yang ada di kawasan Banda.

Lava Flow

Banda-Neira
Banda Neira : Spot snorkeling lava flow

Lava Flow bukan tempat untuk melihat lava mengalir dari letusan Gunung Api Banda. Melainkan, sebuah spot snorkeling yang terbuat dari letusan gunung tersebut. Meski sebelumnya aliran lava telah menghancurkan terumbu karang di sekitarnya, tetapi setelah itu pertumbuhan terumbu karang menjadi lebih cepat. Selain itu, Kamu juga bisa melihat berbagai macam biota laut yang masih terjaga keasriannya.

Benteng Belgica

banda neira maluku benteng belgica

Benteng Belgica memang menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Banda Neira. Mengapa harus datang ke sana? Dulu Benteng Belgica merupakan sebuah tempat pertahanan VOC  yang dibangun di atas perbukitan. Karena letaknya yang strategis itulah kamu bisa melihat pemandangan berupa lautan dan Gunung Api Banda. Lokasi dari tempat wisata Banda Neira tersebut terletak pada ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Para pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk sampai ke tingkat kedua dari Benteng Belgica.

Rumah Budaya Banda Neira

Banda-Neira
Banda Neira : Rumah Budaya Banda Neira

Tempat wisata di Banda Neira ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah mulai dari meriam, keramik Tiongkok, lukisan, hingga mata uang zaman dulu. Ada satu ruangan utama dalam museum yang berisi berbagai lukisan tentang masa penjajahan Belanda. Di ruangan lain, kamu akan melihat berbagai alat musik seperti piringan hitam kuno hingga klarinet. Museum mini tersebut memiliki arsitektur Belanda yang kepemilikannya sekarang pada Des Alwi seorang sejarawan. Wisatawan yang ingin berkunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000.

Rumah Pengasingan Bung Hatta

Banda-Neira
rumah pengasingan Bung Hatta

Tahukah kamu kalau Pulau Banda pernah menjadi tempat pengasingan Bung Hatta? Disini  terdapat rumah yang dulu digunakan sebagai tempat pengasingan bagi beliau pada tahun 1937. Para wisatawan yang datang  bisa melihat berbagai macam ruangan seperti kamar tidur sang proklamator, hingga benda-benda lainnya, seperti meja, kursi dan papan tulis yang dulu digunakan untuk mengajar. Selain itu, barang-barang pribadi milik Bung Hatta pun masih tersimpan rapi, seperti kaca mata, kemeja, surat-surat hingga foto-foto.

Akomodasi ke Banda Neira

 

akomodasi 2

Untuk sampai ke Banda Neira kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan transportasi udara dan laut. Jika ingin sampai ke tujuan dengan lebih cepat bisa menggunakan jalur penerbangan dengan rute dari Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk kemudian transit di Bandara Hasanudin Makasar atau Denpasar Bali. Setelahnya, bisa melanjutkan penerbangan ke Bandara Pattimura Ambon.

Kemudian, teruskan perjalanan dengan menggunakan kapal perintis ke Banda Neira. Penerbangan perintis ini biasanya akan mengudara setiap seminggu sekali hingga dua minggu sekali. Alternatif transportasi lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan kapal feri dengan melewati Laut Banda. Kapal Feri tersebut akan menyebrang pulau setiap dua kali dalam seminggu. Pastikan kamu mengecek jadwalnya terlebih dahulu ya sebelum keberangkatan.

Tips Ke Banda Neira

pemandangan pulau banda naira dari puncak gunung api banda 2

Kamu yang berencana untuk berkunjung ke Banda Neira sebaiknya memilih waktu yang tepat seperti pada akhir September hingga awal Desember. Pada bulan-bulan tersebut kondisi ombak di sana cukup tenang. Kondisi tersebut juga akan memungkinkan untuk berkeliling tempat wisata di sekitar pulau. Selain itu, jangan lupa membawa tabir surya selama berkunjung! cuaca di pulau terutama laut akan terasa lebih panas dan terik dibandingakan dengan di perkotaan.

Itulah informasi mengenai Banda Neira yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s