Brunei Darussalam adalah sebuah Negara kecil yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara, melekat dengan Malaysia Timur. Negara yang akrab dengan sebutan Brunei ini terkenal dengan kemakmuran dan kedisiplinan dalam menjalankan syariat Islam, baik dalam bidang kenegaraan maupun bermasyarakat. Namun meski begitu, keberagaman dan toleransi agama di Negara ini sangat tinggi, sehingga keharmonisan masyarakat Brunei dapat dirasakan dengan jelas bahkan oleh wisatawan luar negeri. Tak hanya itu saja, di sini juga terdapat banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga, kerabat dan juga pasangan. Apa saja sih ? yuk simak rekomendasi tempat wisata di Brunei berikut ini!

Masjid Omar Ali Saifudin

Tempat wisata brunei 1

Masjid yang merupakan landmark dari Brunei ini berlokasi di tepi Sungai Brunei. Yang menjadi ciri khas dari masjid ini adalah kubah emas murninya, menara marmer dan gerbangnya yang berbentuk perahu di sungai. Masjid ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Jika kamu berkunjung pada malam hari, tempat wisata Brunei ini akan diterangi lampu LED berawarna-warni. Menariknya lagi, meskipun ini termasuk tempat ibadah, namun juga dilengkapi dengan restoran dan kafe bagi pengunjung yang datang.

Royal Regalia Building

Tempat wisata brunei 2

Royal Regalia Building adalah bangunan yang berisi berbagai koleksi Kesultanan Brunei seperti harta karun, kereta kerajaan dan mahkota. Bangunan ini terletak di pinggiran Jalan Sultan Bandar. Kebanggaan Brunei yang dipamerkan di museum kerajaan ini adalah kereta emas saat penobatan raja Brunei pada tahun 1967. Koleksi lainnya yang menarik adalah gudang senjata yang memiliki banyak peralatan menarik. Kamu tidak diperbolehkan membawa kamera dan hanya boleh mengambil foto di area pintu masuk saja.

Kampong Ayer

Tempat wisata brunei 3

Merupakan sebuah desa prasejarah yang dibangun di panggung di atas Sungai Brunei. Tempat wisata Brunei ini dikenal sebagai desa air terbesar di dunia dan beberapa orang menyebutnya sebagai ‘Venesia dari Timur’. Tempat ini adalah rumah bagi sekitar 40.000 warga, yang mewakili sekitar 10% dari total penduduk Brunei dan telah dihuni selama sekitar satu millennium.

Di Kampung Ayer terdapat berbagai jenis rumah, sekolah, layanan darurat, satelit dan bahkan WiFi dapat diakses di sini. Tempat ini seperti sebuah kota bias am namun terletak di atas air, dengan rumah-rumah yang dibangun di atas panggung dan dihubungkan oleh serangkaian trotoar. Kampong ayer terletak di Brunei Bay yang dapat dicapai melalui perjalanan singkat dengan taksi air dari daratan Bandar Seri Begawan.

Gadong, The Mall

Tempat wisata brunei 4

Sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Brunei, Gadong menawarkan banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, mulai dari menikmati kuliner khas Brunei, berbelanja barang pribadi maupun oleh-oleh. Makanan yang dijual di sini berstandar café dan restoran, namun harga menu yang dijual di sini termasuk murah. Selain pusat perbelanjaan modern, ada juga pasar tradisional tempat oran menjual bahan-bahan masakan seperti pasar tradisional di Indonesia pada umumnya. Di malam hari, ada Gadong Night Market yang juga bisa disebut food extravaganza oleh para wisatawan, karena  di sini kamu bisa mencoba kuliner khas lokal sepuasnya.

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

tempat wisata brunei 5

Tempat wisata Brunei ini sangat terkenal baik dikalangan masyarakat lokal ataupun wisatawan. Yang menjadikannya menarik adalah kubah dan pagar Masjid Jame’Asr dilapisi emas sehingga terlihat sangat megah. Suasana dalam masjid ini tenang dan teduh karena dikelilingi taman hijau dan kolam. Sayangnya, pengunjung dilarang untuk mengambil foto di dalam masjid, hanya boleh dari luar. Pengunjung tidak diizinkan untuk masuk pada jam berdoa, kecuali untuk shalat. Bagi non-muslim yang ingin mengunjungi tempat ini dan tidak mengenakan pakaian muslimah, akan diberikan jubah hitam khusus untuk bisa berkeliling masjid. Akes menuju ke sini tidak sulit karena terletak di pusat kota, meskupun agak berjauhan dari Masjid Sultan Omar Ali Saiffudin.

Istana Nurul Iman

tempat wisata brunei 6

Sebagai kediaman resmi Sultan Brunei, Istana mewah ini terletak di bukit tepi Sungai Brunei, sebelah selatan dari Bandar Seri Begawan dan beberapa mil di luar pusat kota. Istana Nurul Iman sendiri memiliki arti Cahaya Iman. Setiap tahun pada akhir Idul Fitri, Sultan Brunei membuka gerbang istana selama tiga hari perayaan. Dibangun pada tahun 1984, tempat wisata Brunei ini memiliki luas 200.000 m2 dan dipenuhi kubah emas yang dirancang dengan budaya Islam dan Melayu.

Proboscis Monkey Safari River

tempat wisata brunei 7

Proboscis Monkey yang memiliki hidung panjang coklat kemerahan ini adalah hewan kebanggan Brunei yang dipamerkan di Safari River. Tempat wisata Brunei ini menyediakan paket tur bagi kamu yang ingin memiliki secara maksimal Proboscis Monkey dan hewan-hewan lain dengan harga dan tawaran jasa yang berbeda-beda. Untuk kamu yang tertarik ke sini, bisa datang mulai dari jam 07.30 sampai 15.00 waktu setempat.

Tasek Lama Recreational Park

tempat wisata brunei 8

Merupakan salah satu tempat wisata Brunei yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing, Tasek lama menawarkan beberapa air terjun yang indah dan tempat menjelajah alam yang seru. Aksesnyapun mudah karena berada di perkotaan. Kamu bisa menjelajahi hutan sekitar, berfoto di air terjun atau hanya menikmati pemandangan. Apabila tidak tertarik untuk berjelajah, kamu dapat berfoto-foto di ari terjun indah apabila kamu mengunjungi setelah hujan, karena airnya mengalir dengan deras sehingga menciptakan terjunan air yang indah untuk difoto.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Brunei . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s