Kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam memang harus dilestarikan agar tidak punah. Salah satu tempat yang biasa menjadi media pelestarian budaya kepada masayarakat adalah museum. Sebenarnya, sudah banyak sekali museum yang memiliki koleksi barang bersejarah, hingga karya seni kontemporer. Seperti salah satunya yang bisa dibilang baru dan menjadi tempat wisata populer di Malang adalah D’topeng Kingdom Museum. Untuk lebih jelasnya yuk simak bersama!

Tentang D’topeng Kingdom Museum

D'topeng-Kingdom-Museum
D’topeng Kingdom

Jika kamu pernah berkunjung ke Museum Angkut Malang, sedikit banyak pasti tahu tentang D’topeng Kingdom Museum. Sesuai dengan namanya, museum ini berisikan berbagai koleksi topeng peninggalan kerajaan zaman dahulu kala dari seluruh penjuru Indonesia. Museum ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2014 lalu oleh seorang kolektor seni bernama Reno Halsamer asal Surabaya.

Masuk ke dalamnya, kamu akan melihat berbagai macam koleksi topeng yang berjumlah hingga 2000 buah dan akan terus ditambah. Koleksi tersebut dibuat dari abad 18 hingga abad 20. Dijelaskan kalau koleksi topeng-topeng tersebut sebelumnya digunakan untuk ritual keagamaan atau pun tarian persembahan di keraton-keraton yang tersebar di Jawa dan Bali.

Hal Menarik di D’topeng Kingdom Museum

D'topeng-Kingdom-Museum
D’topeng Kingdom : koleksi topeng

Tidak hanya sekedar memamerkan topeng dari seluruh nusantara, tempat wisata di Malang ini juga memiliki berbagai macam koleksi benda-benda kuno dan mistik lainnya, seperti ratusan keris, patung pewayangan, patung kematian, Patung Tao-Tao Toraja hingga Al-Qur’an berusia 400 tahun. Koleksi topeng  di sini sangat dijaga kebersihannya dan dimasukan ke dalam lemari kaca.

Sang kolektor, Reno Halsamer telah mengumpulkan barang-barang tersebut sejak 20 tahun lalu. Dari semua koleksi, salah satu yang cukup langka adalah kursi kerajaan Singaraja dari Bali dan patung kesuburan dari Lombok. Sedangkan, salah satu koleksi tertua di sini adalah patung Tao-Tao yang berasal dari daerah Sulawesi. Patung tersebut dipercaya masyarakat Toraja menjadi penjaga makam.

Untuk lebih jelasnya berikut pembagian koleksinya :

  • Pertama, ada ruangan East Java yang berisi tentang kekayaan seni dan budaya Indonesia dengan menampilkan ribuan artefak dari seluruh Indonesia.
  • Masuk lagi ke bagian dalam museum, kamu akan melihat berbagai koleksi yang sedikit berbeda, seperti batik, keramik, tekstil, patung, lukisan, pahatan, boneka hingga sejata tradisional dari seluruh Indonesia.
  • Bagian terdalam dari museum D’topeng Kingdom berisi koleksi hasil kebudayaan leluhur yang mendemostrasikan keberagaman budaya dengan identitasnya masing-masing.

Fasilitas D’topeng Kingdom Museum

D'topeng-Kingdom-Museum
D’topeng Kingdom : kuda-kudaan

Selain memiliki berbagai macam koleksi menarik, fasilitas D’topeng Kingdom Museum juga cukup lengkap. Sebut saja tempat parkir yang luas, toilet, tempat peristirahatan, musholla hingga rumah makan bisa kamu temukan dengan mudah. Dengan begitu para pengunjung tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari fasilitas tersebut di luar museum ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

d'topeng-kingdom
D’topeng Kingdom : koleksi topeng

D’topeng Kingdom Museum sendiri buka dari pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri dijual dengan harga Rp 50.000 pada hari biasa (Senin-Kamis) dan Rp 75.000 pada akhir pekan dan hari libur nasional. Karena masih satu area dengan musum Angkut kamu bahkan bisa membeli tiket terusan secara langsung dengan harga Rp 60.000 pada hari biasa dan Rp 85.000 pada akhir pekan.

Rute ke D’topeng Kingdom Museum

d'topeng-kingdom
D’topeng Kingdom Malang

Untuk menjangkau D’topeng Kingdom Museum, kamu bisa menempuh dari berbagai arah. Jika kamu menjangkau museum D’topeng Kingdom dari alun-alun kota Batu, kamu hanya memerlukan waktu sebesar 15 menit saja. Sedangkan, jika kamu menjangkaunya dari kota Malang, cobalah naik kereta api dengan tujuan Stasiun Kota Baru. Kemudian jika kamu  datang ke Malang dengan menggunakan pesawat terbang bisa menempuh perjalanan Jakarta – Malang, Balikpapan – Malang, hingga Denpasar – Malang. Sedangkan, untuk kamu yang ingin menyewa mobil travel, bisa merogoh kocek sebesar Rp 400.000 untuk seharian penuh.

Tips Berkunjung  

d'topeng-kingdom-malang
D’topeng Kingdom Malang

Untuk kamu yang ingin berkunjung ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti berikut:

  • Jika datang ke sini pada akhir pekan cobalah untuk datang pada pagi hari. Hal tersebut karena pada akhir pekan, jumlah pengunjung yang datang akan lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa. Dengan begitu kamu tidak perlu antri lama untuk membeli tiket.
  • Kamu yang belum pernah berberkunjung ke museum angkut, tidak ada salahnya untuk membeli tiket terusan. Harga tiket terusan akan jauh lebih murah dan kamu pun bisa mengunjungi dua tempat sekaligus pada satu waktu.
  • Ada banyak spot menarik, jadi jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen jalan-jalan kamu nantinya.

Itulah beberapa informasi mengenai D’topeng Kingdom Museum yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sini? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s