Malaysia adalah Negara tetangga Indonesia yang termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Penduduknya terdiri dari tiga etnis utama, yakni Melayu, India dan China. Keragaman kelompok etnis tersebut membuat Malaysia memiliki gaya kuliner yang beragam. Hampir semua makanan khas Malaysia merupakan hasil perpaduan antara etnis Melayu, China, India dan etnis lainnya. Selain itu gaya kuliner juga dipengaruhi etnis lain seperti Thailand dan Arab, meski tidak membawa dampak menyeluruh terhadap masakannya. Nah, kalau kamu pengen tau lebih lanjut tentang makanan khas Malaysia, yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Ayam Percik

makanan khas malaysia 1

Ayam percik adalah kuliner berbahan dasar ayam yang dioleh dengan beragam jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni Kelantan dan Trengganu. Perbedaannya adalah jenis ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah, beda dengan ayam percik Trengganu yang dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

Kuliner ayam satu ini memiliki nama unik karena diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang sehingga sedikit angus. Saat dipanggang, ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik sehingga menjadikan makanan ini bernama ayam percik. Saat sudah selesai dipanggang, sebelum disajikan ayam kembali dibalur dengan saus sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam.

Nasi Lemak

makanan khas malaysia 2

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan menu makanan yang satu ini. Pasalnya, menu nasi lemak sudah banyak dijual di beberapa rumah makan yang ada di Indonesia. Nasi lemak terbuat dari nasi yang direndam di dalam krim kelapa, kemudian dikukus hingga matang. Tak hanya itu saja, beberapa rempah, seperti pandan, jahe, dan sereh juga digunakan untuk menyedapkan aroma nasi lemak ini. Nasi lemak akan disajikan bersama lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi goreng, sambel goreng teri kacang dan sambal sotong. Rasa dari nasi lemak ini sangat gurih dan sedikit mirip nasi uduk, nasi campur atau nasi gemuk khas Jambi. Dijamin, perut kamu akan langsung terisi penuh setelah menghabiskan sepiring nasi lemak ini.

Ayam Pongteh

makanan khas malaysia 3

Kuliner ini biasa kamu temui di Malaysia dan Singapura. Ayam pongteh memiliki tampilan seperti semur ayam dan biasa dihidangan dengan potongan kentang dan jamur shitake sehingga bahannya lebih komplit dan menyenangkan. Sebenarnya masakan ini menggunakan daging non-halal, tapi di Malaysia daging yang digunakan adalah daging ayam. Sajian khas Negara Malaysia ini memiliki cita rasa yang khas pada kuahnya karena penggunaan tauco yang dicampurkan saat dimasak.

Nasi Daun Pisang

makanan khas malaysia 4

Walaupun ini berasal dari India, nasi daun pisang sudah menjadi makanan khas Malaysia yang patut dicoba ketika berkunjung ke sana. Dari namanya sendiri kita sudah bisa menebak bahwa nasi ini tentunya dihidangkan di atas daun pisang. Awal mulanya, kuliner ini berasal dari daerah di India Selatan seperti Tamil, Kerala, Karnataka, dan juga Andra Pradesh. Kemudian dibawa ke Malaysia melalui pedagang India yang sedang merantau di negeri Jiran ini. Proses penyajiannya sendiri adalah pertama daun pisang direntangkan terlebih dahulu. Kemudian nasi dan berbagai jenis sayuran. Setelah itu, dibaluri dengan bumbu kari untuk menambah cita rasa. Bumbu kari inilah yang merupakan ciri khas makanan India.

Asam Laksa Penang

makanan khas malaysia 5

Jika Singapura memiliki menu makanan laksa yang khas, Malaysia juga memiliki hidangan yang sama dengan nama asam laksa Penang. Menu makanan ini terdiri dari mi atau bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas. Kemudian, hidangan ini ditaburi dengan topping ikan makarel segar, selada, nanas, mentimun dan cabai.

Asam laksa Penang adalah kombinasi dari masakan China dengan Melayu. Makanan ini memiliki rasa pedas yang segar dan tentu sangat lezat. Bagi kamu penggemar masakan pedas, tentu tidak boleh sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

Palak Paneer

makanan khas malaysia 6

Hidangan yang satu ini juga banyak dijual oleh pedagang-pedagang kuliner India. Palak paneer adalah kuah dari berwarna hijau. Kenapa hijau? Karena kuah kari ini diolah dengan bayam segar. Di samping itu, kuah kari tersebut juga diberi tambahan keju kambing. Palak paneer biasa disantap bersama roti khas India, seperti chapatis atau bhaturas. Meskipun tampilan dari hidangan ini mungkin sedikit aneh, tapi rasanya dijamin membuat kamu ketagihan sehingga ingin membeli lagi dan lagi.

Char Kway Teow

makanan khas malaysia 7

Tidak jarang kita menemukan makanan khas Malaysia yang mirip dengan kuliner-kuliner asal Indonesia. Malaysia memiliki jenis makanan yang mirip kwetiau bernama char kway teow. Kuliner satu ini adalah kwetiau goreng ala Malaysia yang juga terkenal di Singapura. Mie digoreng pada wajan bersama bahan pelengkap menyehatkan, seperti telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan dan tauge.

Bumbu char kway teow juga tak jauh berbeda dengan kwetiau di Indonesia, seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal. Di beberapa daerah di Malaysia char kway teow bisa ditemui dengan tambahan daging kepiting. Meskipun makanan ini enak dan terbuat dari bahan-bahan penuh gizi namun kandungan lemaknya cukup tinggi.

Kek Lapis Serawak

WPSARA150514 05

Sebagian besar dari peduduk Indonesia pasti tidak asing dengan kue lapis, sebab di Negara kita kue tersebut memang mudah ditemui di toko-toko kue ataupun pasar-pasar tradisional. Nah, ternyata Malaysia juga kue lapis yang bernama kek lapis Sarawak. Sesuai namanya, kue khas Malaysia ini berasal dari daerah Sarawak dan biasa disajikan pada perayaan keagamaan, seperti Idul Fitri, Natal dan Deepvali. Kek lapis serawak juga tak jarang dipilih sebagai kue ulang tahun ataupun pesta pernikahan.

Nasi Kerabu

makanan khas malaysia 9
Nasi Kerabu merupakan ikon kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu oleh para wisatawan yang akan berlibur ke sana. Hidangan satu ini terbilangan unik karena mempunyai warna asal kebiruan sehingga banyak orang penasaran dengan rasanya. Warna biru tersebut bukan karena nasi sudah basi atau jamuran, tetapi dihasilkan oleh penggunaan kelopak bunga pada saat proses memasak. Hidangan ini biasanya menjadi santapan utama bersama lauk pendamping, seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar dan berbagai jenis sayuran. Namun sayangnya nasi kerabu saat ini sudah tidak banyak yang menghidangkan nasi berwarna biru karena sulit menemukan pewarna alaminya sehingga biasa diganti dengan nasi putih biasa, nasi kuning atau nasi hitam.

Itulah tadi berbagai makanan khas Malaysia yang wajib Anda coba. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta sebagai kado valentine, pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s