Melakukan perjalanan jauh pastinya akan melelahkan meski kamu menggunakan pesawat terbang sekalipun. Tidak jarang perjalanan yang memakan waktu hingga berjam-jam ini bisa membuat kita jet lag. Kondisi jet lag sendiri terjadi karena adanya perubahan waktu tidur yang membuat tubuh kita menjadi lelah. Hal ini juga berkaitan dengan zona waktu yang berbeda dari tempat kita berangkat ke lokasi tujuan kita. Nah, agar kamu tidak terkena jet lag saat selama perjalanan jauh. Berikut RedDoorz akan berikan tipsnya! yuk simak.

Berolahraga

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Tips Mengatasi Jet Lag : Berolahraga

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kamu akan mudah beradaptasi dengan perubahan terutama yang bersifat biologis. Penerbangan jarak jauh selama berjam-jam pastinya akan membuat kamu lelah namun dengan tubuh yang sehat dan fit pastinya akan membuat kamu tidak mudah sakit. 

Minum Banyak Air

tips-mengatasi-jet-lag
Tips Mengatasi Jet Lag : Minum air yang banyak

Selain berolahraga, cukup penting juga untuk mempersiapkan fisik dengan mengonsumsi air putih. Selama di perjalanan kamu akan mendapatkan makanan dan minuman di dalam pesawat, usahakan juga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini  karena kekurangan cairan pada tubuh juga bisa membuat kamu merasa lemah.

Jangan Mengonsumsi Minuman Berkafein dan Beralkohol

Tips-Mengatas-Jet-Lag
Tips Mengatasi Jet Lag : Tidak mengonsumsi kafein dan alkohol

Meski selama perjalanan kamu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air, tetapi hindarilah minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Jika dengan minum air putih dapat mengatasi dehidrasi, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol malah akan membuat tubuh kamu dehidrasi. Selain itu, kafein juga bisa mempengaruhi pola tidur kamu selama perjalanan hingga sampai tujuan.

Menghabiskan Waktu Diluar Ruangan

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Tips Mengatasi Jet Lag : Berjalan-jalan di taman

Untuk mengatasi jet lag, ada beberapa hal yang penting untuk kamu lakukan saat sampai di tujuan. Jika memang tempat tujuan kamu sedang memiliki sinar matahari, manfaatkanlah untuk sedikit berjemur. Paparan sinar matahari tersebut bermanfaat mengembalikan jam biologis tubuh. Kamu bisa berjalan-jalan di luar ruangan pada pagi hari mulai dari pukul 08.00 hingga 09.00 waktu setempat.

Pilih Jadwal Penerbangan

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Tips Mengatasi Jet Lag : Pilih penerbangan malam hari

Jika memang kamu akan menempuh perjalanan yang cukup jauh, lebih dari tiga jam pilihlah penerbangan di malam hari. Dengan penerbangan malam hari, kamu bisa memanfaatkannya untuk tidur selama perjalanan. Setelah sampai tujuan, tubuh pun akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan jam tidur seperti biasanya lagi.

Tidur 3 jam

Mengatasi-jet-lag
Mengatasi jet lag : Tidur selama perjalanan

Penerbangan malam hari memang melelahkan. Tapi, kamu bisa menghilangkan jet lag dengan cara tidur selama tiga jam. Misalnya jika kamu sampai rumah pukul 3 dini hari, paksakan diri kamu untuk tidur tuga jam hingga pukul 6 pagi. Tujuannya agar siklus tidur harian kamu tidak terganggu. Jadi, ketika kamu tidur di malam hari, dapat bangun seperti biasa.

Jangan Lupa Untuk Makan

Tips-mengatasi-jet-lag
Tips mengatasi jet lag : Konsumsi makanan bergizi

Kamu yang menempuh penerbangan ke luar negeri biasanya akan terbangun dalam keadaan lapar. Kondisi tersebut menjadi sinyal ke tubuh untuk makan pada waktu biasa. Agar perjalanan kamu tidak terganggu dengan rasa lapar ditengah perjalanan. Makanlah secukupnya sebelum penerbangan. Selain itu, bawa juga camilan selama perjalanan kalau saja tiba-tiba lapar datang melanda.

Mandi

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Mengatasi Jet Lag : Mandi dengan air dingin atau air hangat

Setelah sampai di tujuan kamu bisa mandi menggunakan air dingin di malam hari dan air hangat pada pagi hari. Dengan mandi menggunakan air dingin dan panas, hormon melatonin kamu akan muncul karena adanya perubahan suhu tubuh. Kamu bisa istirahat dan tidur nyenyak jika jumlah melatonin dalam tubuh kamu cukup.

Mengonsumsi Teh Herbal

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Mengatasi Jet Lag : Minum teh herbal

Selain mengonsumsi air putih, teh herbal juga sangat penting untuk mengatasi jet lag. Tetapi, perlu diingat jenis teh dan waktu kamu mengonsumsinya juga akan berdampak pada tubuh. Misalnya saja, kamu bisa mengonsumsi teh chamomile di malam hari sebagai obat tidur. Sedangkan, pada pagi hari kamu bisa minum the gingko biloba atau gingseng pada pagi harinya untuk menyegarkan tubuh.

Menghindari Pencahayaan Berlebihan

Tips-Mengatasi-Jet-Lag
Mengatasi Jet Lag : Tidur dengan penutup mata

Menghindari paparan cahaya selama perjalanan bisa kamu lakukan dengan menggunakan penutup mata. Tips mengatasi jet lag ini, perlu kamu lakukan jika kamu tiba di tempat tujuan pada malam hari. Dengan menggunakan penutup mata istirahat kamu pastikan akan terasa lebih nyaman dan nyenyak.

Menggunakan Kacamata Re-timer

Mengatasi-jet-lag
Mengatasi jet lag: Kacamata re-timer

Berbicara mengenai penutup mata, kamu juga bisa menggunakan kacamata teknologi terbaru yaitu kacamata re-timer. Kacamata satu ini bekerja dengan mengeluarkan cahaya redup berwana hijau. Cahaya teresebut bisa membantu Anda untuk mengembalikan jam tidur sesuai dengan kondisi tubuh.

Itulah beberapa informasi mengenai tips mengatasi jet lag saat perjalanan jauh. Apa kamu pernah merasakan pengalaman yang sama? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s