Keindahan Jepara tidak hanya bisa kamu lihat dari berbagai kesenian khas nya saja melainkan juga dari tempat wisatanya. Dekat dengan kawasan pesisir, kota Jepara memiliki banyak pantai dan objek wisata lain yang tidak kalah menarik. Selain itu, akomodasi ke sini juga termasuk cukup terjangkau. Sehingga tidak heran banyak wisatawan menjadikan Jepara sebagai salah satu destinasi favorit. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Jepara yang bisa kamu kunjungi.

Kepulauan Karimunjawa

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Karimunjawa

Dari semua tempat wisata di Jepara mungkin Kepulauan Karimunjawa menjadi salah satu yang paling dikenal wisatawan. Jika dari kota Jepara sendiri, Taman Nasional Karimunjawa berjarak sekitar 83 km. Di cagar alam seluas 107.225 ha kamu bisa melihat berbagai ekosistem seperti dataran rendah, padang lamun, hutan mangrove, terumbu karang hingga algae. Kamu bisa menemukan berbagai jenis biota laut seperti 240 jenis ikan dan 90 karang laut. Selain itu, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Karimunjawa mulai dari snorkeling, berenang, scuba diving, memancing, hingga mengunjungi penangkaran hiu.

Pantai Bandengan

BEawZOLsSWA[1]
Tempat wisata di Jepara : Pantai Bandengan
Tidak kalah ramai dengan Kepulauan Karimunjawa, Pantai Bandengan juga menjadi tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Jepara. Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukanĀ  mulai dari mengendarai banana boat, berkemah, bermain voli, hingga bersepeda santai di pinggir pantai. Tidak jarang Pantai Bandengan juga menjadi lokasi ajang nasional maupun internasional seperti festival layang-layang hingga ajang motor cross. Kamu bisa berkunjung ke Pantai Bandengan mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Pantai Mandalika Jepara

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Pantai Mandalika

Dari pusat kota Jepara, Pantai Mandalika sendiri berjarak sekitar 2 km. Untuk mencapai ke sini kamu bisa menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menyewa perahu nelayan. Perairan di Pantai Mandalika juga memiliki beraneka macam ikan sebut saja, seperti ikan kerapu, ikan gerabah, ikan pari, ikan sembilang hingga ikan kakap. Inilah mengapa sangat menarik untuk kamu memancing selama berlibur. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat wisata di Jepara karena kondisinya yang tidak berpenghuni dan masih sepi.

Pulau Panjang

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Pulau Panjang

Air laut yang jernih dilengkapi dengan pasir putih mungkin menjadi keunggulan dari pantai-pantai yang ada di kawasan Jepara. Keindahan tersebut jugalah yang akan kamu temukan di Pulau Panjang. Tidak seperti Taman Nasional Karimunjawa dan Pantai Bandengan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, Pulau Panjang masih terasa begitu alami dan cocok untuk kamu yang suka dengan suasana sepi. Dikelilingi oleh perairan dangkal, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional Karimunjawa, mulai dari snorkeling hingga bermain kano. Akomodasi ke tempat wisata di Jepara ini juga termasuk terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 13.000 untuk pulang dan pergi. Selain itu, jarak tempuhnya pun cukup cepat yaitu hanya sekitar 15 menit saja.

Museum R.A Kartini

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Museum R.A Kartini

Selain dikenal dengan berbagai keindahan pantainya, Jepara juga memiliki tempat wisata edukatif yaitu Museum R.A Kartini. Diresmikan pada tahun 21 April 1975, kamu bisa melihat banyak koleksi peninggalan R.A Kartini mulai dari foto-foto hingga benda-benda, seperti kursi, meja, koleksi piring, radio, gerobag dan masih banyak lagi yang lainnya di museum ini. Uniknya lagi, kamu juga bisa menemukan sebuah tulang ikan raksasa Joko Tuwo yang memiliki berat sekitar 6 ton, panjang 16 meter, tinggi 2 meter dan lebar 4 meter. Museum R.A KartiniĀ  juga cukup mudah untuk ditemukan yaitu berada di sebelah timur kantor pusat Pemerintahan Kabupaten Jepara.

Danau Blingoh

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Danau Blingoh

Berlokasi di Desa Blingoh, Donorojo, Jepara, Danau yang satu ini menjadi tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan. Dulunya, Danau Blingoh merupakan tempat penambangan batu putih yang sudah tidak aktif lagi. Saat musim hujan, lahan penambangan tersebut pun kemudian terisi air dan berubah menjadi danau kecil. Keindahan Danau Blingoh terlihat dari airnya yang berwarna hijau tosca dan dinding bebatuan berwarna putih. Perpaduan tersebut tentunya menjadi pemandangan yang menarik tidak hanya untuk dilihat tetapi juga diabadikan.

Air Terjun Songgolangit

tempat-wisata-di-Jepara
Tempat wisata di Jepara : Air Terjun Songgolangit

Tempat wisata di Jepara berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjun Songgolangit. Dinamakan Songgolangit karena memang posisi air terjun ini sangat tinggi sehingga saat kamu menatapnya dari bawah seolah air terjun tersebut dari atas langit. Memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 2 meter, air terjun Songgolangit juga memiliki kolam air penampungan dengan kedalaman 3 meter. Meski tidak terlalu dalam, kamu yang ingin berenang di kolam harus berhati-hati karena adanya palung sedalam 8 meter.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Jepara yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah berkunjung ke tempat wisata yang mana nih? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s