Daerah Nusa Tenggara Barat sedang gencar melakukan promosi wisata secara nasional maupun internasional. Lombok sebagai destinasi utama memang menyimpan beragam spot istimewa dalam hal wisata alam dan bahari. Banyaknya pulau-pulau kecil yang masih asri dan asli juga menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa. Jika kamu telah banyak tahu tentang beberapa destinasi terkenal di daerah Lombok, pastinya masih banyak lagi tempat-tempat eksotis yang harus dikunjungi. Berikut 10 tempat wisata Lombok yang belum banyak diketahui wisatawan. Yuk simak selengkapnya!

Tanjung Beloam

tempat wisata di lombok 1

Tempat ini awalnya adalah kawasan yang diperuntukan sebagai wilayah konservasi penyu. Berbentuk memanjang dari selatan hingga utara,  dikelilingi oleh bukit batu dan juga pemandangan laut biru yang menentramkan hati. Deburan ombak dan suasana hening jadi hal yang tidak bisa dilepaskan saat menyinggahi tempat ini. Hal unik lainnya dari Tanjung Beloam adalah terdapat jembatan alami yang bisa dilewati untuk mengakses tanjung sambil merekam aktivitas nelayan di perairan sekitar. Coba juga merasakan pemandangan lain dari atas tebing batu maka kamu akan mendapatkan panorama yang lebih luas.

Tanjung Ringgit

tempat wisata di lombok 2

Tanjung Ringgit memiliki beberapa peninggalan Perang Dunia II di sekitar kawasan ini. Sebuah meriam yang digunakan untuk menghadapi pasukan sekutu juga masih tersimpan dengan baik, ada juga goa bawah tanah bekas pertahanan yang sampai sekarang masih bisa dilewati. Dari Tanjung Ringgit juga kita bisa melihat Gunung Rinjani di kejauan dan juga Pulau Sumbawa yang berbatasan langsung dengan Selat Alas.

Gili Kondo

tempat wisata di lombok 3

Gili Kondo merupakan salah satu pulau kecil yang ada di perairan Lombok. Pulau ini masih terlihat asri dan tidak berpenghuni, pastinya cocok untuk tempat menyendiri dan lebih dekat dengan alam. Nuansa pasir putih dan laut birunya bisa membuat kamu betah berlama-lama di sini. Jika sedang surut, ada lebih banyak kegiatan yang bisa kamu jelajahi di Gili Kondo.

Pantai Segui

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Masih banyak yang belum mengetahui Pantai Segui, terlihat dari akses jalanan yang kurang memadai dan papan penunjuk jalan yang juga belum terpampang di sekitar kawasan. Tapi, jangan ragukan keindahan yang ditawarkan di Pantai Segui, tekstur pasir berwarna merah muda mengingatkan kita pada keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink. Dari atas bukit yang bisa dilalui dengan berjalan kaki, kamu bisa mengamati Gunung Rinjani dibalut dengan deburan ombak laut biru.

Gili Petelu

tempat wisata di lombok 5

Kamu harus mengunjungi Gili Petelu untuk melihat berbagai biota laut yang memukau. Meskipun untuk bisa sampai ke sini harus menyewa kapal nelayan, pastinya kamu tidak akan menyesal karena dari atas kapal nelayan pun masih bisa melihat beningnya air laut dengan ikan-ikan berenang bebas di dalamnya. Karang-karang cantik yang jadi haiasannya pun tidak kalah menarik dan akan membuat kamu seperti melihat akuarium raksasa. Karena belum banyak yang tahu, terumbu karang dan ikan-ikan masih sangat segar di pandang mata.

Pantai Tangsi

tempat wisata di lombok 6

Banyak yang belum tahu jika Lombok memiliki pantai berpasir pink yang bernama Pantai Tangsi. Tidak ada kisah romantis yang melatarbelakangi penamaanya. Warna khas  pasir pantai akan terlihat saat pagi hari atau sore hari saat matahari hampir terbenam. Biasanya matahari senja menambah eksotisme pantai dan kamu tak akan melewatkan satu detik pun suasana yang ditawarkan. Cobalah untuk mendaki bukit di sekitar pantai untuk melihat secara keseluruhan garis Pantai Tangsi dan ornament alam pelengkapnya.

Hutan Jerowaru

tempat wisata di lombok 7

Alam Lombok yang masih belum banyak tersentuh juga menawarkan suasana hutan yang cukup menenangkan. Sebelum memasuki kawasan Pantai Tangsi, kamu akan melewati hutan  dengan daunan rimbun yang menyejukkan. Hutan Jerowaru yang masuk dalam pengelolaan pemerintah setempat ini sangat cocok sebagai tempat berteduh saat lelah bermain di pantai. Santai sejenak dengan kerimbunan dan kesunian hutan, kita akan dimanjakan hijaunya dedaunan jika datang pada musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau, hutan ini terlihat lebih artistik dengan batang-batang cokelat yang terlihat dan dedaunan yang berguguran.

Bukit Pergangsingan

tempat wisata di lombok 8

Beralih ke kawasan pegunungan, kamu bisa mencoba ke Desa Sembalun. Desa ini adalah pintu utama untuk bisa ke puncak Gunung Rinjani. Berada di ketinggian 1700 mdpl, latar belakang Gunung Rinjani yang megah jadi suguhan istimewa yang tidak didapat di tempat lain. Kata Pergangsingan berasa dari nama gasing, sebuah mainan tradisional dari bamboo yang diputar menggunakan tali. Konon di tempat ini dulunya sering digunakan untuk bermain adu gasing.

Air Terjun Mangku Sakti

tempat wisata di lombok 9

Tida selalu tentang pantai dan laut, Lombok juga menawarkan wisata alam lain seperti Air Terjun Mangku Sakti. Tempat ini belum terlalu sering di ekspos media dan wisatawan karena memang berada di tempat terpencil dan medan yang sulit. Terletak di Desa Sajang, Lombok Timur, kamu diharuskan melewati 5 jam perjalanan untuk bisa sampai ke sini. Setelah itu masih harus mendaki dan menelusuri jalan setapak hingga benar-benar sampai di Air Terjun Mangku Sakti. Jangan hanya fokus pada air terjunnya, padang savanna yang luas di sekitarnya akan jadi daya tarik sendiri yang membyat kamu tak akan menyesal sudah bersusah payah sampai ke sini.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Lombok yang tersebunyi . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s