Sudah sejak lama Maldives dikenal sebagai salah satu tempat impian para wisatawan mancanegara. Keindahan pantainya yang berpasir putih serta suasana romantis yang begitu terasa membuat Maldives menjadi tujuan wisata banyak orang, khususnya pasangan yang ingin berbulan madu. Namun sayangnya, Maldives bukan merupakan destinasi yang terbilang murah untuk dikunjungi. Sebagai contohnya, untuk akomodasi, banyak sekali tersebar resort mahal yang menyediakan berbagai fasilitas superior dengan harga mahal.

Jika kamu bermimpi pergi ke Maldives dan berpikir bahwa biaya liburan ke Maldives tidak sedikit sehingga perlu menabung berbagai fasilitas superior dengan harga mahal. Jika kamu bermimpi pergi ke Maldives dan berpikir bahwa biaya liburan ke Maldives tidak sedikit sehingga perlu menabung bertahun-tahun, kini kamu bisa bernapas lega. Dikutip dari berbagai sumber, RedDoorz akan memberikan tips hemat dan murah liburan ke Maldives. Yuk simak selengkapnya!

Tentukan Waktu Berlibur

traveling ke maldives 1

Tips liburan ke Maldives yang pertama adalah kamu harus menentukan waktu berlibur untuk menghindari high season. Sebenarnya waktu yang tepat untuk mengunjungi Maldives adalah saat musim panas yang jatuh pada bulan Desember sampai dengan April. Pasalnya, Maldives menawarkan keindahan alam pantai dan laut yang cocok dinikmati pada saat musim panas. Akan tetapi, bila ingin berhemat kamu bisa mengunjungi Maldives pada musim hujan, yakni di bulan Mei sampai dengan November. Sebaiknya pilih antara bulan Mei atau Juni karena pada saat itu curah hujan belum terlalu tinggi. Dengan memilih waktu yang tidak terlalu ramai, harga tiket pesawat dan hotel tentu akan lebih murah.

Transportasi

traveling ke maldives 2

Untuk sampai ke Maldives, kamu harus menggunakan pesawat terbang dari kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya. Kamu akan mendarat di Bandar Udara Internasional Ibrahim Nasir yang ada di Pulau Hulhule. Berhubung di Pulau Hulhule tidak terdapat apapun selain bandara, wisatawan dengan budget ekstra akan melanjutkan perjalanan ke pulau berisi resort mahal dengan menggunakan speed boat atau pesawat domestik.

Sementara itu, wisatawan dengan budget terbatas memiliki dua opsi transportasi untuk mencapai pulau-pulau lokal di mana kamu dapat berlibur dengan biaya terjangkau. Pilihan pertama adalah menumpang kapal feri menuju Pulau Male dengan harga tiket sebesar MVR 9 atau sekitar IDR 8.500. Kapal feri dari Pulau Hulhule menuju Pulau Male berangkat tiap sepuluh menit. Pilihan kedua adalah menggunakan bus menuju Pulau Hulhumale yang berangkat setiap jam. Harga tiket bus sebesar MVR 15 atau sekitar IDR 13.500. Kemudian dari Pulau Male, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Villingili dengan penumpang kapal feri seharga MVR 3. Perjalanan menuju pulau-pulau lokal di Maldives dapat dimulai dari dermaga ferry yang ada di Pulau Villingili ini.

Persiapkan Uang Secukupnya

traveling ke maldives 3

Rufiyaa atau MVR adalah mata uang yang berlaku di Maladewa. Sebaiknya kamu menukar uang terlebih dahulu sebelum mulai liburan ke Maldives. Pasalnya, di pulau-pulau lokal tidak ada mesin ATM. Bahkan, beberapa restoran dan resort tidak menyediakan mesin EDC untuk pembayaran dengan kartu kredit. Oleh karena itu, bawalah uang dalam bentuk Rufiyaa sebanyak-banyaknya. Tidak ada salahnya juga jika kamu ingin membawa kartu kredit untuk berjaga-jaga. Penukaran uang juga masih bisa dilakukan di Bandara namun usahakan kamu membawa USD untuk ditukarkan ke MVR.

Hotel Murah di Maldives

traveling ke maldives 10

Memang benar bahwa beberapa resort mewah di Maldives dengan pemandangan yang eksotis dibandrol hingga puluhan juta rupiah per malam. Akan tetapi, kamu juga dapat menentukan guest house dengan harga yang jauh lebih murah, yakni sekitar USD 35-60 per malam. Meskipun penginapan murah ini tidak berbentuk cottage di atas laut dengan view yang mempesona, tetapi penginapan murah tersebut sudah cukup nyaman dan bersih untuk beristirahat. Sebaiknya persiapkan pemesanan hotel sebelum kamu berangkat karena biasanya harga hotel akan jauh lebih murah jika dipesan online.

One Day Tour

traveling ke maldives 9

Walaupun liburan dengan paket hemat, rasanya kurang lengkap jika tidak merasakan resort mewah yang ada di Maldives. Jangan putus asa dulu, kamu bisa merasakan mewahnya resort-resort tersebut tanpa perlu membayar puluhan juta untuk menginap di sana. Cukup ambil pake one day tour dengan harga mulai dari USD 100. Tedengar cukup mahal, tapi untuk tempat wisata sekelas Maldives, harga tersebut tergolong murah.

Rata-rata resort mewah yang ada di Maldives menawarkan berbagai kegiatan yang kamu inginkan. Snorkeling, night fishing, berenang bersama hiu dan ikan pari, hingga spa sambil memandangi ikan cantik warna-warni di bawah resort tersebut. Harga tersebut juga sudah termasuk makan gratis dengan menu seafood. Kegiatan ini wajib diambil kalo kamu juga ingin foto di beberapa spot resort mewah dan membuat feed Instagram jadi lebih kekinian.

Kuliner

traveling ke maldives 6

Para wisatawan dengan budget ekstra biasanya menyantap makanan di restoran eksklusif yang berlokasi di resort mewah ataupun pulau pribadi. Wisatawan dengan budget terbatas dapat memanjakan lidah dan perut dengan bersantap di warung makan yang tersebar di banyak titik pulau lokal. Warung ini pun menyediakan menu seafood yang tentu akan melengkapi liburan kamu selama di Maldives. Para pecinta ikan akan puas dengan banyaknya pilihan masakan yang begitu menggiurkan. Jangan lupa untuk menyantap “chapatti” dan “mas hunu” yang lezat. Biaya makan di sini berkisar dari harga IDR 50.000 ke atas. Kebanyakan hotel atau guest house di Maldives menyediakan sarapan dalam porsi yang sangat besar. Jika kamu ingin lebih menghemat budget, maka kamu bisa menyantap sarapan ini dan melewatkan makan siang.

Aktivitas

traveling ke maldives 7

Maldives tidak hanya menjadi surga bagi para pasangan muda tetapi juga pecinta aktivitas air. Di pulau-pulau lokal, selain kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggir pantai atau memanfaatkan fasilitas snorkeling. Beberapa hotel bahkan menyediakan alat snorkeling secara cuma-cuma. Kamu juga dapat menumpang speed biat dengan biaya sekitar IDR 150.000 dan snorkeling di home reef, serta menyewa perahu kayak seharga IDR 130.000/jam.

Peraturan di Maldives

traveling ke maldives 8

Walau menyajikan banyak pulau eksotis, namun Maladewa adalah Negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam yang cukup kuat. Maka dari itu sebaiknya kamu lebih menjaga sikap dan perilaku. Beberapa wisatawan tentu tertarik untuk menggunakan busana seperti bikini saat berada di pantai-pantai indah yang ada di pulau ini. Namun, Maldives menyediakan beberapa area di mana kamu masih bisa menggunakan pakaian pantai seperti bikini. Namun di luar area yang ditentukan sebaiknya pilihlah outfit lain.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara murah liburan ke Maldives. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s