Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Jogja dan Jogjakarta, memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia. Terletak berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, Jogja masih menganut sistem kesultanan di mana kepala daerah yang berkuasa diangkat oleh presiden dan keturunan keluargasultan.

Seperti halnya Bali dan Bandung, Jogja juga menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Ini karena Jogja menawarkan banyak atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari candi bersejarah, kampung batik, pantai berpasir putih hingga pusat belanja. Jogja juga dikenal sebagai tempat wisata dengan biaya terjangkau karena harga hotel dan kuliner relatif lebih rendah dibandingkan kota-kota besar lain di Pulau Jawa. Namun, seiring meningkatnya industry pariwisata, wisatawan juga dapat menemukan hotel dan restoran yang memasang harga seperti di Jakarta ataupun Bali.

Bukan hanya itu, Jogja pun dikenal sebagai kota pelajar karena banyaknya sekolah tinggi yang terdapat di kota ini, bahkan sampai mencapai 136 institusi pemerintah maupun swasta. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang wisata di Jogja, yuk simak artikel dari RedDoorz!

Masyarakat di Jogja

panduan wisata jogja 2

Memiliki latar belakang budaya keraton yang kental, masyarakat Jogja umumnya dikenal ramah dengan gaya bicara yang akrab dengan dunia seni dan sangat bangga terhadap budaya mereka. Sebagian besar penduduk Jogja adalah pemeluk agama Islam, yaitu mencapai sekitar 90 persen. Sedangkan suku bangsa terbesar di Jogja berasal dari Jawa, diikuti dengan suku bangsa Sunda, Melayu, Tionghoa, Batak, Minangkabau hingga Bali.

Budaya di Jogja

panduan wisata jogja 3

Jogja dan budaya adalah dua hal yang tidak dipisahkan. Mulai dari tarian adat, tradisi atau ritual hingga kerajinan tangan, terutama perak, semua menjadi andalan wisata di Jogja. Contohnya, pertunjukan Sendratari Ramayana yang digelar di Candi Prambanan yang biasanya dimulai pukulĀ  7-9 malam. Selain itu masih ada Upacara Sekaten yang dilaksanakan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, serta Upacara Tumplak Wajik yang merupakan pembuatan makanan khas Wajik, yang biasanya terbuat dari beras dan gula kelapa.

Destinasi dan Aktivitas Populer di Jogja

panduan wisata jogja 4

Sebagai salah satu kota budaya di Indonesia, wisata budaya memang menjadi andalan di Jogja. Kamu bisa mengunjungi beberapa museum menarik yang ada di Jogja seperti Museum Affandi dan Museum Ullen Sentalu di Kaliurang yang mendapat penghargaan sebagai museum terbaik di Indonesia. Kamu juga bisa menyelami budaya Jogja lebih jauh dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti Keraton, Istana Air Taman Sari dan Benteng Vredeburg.

Bukan hanya budaya, Jogja juga identik sebagai pusat batik dan kerajinan perak. Buat pecinta batik, langsung datang ke kawasan Malioboro atau salah satu kampong batik yang banyak terdapat di Jogja. Sementara, untuk pecinta perak, kamu bisa melintasi Kota Gede dan mencari hasil kerajinan perak kesukaanmu.

Lebih lanjut, Jogja kini semakin dikenal lewat keindahan pantainya, terlebih pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul. Pantai Siung, Pantai Indrayanti atau Pantai Puulang Syawal, Pantai Krakal dan Pantai Pok Tunggal adalah beberapa pantai yang populer di Jogja.

Event dan Festival di Jogja

panduan wisata jogja 5

Sepanjang tahun, event dan festival menarik digelar di seluruh kawasan Jogja. Mulai dari festival budaya hingga festival musiK bisa kamu temukan. Sekaten dan Grebeg Maulid yang diselenggarakan oleh Keraton Jogja bisa jadi merupakan acara tahunan paling meriah yang digelar. Pesta rakyat tahunan ini menampilkan beragam hiburan atraktif yang bisa dinikmati seluruh warga Jogja, termasuk pembagian door prize.

Kalau kamu lebih suka festival modern, Jogja juga menawarkan Festival Kebudayaan Jogja yang menyuguhkan macam-macam pertunjukan seni. Pecinta music tentu menunggu kehadiran Ngayogjazz yang biasanya digelar di venue-venue yang tidak biasa.

Kuliner di Jogja

panduan wisata ke jogja 11

Belum sah ke Jogja kalau kamu belum mencicipi ragam kuliner tradisional. Bicara soal Jogja, tentu saja gudeg adalah hidangan khas yang harus kamu coba. Tapi, selain gudeg ada banyak angkringan alias warung-warung makan di pinggir jalan yang menawarkan hidangan tak kalah lezat dari restoran mewah. Tapi kalau kamu mau menikmati pengalaman mewah, Jogja punya banyak restoran cantik dengan konsep fine dining ataupun casual yang cocok untuk momen istimewa.

Transportasi di Jogja

panduan wisata jogja 7

Jogja sangat menyadari posisinya sebagai kota wisata sehingga pemerintah daerahnya menyediakan beragam pilihan transportasi publik yang nyaman. Mulai dari transportasi tradisional seperti andong atau kereta kayu bertenaga kuda yang biasanya kamu temukan di Malioboro, bus kota Trans Jogja dengan rute menarik di sekeliling Jogja hingga penyewaan motor dan mobil untuk wisatawan yang ingin lebih fleksibel dalam mengeksplorasi kota budaya ini.

Hotel di Jogja

panduan wisata ke jogja 10

Seiring perkembangan pariwisata Jogja, hotel-hotel baru pun terus bermunculan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir memikirkan akomodasi karena Jogja punya banyak banget pilihan hotel, mulai dari hostel murah meriah untuk backpacker sampai hotel untuk memanjakan diri. Salah satu yang direkomendasikan adalah menginap di RedDoorz. Kami memiliki lebih dari 30 properti yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Harga dimulai dari Rp 99.000 saja loh! Untuk fasilitas jangan khawatir karena ada 6 fasilitas standart yang RedDoorz pasti punya; Linen yang bersih, Air mineral, TV, WiFi gratis, Kamar mandi bersih dan peralatan mandi.

Pertama Kali ke Jogja?

panduan wisata jogja 11

Walaupun termasuk salah satu kota wisata paling populer di Indonesia, sebaiknya kamu cari tahu soal aturan atau norma-norma yang berlaku di Jogja supaya tidak menyinggung masyarakat setempat. Cari tahu juga tips dan informasi yang kamu butuhkan selama liburan di Jogja supaya liburan kamu berjalan lancar.

  • Liburan Murah di Jogja

Sudah menjadi rahasia umum kalau Jogja adalah destinasi favorit para backpacker. Soalnya, gampang banget mewujudkan liburan murah dan memuaskan di Jogja. Bukan hanya menawarkan penginapan-penginapan murah, Jogja juga memiliki pilihan kuliner murah yang beragam. Salah satu yang paling terkenal tentunya di angkringan Malioboro. Untuk tempat wisata, hampir semua wisata sejarah dan budaya di Jogja memiliki tiket masuk yang cukup terjangkau. Jadi jangan khawatir untuk eksplor lebih jauh ya!

  • Liburan Keluarga di Jogja

Jogja adalah salah satu destinasi ramah untuk liburan keluarga. Selain relatif mudah dijangkau, tempat-tempat wisata di Jogja juga relatif lebih dibandingkan destinasi liburan populer lain seperti Bandung dan Bali. Selain wisata sejarah seperti Candi Sambisari, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kamu dan keluarga bisa datang ke Kebun Binatang Gembira Loka yang memiliki koleksi hewan lengkap. Taman bermain dan belajar untuk anak seperti Taman Pintar dan Kids Fun juga jadi pilihan aktivitas seru untuk liburan keluarga di Jogja. Atau yang lebih seru bisa mengunjungi Jogja Bay Water Park yang merupakan salah satu taman bermain air terbesar di Jogja.

  • Liburan Romantis di Jogja

Meskipun Jogja lebih dikenal dengan wisata budaya, bukan berarti kamu tidak bisa liburan romantic di Jogja. Bayangkan romantisnya kalau kamu dan pasangan menyaksikan matahari terbit atau matahari terbenam di Candi Borobudur atau matahari terbit di Puthuk Setumbu. Kamu juga bisa menikmati makan malam romantis di Abhayagiri Restaurant yang memiliki pemandangan cantik di kawasan dekat Candi Prambanan. Atau menikmati indah dan sejuknya kawasan Kaliurang yang dingin dan berkabut.

  • Liburan Petualangan di Jogja

Selain wisata sejarah dan budaya, Jogja juga semakin populer dengan pilihan liburan petualangannya. Mulai dari panjat tebing di Pantai Siung, cave tubing di Gua Pindul, lava tour di Gunung Merapi hingga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Semua aktivitas ini sangat populer di kalangan turis yang ingin menantang adrenalin merka.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara murah liburan ke Maldives. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s