Bukittinggi menjadi destinasi yang cukup spesial untuk Indonesia, karena kota tersebut pernah dijadikan ibu kota negara pada masa Pemerintahan Darurat. Selain latar belakang sejarah tersebut, Bukittinggi juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Berada di ketinggian 909 – 941 meter di atas permukaan laut menjadikan Bukittinggi memiliki cuaca yang cukup sejuk. Selain itu, sesuai dengan namanya, banyak pemandangan alam yang sangat memukau. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata Bukittinggi yang bisa kamu kunjungi, yuk simak!

Ngarai Sianok

Wisata-Bukittinggi
Wisata Bukittinggi : Ngarai Sianok

 

 

Dinamakan Bukittinggi karena tempat ini memang terkenal dengan dataran tingginya. Salah satu tempat yang harus kamu lihat keindahannya adalah Ngarai Sianok. Di sini kamu akan melihat panorama alam berupa lembah sempit yang juga memiliki aliran sungai jernih. Ukuran dari lembah atau Ngarai Sianok cukup besar hingga 15 km dan kedalaman tebing hingga 100 meter. Ngarai Sianok sendiri terbentuk dari proses pergerakan lempeng bumi yang turun sehingga membentuk patahan seperti jurang. Suasananya sangat cocok untuk kamu yang ingin relaksasi dengan tenang dan damai. Berada di dataran tinggi, wisata Bukittinggi ini juga memiliki udara yang bersih dan sejuk. Tidak jarang, wisatawan yang datang memanfaatkannya sebagai tempat untuk berolahraga mulai dari bersepeda atau trekking.

Benteng Fort de Kock

Tempat-wisata-di-Bukittinggi
Tempat wisata di Bukittinggi : Benteng Fort de Kock

Bukittinggi juga memiliki tempat wisata sejarah menarik yaitu Benteng Fort de Kock. Wisata ini bisa dibilang menjadi bagian penting dari sejarah masyarakat di sana. Dulu, Benteng Fort de Kock digunakan sebagai tempat pertahanan pada perang Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol. Benteng Fort de Kock menjadi satu dari dua Benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda di kawasan Sumatera Barat. Satu benteng lagi bisa kamu temukan di kawasan Batusangkar.

Jam Gadang

Tempat-wisata-di-Bukittinggi
Tempat wisata di Bukittinggi : Jam Gadang

Wisata Bukittinggi ini bisa dikatakan sebagai salah satu ikon dari Provinsi Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, Jam Gadang memang memiliki ukuran jam yang cukup besar yakni sekitar 80cm dengan topang basement sekitar 13 x 4 meter. Dulu, Jam Gadang dibangun oleh dua orang arsitek bernama Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Sedangkan, untuk peletakan batu pertama pembangunan dilakukan oleh putra pertama Rook Maker. Dibangunnya Jam Gadang sendiri, juga sebagai bentuk hadiah dari Ratu Belanda kepada sekertaris kota saat itu, Controleur. Menariknya lagi, mesin di Jam Gadang hanya ada dua di dunia. Satunya lagi dipasang di Big Ben Inggris.

Museum Bung Hatta

Tempat-wisata-di-Bukittinggi
Tempat wisata di Bukittinggi : Museum Bung Hatta

Tahukah kamu kalau salah satu proklamator Indonesia Bung Hatta berasal dari Bukittinggi? Untuk itu jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke rumah kelahirannya yang berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 37, Bukittinggi, Sumatera Barat. Dulu, tempat yang sekarang dijadikan sebagai museum tersebut merupakan tempat tinggal Bung Hatta hingga berusia 11 tahun. Karena setelahnya, ia harus melanjutkan pendidikan ke Meer Uitgebred Lager Onderwijs (MULO) di Padang.

Bentuk dari bangunan tersebut pun masih sama dengan bentuk aslinya beberapa tahun silam. Terdiri dari dua lantai Museum Bung Hatta terbuat dari papan kayu dan anyaman bambu. Di dalam rumah tersebut kamu bisa melihat beberapa dokumentasi foto di beberapa ruangan, seperti foto Syekh Djamil Djambek, guru agama Bung Hatta hingga beberapa perabotan rumah yang masih dirawat hingga sekarang. Kamu bisa berkunjung ke Museum Bung Hatta mulai dari pukul 08.00 dari hari Senin hingga Minggu.

Tabiang Takuruang

Tempat-wisata-di-Bukittinggi
Tempat wisata di Bukittinggi : Tabiang Tukuruang

Jika sebelumnya ada Ngarai Sianok, di Bukittinggi kamu juga bisa melihat Tabiang Takuruang. Wisata Bukittinggi ini terbentuk dari gempa yang terjadi pada ribuan tahun lalu. Kemudian, setelahnya terbentuklah patahan semangko. Bentuk tersebut berubah lagi setelah adanya gempat pada tahun 2007. Fenomena alam tersebut membuat puncak Tabiang Takuruang menjadi runcing. Suasana alami dan asri pun sangat terasa apalagi dengan banyaknya kerbau yang digembalakan disekitarnya oleh para warga di sana. Selain itu, aliran sungai di sisi tebing juga semakin mempercantik pemandangan yang ada.

Janjang Saribu

Tempat-wisata-di-Bukittinggi
Tempat wisata di Bukittinggi : Janjang Seribu

Jika kamu ingin melihat wisata Bukittinggi yang mirip dengan The Great Wall China, datanglah ke Janjang Saribu. Wisata Bukittinggi ini merupakan deretan anak tangga yang berjumlah hingga ratusan. Tetapi, Janjang Saribu berbeda dengan Janjang Koto Gadang, meski lokasinya sama yaitu di Ngarai Sianok. Kedua objek wisata tersebut terpisah sekitar beberapa kilometer satu sama lain. Puncak dari deretan Janjang Seribu tersebut merupakan sebuah kampung bernama Bukuk Apik. Dulu Janjang Seribu digunakan sebagai jalan untuk menuju ke sumber air di sungai yang terletak di dasar ngarai. Ratusan tangga tersebut pun dibangun di dinding ngarai yang cukup curam yaitu hingga kemiringan 90 derajat.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Bukittinggi yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Bukittinggi? Untuk kamu yang ingin berlibur di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s