Setelah lelah melalui perjalanan jauh, berjam-jam duduk di pesawat, satu-satunya hal yang diinginkan tentu hanyalah cepat sampai tujuan untuk beristirahat. Tapi bagaimana jika setelah lama menunggu bagasi keluar, ternyata kamu tidak bisa menemukan koper kamu dalam barisan? Tentu liburan akan terasa tidak menyenangkan dan meresahkan. Tapi sayangnya, hal ini bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Jangan khawatir karena RedDoorz punya beberapa tips yang bisa dilakukan saat koper hilang waktu liburan. Yuk simak selengkapnya!

Pilih Jenis Koper yang Simple

tips agar koper tidak hilang 10

Tampil trendy dengan koper bermotif yang unik, bermerek terkenal dan berkualitas bagus saat berlibur tentu membawa kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Namun perlu diingat bahwa koper yang terlihat mewah justru dapat menarik perhatian. Pemilihan koper yang tidak mencolok dapat mengurangi kemungkinan koper ‘sengaja’ terbawa oleh orang lain.

Beri Ciri Khas Pada Koper

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah mengurangi kemungkinan terbawa oleh orang lain secara sengaja, maka langkah berikutnya adalah memberikan ciri khas pada koper kamu untuk menghindari kemungkinan terbawa oleh orang lain secara tidak sengaja. Hiasi koper kamu dengan stiker maupun luggage tag bertuliskan nama kamu dengan spidol berwarna terang. Kamu juga bisa mengikatkan pita berwarna-warni pada pegangan koper. Buatlah sekreatif mungkin karena hal ini dapat membanti kamu mengenali koper sendiri dengan lebih cepat.

Hindari Gembok yang Mencolok

tips agar koper tidak hilang 3

Gembok dengan bentuk terlalu mencolok akan menarik perhatian orang sama seperti koper dengan bentuk atau motif yang berlebihan. Koper dengan tingkat keamanan yang lebih dari biasanya dapat membuat orang lain membayangkan keberadaan barang berharga di dalamnya dan terdorong untuk mencurinya.

Cek Label Bagasi

tips-agar-koper-tidak-hilang-5.jpg

Saat check in, minta petugas untuk kembali memastikan label bagasi kamu sesuai dengan nomor penerbangan dan tujuan kamu, karena kesalahan bisa saja terjadi. Pastikan pula kamu tidak menghilangkan tanda itu. Tempelkanlah pada paspor agar tidak mudah hilang ataupun terselip. Cek kembali saat kamu mengambil bagasi di conveyor belt untuk menghindari kesalahan pengambilan koper yang berbentuk serupa.

Memisahkan Isi Koper

tips agar koper tidak hilang 6

Jika kamu berlibur bersama teman maupun keluarga, salah satu cara untuk meminimalisir efek merepotkan dari koper yang hilang adalah dengan membagi isi koper.Dengan begitu, jika koper kamu hilang, kama kamu masih memiliki beberapa pakaian di koper teman atau saudar kamu. Hal ini akan sangat berguna jika penerbangan menuju destinasi tidak dilakukan secara berkala, karena artinya proses untuk mempertemukan koper kamu pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bersiap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Best Airline Customer Service

Simpan nomor kontak perusahaan penerbangan yang kamu gunakan sehingga apabila kehilangan koper terjadi, maka kamu tahu kemana harus melapor. Sebenarnya petugas bagasi di bandara akan membantu kamu menghubungi perusahaan penerbangan yang harus bertanggung jawab. Namun dengan memiliki nomot kontak mereka, kamu dapat menghemat waktu untuk mendapatkan kembali koper kamu. Ini sangat membantu jika perusahaan penerbangan kamu tidak memiliki counter di Bandar tujuan kamu.

Lapor ke Lost and Found

tips agar koper tidak hilang 8

Setelah semua bagasi dengan nomor penerbangan kamu keluar, ternyata koper kamu tidak juga muncul, jangan panik. Kunjungi counter kehilangan bagasi di bandara dan laporkan masalah kamu pada petugas dengan cara yang baik. Sebuah senyuman serta ucapan terima kasih akan membuat petugas lebih senang membantu kamu. Ikuti juga proses dari regulasi bandara tersebut dan tunggu dengan sabar koper kamu sampai ketemu ya!

Bawa Dokumen Penting Bersama Kamu

tips agar koper tidak hilang 9

Hal yang satu ini adalah sebuah keharusan. Jangan pernah meninggalkan dokumen penting maupun kartu kredit di dalam koper. Bawa selalu dokumen-dokumen penting dalam tas jinjing kamu. Jangan lupa untuk menyimpan salinan dokumen-dokumen penting kamu dalam email. Kamu mungkin masih bisa bertahan tanpa berganti pakaian, tapi jika tidak memiliki uang atau bahkan paspor kamu ikut menghilang, maka bisa dipastikan liburan tidak akan berjalan menyenangkan yang kamu harapkan.

Copot Label Penerbangan Lama

tips agar koper tidak hilang 4

Koper yang masuk bagasi pesawat pasti ditempelkan label kemana tujuan koper itu akan terbang. Sayangnya setelah mendara, masih banyak orang yang tidak melepaskan label tersebut dari koper mereka. Meski ada beberapa dari kita yang mengkoleksi label penerbangan, percayalah hal tersebut malah akan membuat pertugas bandara bingung dengan kemana koper kita akan terbang. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi dengan melakukan hal ini bisa menghindari koper kita hilang atau terbang ke tujuan yang salah.

Itulah tadi informasi tips agar koper tidak hilang. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s