Bulan Agustus depan, ada satu event lokal seru yang bisa kamu kunjungi yaitu Dieng Culture Fetival. Event tahunan ini memang rutin diselenggarakan setiap tahun pada bulan Agustus. Sesuai dengan namanya acara tersebut merupakan sebuah perhelatan budaya yang dikemas dengan gaya modern dan acara-acara menarik lainnya. Festival tersebut pun biasanya diselenggarakan selama tiga hari dengan deretan acara seru yang bisa kamu kunjungi. Nah, kalau kamu penasaran acaranya seperti apa dan bagaimana, berikut RedDoorz akan ulas lengkap mengenai Dieng Culture Festival, yuk simak!

Jazz di Atas Awan

jazz_gunung_bromo_2017 (1)

Untuk kamu yang suka musik Jazz, berkunjung ke Dieng Culture Festival adalah hal yang sangat tepat! Tidak seperti pertunjukan musik Jazz kebanyakan, Jazz di atas awan ini diselenggarakan di alam terbuka. Para penonton nantinya akan duduk di tangga-tangga lengkap dengan anglo penghangat yang juga bisa kamu gunakan untuk membakar jagung dan kentang. Untuk artisnya sendiri setiap tahunnya akan berbeda mulai dari artis dalam dan luar negeri. Karena diselenggarkan di malam hari, kamu harus menggunakan jaket selama menonton pertunjukan Jazz di Atas Awan karena cuacanya yang sangat dingin bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius.

Acara Ruwatan Potong Rambut Gimbal Dieng

Sesepuh adat memotong rambut Gimbal seorang anak Bajang pada ritual potong rambut Gimbal pada rangkaian Dieng Culture Festival (DCF) V di pelataran candi Arjuna kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (31/8

Pemotongan Rambut Gimbal Dieng mungkin bisa dibilang adalah puncak dari Dieng Culture Festival. Tradisi tersebut merupakan ritual rutin yang dilakukan oleh warga setempat sejak ratusan tahun lalu. Sebelum prosesi acara pemotongan rambut gimbal, orang tua harus mewujudkan keinginan dari sang anak. Nantinya, anak-anak tersebut akan diarak keliling kampung yang letaknya diatas ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Lalu setelahnya, mereka pun akan dibawa ke Kompleks Candi untuk dipotong rambutnya. Prosesi pemotongan rambut tersebut tidak main-main dan termasuk acara sakral bagi warga di sana. Hanya para tetualah yang boleh memotong rambut anak-anak tersebut. Fenomena rambut gimbal ini entah mengapa selalu terjadi  di daerah tersebut dan tradisi pemotongannya sendiri sudah dilakukan secara turun temurun.

Melihat Sunrise di Bukit Sikunir

Sunrise_di_Bukit_Sikunir

Paket Festival Dieng Culture Festival biasanya juga disertakan dengan acara melihat matahari terbit di dataran tinggi sekitar Dieng. Salah satu tempat yang menjadi favorit untuk melihat matahari terbit di Dieng adalah Bukit Sikunir. Nantinya para pengunjung akan dibawa ke puncak bukit pada dini hari untuk melihat indahnya matahari yang muncul dari balik pegunungan dan awan yang ada disekitarnya. Tetapi perlu diingat, akan ada banyak orang yang ingin menyaksikan momen tersebut juga. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam menjaga barang-barang yang kamu bawa.

Pesta Kembang Api dan Lampion

lampion

 

Salah satu acara menarik di Dieng Culture Festival adalah pelepasan ribuan lampion. Lampion-lampion tersebut akan diterbangkan hingga ketinggian 100 – 200 meter. Meski diterbangkan dalam jumlah sangat banyak, lampion-lampion tersebut tidak akan membahayakan. Biasanya acara pelepasan lampion ini akan di mulai dari pukul 20.30 hingga 21.30 malam, dilengkapi dengan indahnya acara pesta kembang api.

Pertunjukan Seni

IMG-20180609-WA0021

Selain itu, selama tiga hari acara Dieng Culture Festival tersebut kamu bisa melihat berbagai pertunjukan seni yang diselenggarakan di berbagai lokasi. Beberapa acara seni yang bisa kamu saksikan diantaranya seperti pertunjukan sendratari, pemutaran film, pagelaran wayang kulit dan masih banyak lagi. Pertunjukan-pertunjukan tersebut akan dihelat di beberapa tempat sekitar Dieng, seperti Kawah Singkadang, Telaga Warna dan wisata alam lainnya.

Tips Ikut Dieng Culture Festival

P1130927

Sebelum berkunjung ke Dieng Culture Festival ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  • Belilah tiket masuk jauh-jauh hari untuk menyaksikan setiap acaranya. Akan kecil kemungkinann untuk kamu bisa mendapatkan tiket on the spot pada acara Dieng Culture Festival. Jadi, jangan sampai kamu sudah sampai di sana tetapi malah kehabisan tiket ya.
  • Pertama, karena cuaca di sini sangat dingin, jangan lupa untuk membawa jaket tebal atau sweater. Perlengkapan lain seperti sarung tangan, kaos kaki, hingga kupluk juga penting untuk kamu bawa dan gunakan selama di sini. Jaga tubuh kamu untuk tetap hangat dan tidak kedinginan.
  • Akan ada ribuan orang yang akan datang ke acara Dieng Culture Festival. Ini juga akan berakibat pada padatnya lalu lintas di sekitar Dieng. Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, persiapkanlah dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Selain itu, tetap patuhi peraturan lalu lintas yang ada selama menuju ke spot-spot di event ini agar perjalanan kamu tetap lancar.
  • Gate Jazz di Atas Awan biasanya akan dibuka pada pukul 18.45. Sebaiknya, kamu telah sampai di gate sebelum jam terebut agar nantinya kamu bisa masuk ke venue dengan nyaman dan tidak terlalu berdesak-desakan.

Itulah beberapa informasi mengenai Dieng Culture Festival. Kalau kamu apa pernah ke event ini? Untuk kamu yang ingin berlibur Sulawesi? di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s