Mungkin belum banyak orang yang suka pergi traveling sendirian atau menjadi solo traveler. Beberapa alasan diantaranya adalah takut tersasar, takut kesepian dan tidak merasa aman. Tapi sebagian orang berpendapat menjadi solo traveler itu sangat menyenangkan. Selain bebas menentukan tempat tujuan, kamu juga bisa belajar lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi dan tentunya besar kemungkinan kamu akan mendapat kenalan baru, karena menjadi solo traveler akan membuat kamu lebih banyak berinteraksi dengan orang asing. Tidak ada salahnya untuk ksmu mencoba sesuatu yang baru seperti solo traveling.  Apa saja? Yuk simak!

Melakukan Riset

tips solo traveling 1

Sebelum melakukan solo traveling, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang Negara atau daerah yang akan dikunjungi. Setelah memutuskan mau pergi kemana, cari tau harga tiket menuju ke tempat tersebut, akomodasi, tiket tempat wisata, budaya sampai jam operasional transportasi umum di sana. Saran kami, ada baiknya menelusuri blog-blog traveler untuk menemukan acuan yang lebih muda. Kamu juga bisa mengikuti forum yang relevan, misalnya forum backpacker dan jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman.

Budgeting dan Itinerary

Processed with VSCO with hb1 preset

Karena kamu akan berpergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan. Buat juga rincian mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke lainnya atau berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. Namun, namanya panduan, tentu tidak wajib kamu jalani seratus persen. Seru juga kan kalau kamu menemukan hal baru yang tidak terduga selama di jalan, atau diajak masyarakat lokal berkunjung ke rumahnya? Tapi setidaknya, jika sudah punya panduan mau ke mana hari ini, kamu akan selalu memiliki pilihan mau melangkahkan kaki ke mana seltelah destinasi wisata habis kamu jelajahi.

Simpan Uang dan Dokumen Secara Terpisah

tips solo traveling 3

Kejahatan memang bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, maka dari itu kita harus waspada dengan segala kemungkinan yang ada. Jangan simpan seluruh uang dan kartu ATM kamu di dalam dompet. Pisahkan uang dan kartu ATM kamu menjadi beberapa bagian kemudian simpan di beberapa tempat yang berbeda. Selain itu, jangan lupa scan atau potret dokumen-dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami keadaan tak terduga seperti kehilangan tas.

Catat Nomor Penting

tips solo traveling 4

Sebelum berangkat solo traveling, pastikan kamu sudah menyimpan kontak-kontak penting dari kota yang akan kamu kunjungi seperti nomor telfon penginapan, polisi dan rumah sakit. Jangan lupa simpan juga nomor telfon orang-orang terdekat agar kamu bisa memberi kabar pada mereka sewaktu-waktu. Agar lebih aman lagi, catat juga nomor telfon tersebut di kertas atau buku nota yang akan kamu bawa agar jika kamu kesulitan menemukan handphone, kamu tetap memiliki nomor penting tersebut.

Light Packing

tips solo traveling 5

Sebagai solo traveler, mau tidak mau kamu mesti menenteng semua barang bawaan sendirian, terutama saat ingin menuju ke tempat penginapan, maupun berpindah kota. Nah, bawalah beban seringan mungkin agar tidak menyusahkan kamu nantinya. Mempraktekan untuk membawa koper yang ringan memang gampang-gampang susah. Seringkali kamu tergoda untuk membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, sehingga berakhir dengan koper yang berat. Cara yang paling mudah adalah jangan membawa baju berlebihan, karena hampir ditiap penginapan menyediakan mesin cuci sehingga kamu bisa mencuci dan memakai ulang baju yang sebelumnya telah dipakai.

Menginap di Hostel

tips solo traveling 6

Jika berencana untuk solo traveling, pilihlah penginapan yang berbentuk hostel. Hal ini karena kamu akan kesulitan menemukan sesama solo traveler jika menginap di hotel yang private. Biasanya hostel akan menyediakan dorm berdasarkan jenis kelamin ataupun campur, yang lengkap dengan ruang komunal seperti dapur maupun ruang rekreasi. Nah disanalah biasanya Anda akan bertemu dengan solo traveler lain dari berbagai Negara, yang mungkin bisa menjadi teman baru selama perjalanan Anda.

Pilih Kedatangan Pagi Hari

tips solo traveling 7

Keamanan tentu harus diutamakan, terlebih jika kamu solo traveler perempuan. Pilihlah penerbangan dengan kedatangan pagi atau siang hari di kota atau Negara tujuan. Hal ini karena jika sampai ketika hari masih terang, kamu akan lebih aman dalam menuju ke penginapan. Resepsionis penginapan juga pasti buka, jadi kamu tidak perlu terpaksa tidur di bandara atau stasiun. Atau, jika menginap di tempat orang lain, setidaknya kamu bisa menghindari rasa tidak enak seperti bila sampai ketika laryt malau atau dini hari.

Update Status Media Sosial

Peru, woman taking pictures of Machu Picchu citadel and Huayna Picchu mountain with a tablet

Lakukan update status di jearing media sosial tentang semua kegiatan kamu selama melakukan solo traveling, jika perlu sertakan lokasinya. Hal ini  bukan untuk pamer, tapi jika sesuatu  terjadi atau tiba-tiba kamu tidak bisa dihubungi, orang-orang terdekat akan tahu ke mana mereka harus mulai mencari. Bukan berarti traveling sendirian itu berbahaya, ini adalah antisipasi kenyamanan kamu dalam bepergian sendiri. Kalau menurutmu cara tersebut terlalu mencolok, setidaknya kabari orang terdekat kamu melalui pesan singkat. Atau bisa juga kamu mengirimkan detil perjalananmu pada mereka.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tips solo traveling . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s