Indonesia sebagai negeri bahari memang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Salah satu tempat yang menjadi surga bawah laut Indonesia adalah Taman Nasional Bunaken. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri datang karena ingin menengok sendiri keindahannya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Bunaken Manado yang bisa kamu kunjungi.

Sejarah Bunaken 

Bunaken
Bunaken : Karang dan Biota Laut

Bunaken pertama kali ditemukan pada tahun 1975 hingga sekarang dijadikan tempat wisata andalan di Manado. Awalnya sekelompok penyelam melakukan sebuah rencana ekspedisi. Meski sebelumnya ada mitos tentang roh jahat yang menghuni tempat tersebut, para penyelam tidak gentar. Setelah melakukan penyusuran para penyelam menemukan keindahan alami di bawah laut berupa karang dan ikan-ikan langka. Sejak saat itu tempat tersebut dikenal sebagai salah satu tempat wisata dan tempat menyelam favorit. Untuk menjaga keasriannya, lokasi ini pun resmi dijadikan Taman Nasional pada tahun 1991 dan pada tahun 2005 Taman Nasional Bunaken masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Kawasan Manado Tua sebenarnya telah dihuni oleh penduduk pertama kali pada tahun 1400. Kemudian di tahun 1850-an, para penduduk tersebut pindah ke Tanjung Parigi tepatnya ke arah tenggara di tepi pantai. Para penduduk memberi nama daerah yang mereka tinggali sebagai “Wunakeng” karena merupakan dari singkatan “Kinawungakeng”. Setelahnya, nama tersebut berubah menjadi Bunaken yang memiliki arti tempat mendarat dari perahu.

Tentang Bunaken 

Bunaken
Bunaken : Dasar laut Bunaken

Ada lima pulau utama yang masuk ke dalam Taman Nasional yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Naeh, dan Pulau Bunaken. Para wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati keindahan bawah laut  yang terdiri dari 13 jenis terumbu karang dengan kedalaman sekitar 25 -50 meter. Tidak hanya terumbu karang saja, kamu juga bisa melihat berbagai jenis ikan yang jumlahnya hingga 91 spesies, seperti lolosi ekor kuning, kima raksasa, nautilus hingga gusimi lokal. Ada 20 titik penyelaman yang bisa kamu kunjungi di Bunaken Manado yang 12 diantaranya menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Spot Menarik 

Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken kamu harus menyambangi beberapa spot menariknya diantaranya, seperti:

Reruntuhan Kapal di Manado

Bunaken
Bunaken : reruntuhan kapal

Di daerah Bunaken Manado terdapat sebuah spot menarik berupa reruntuhan kapal. Lokasi dari tempat tersebut berada di kedalaman 23m di bawah permukaan laut dengan ukuran luas sekitar 60m. Dulunya, reruntuhan kapal terebut merupakan kapal Jerman yang tenggelam sekitar tahun 40an di Pantai Molas. Para penyelam nantinya bisa menyusuri reruntuhan kapal mulai dari ruang kemudi hingga pegangan kargonya yang sudah ditumbuhi oleh karang.

Mandolin

Bunaken
Bunaken : Mandolin

Keistimewaan tempat menyelam ini adalah dinding karangnya yang tinggi dan puncaknya yang terbentuk secara alami. Karang raksasa tersebut juga menjadi habitat bagi berbagai macam ikan dan biota laut mulai dari bannerfish, unicornfish hingga surgeonfish. Selain itu, kamu bisa menemukan gua-gua dasar laut yang cukup aman dikunjungi selama menyelam.

Puncak Barakuda

Bunaken
Bunaken : Barakuda

Puncak Barakuda merupakan spot menarik lainnya yang berlokasi paling jauh. Posisi dari tempat teresebut berada di bagian barat laut Taman Nasional ini. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menemukan gerombolan ikan barakuda berukuran besar di area tersebut. Tidak hanya itu saja, di sana kamu juga bisa menemukan ikan tuna, jack hingga karang lunak dan spons. Puncak Barakuda juga agak berbeda dengan tempat lainnya karena arus di sini terbentuk dari pergantian antara daerah terumbu karang dan daerah berpasir.

Bunaken Timor

Bunaken
Bunaken : Bunaken Timur

Bunaken Timor memang cukup dikenal di kalangan para penyelam karena keindahannya. Tetapi, perlu diingat, bagi kamu penyelam pemula harus berhati-hati karena arusnya yang cukup kuat. Berbagai jenis ikan dari yang kecil hingga besar hingga terumbu karang bisa kamu temukan di sana. Tidak hanya itu, Bunaken Timor juga memiliki gua-gua bawah laut yang sangat menarik untuk dieksplore isinya.

Muka Gereja

Bunaken
Bunaken : Muka Gereja

Selain kegiatan menyelam saja yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke sana. Di sana kamu juga bisa snorkeling tanpa harus menyelam lebih dalam. Meski hanya berupa perairan dangkal, di tempat ini kamu juga bisa melihat keindahan karang yang memiliki retakan dan gua-gua kecil. Di area tersebut, wisatawan bisa menemukan berbagai jenis anemon dan jika beruntung kamu bisa melihat white tip reef shark di bagian gua bawah laut.

Waktu Berkunjung Terbaik 

Bunaken
Bunaken : Bintang Laut Bunaken

Sebenarnya, para wisatawan bisa sepanjang tahun berkunjung dan menyelam di Taman Nasional Bunaken. Tetapi, disarankan akan lebih baik berkunjung ke sana pada bulan Mei – Agustus. Hal ini karena pada bulan-bulan tersebut kondisi perairan sedang jernih-jernihnya sehingga jarak pandang akan bagus. Selain itu, suhunya pun hangat sehingga akan sangat baik untuk kamu yang ingin menyelam.

Bulan Oktober juga menjadi momen yang baik untuk berkunjung ke Bunaken Manado karena pada bulan tersebut terdapat Festival Bunaken yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Namun, jika kamu memang ingin menyelam, jangan datang pada bulan Desember hingga Januari. Karena pada waktu tersebut akan ada banyak sampah yang terbawa arus.

Cara ke Bunaken Manado

Bunaken
Bunaken : naik perahu ke Bunaken

Ada berbagai rute yang bisa kamu tempuh untuk mencapai Bunaken Manado. Pertama, kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Sam Ratulangi. Biasanya untuk penerbangan tersebut biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp 2.900.000 hingga Rp 4.000.000 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Sedangkan, untuk jarak tempuhnya sendiri hanya sekitar 45 menit saja. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke dermaga Manado dan naik kapal ke Pulau Bunaken.

Untuk kamu yang ke lokasi ini dengan gaya backpacker bisa menempuh perjalanan dengan melalui dermaga Kuala Jengki. Rute tersebut bisa kamu jangkau dengan naik angkutan umum tujuan Terminal Pal 2. Kemudian, kamu bisa melanjutkan dengan naik angkutan umum lagi ke pasar 45. Tidak jauh dari situ, kamu hanya perlu berjalan sekitar 15 menit untuk sampai ke Kuala Jengki. Terakhir, kamu hanya perlu naik kapal dengan tarif Rp 30.000 saja satu kali perjalanan ke Pulau Bunaken.

Tips ke Bunaken

Bunaken
Bunaken : Kapal ke Manado

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat saat berkunjung ke Bunaken Manado:

  • Jika kamu memang ingin ke sini, rencanakanlah perjalanan kamu jauh-jauh hari. Karena perlu diketahui ada banyak wisatawan yang ingin datang ke sana sehingga jika sudah penuh jumlah pengunjung akan dibatasi. Perencanaan jauh hari kamu juga akan berdampak pada akomodasi dan perlengkapan yang kamu perlukan saat di sana nantinya.
  • Bawalah uang tunai saat liburan ke Taman Nasional Bunaken. Hal tersebut sangat penting, karena di sana jarang ada ATM dan agak sulit juga untuk melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dan debit.

Itulah beberapa informasi mengenai Bunaken Manado yang bisa kamu kunjungi. Kalau pengalaman kamu bagaimana saat berkunjung ke sana? Untuk kamu yang ingin berlibur Sulawesi di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s