Ritme kehidupan Jakarta yang tergolong cepat dan sibuk membuat banyak warganya memilih mall sebagai tempat refreshing. Sampai saat ini jumlah pusat perbelanjaan di Jakarta sudah lebih dari 160 dan pasti akan bertambah setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat Jakarta menjadi kota dengan mall terbanyak di dunia. Tidak heran jika banyak orang beranggapan ketika datang ke Jakarta, tidak ada tempat hiburan lain yang dapat dikunjungi selain mall. Padahal, Jakarta memiliki banyak sekali tempat menarik sebagai tujuan turis lokal maupun internasional. Nah, kira-kira apa saja sih? Yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Alat Transportasi

Sebelum menjelajah tempat-tempat hiburan yang ada di Jakarta, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui alternatif transportasi yang bisa dipilih. Terdapat 3 transportasi umum yang paling nyaman dan direkomendasikan, yakni bus Transjakarta, taksi dan ojek.

  • TransJakarta

wisata jakarta 1

Selain melayani perjalanan di Jakarta dengan tarif yang relatif murah, TransJakarta juga memiliki jalur sendiri yang dapat membuat kamu terbebas dari kemacetan. Terdapat lebih dari 10 kotider TransJakarta dengan rute Blok M-Kota, Kota Harapan Indah-Kwitang, Kalideres-Pasar Baru, Pulo Gadung-Dukuh Atas, Ancol-Kampung Melayu, Latuharhari-Ragunan, Kampung Melayu-Kampung Rambutan, Lebak Bulus-Harmoni, Pluit-Pinang Ranti, Tanjung Priok-PGC dan Pluit-Tanjung Priok. Beberapa tempat wisata, seperti Ancol, Ragunan dan Monas dapat kamu tempuh menggunakan TransJakarta.

  • Taksi

wisata jakarta 2

Taksi merupakan alternatif transportasi yang paling mudah dan cepat di Jakarta. Selain itu, bepergian dengan taksi tergolong nyaman karena dilengkapi dengan AC dan kamu tidak perlu berdesakkan, tapi tentu saja biaya yang perlu dikeluarkan pun lebih mahal bila dibandingkan dengan TransJakarta. Tiga jenis taksi yang paling digunakan di Jakarta adalah Bluebird, Express dan Gamya.

Belakangan ini muncul satu lagi jenis transportasi baru sejenis taksi yang berbasis digital, yakni aplikasi GoCar dan Grab Car yang banyak digunakan oleh warga Jakarta. Tidak seperti taksi pada umumnya, kamu akan diantar-jemput dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone dengan akses internet, kamu bisa memsan “mobil pribadi” dengan aplikasi tersebut.

  • Ojek

wisata jakarta 3

Karena bentuknya sepeda motor, ojek adalah pilihan yang paling tepat jika kamu harus menempuh perjalanan yang dekat dalam waktu cepat. Ojek dapat langsung kamu temui di pinggir jalan. Namun jika kamu malas melakukan tawar menawar dengan ojek pinggir jalan, kamu bisa menggunakan Gojek atau Grab Bike yang juga sama seperti sebelumnya, adalah aplikasi berbasi digital yang bisa kamu unduh di smartphone. Untuk ojek online harganya tentu akan jauh lebih murah dibanding taksi.

Rekomendasi Tempat Wisata

  • Jakarta Utara

wisata jakarta 4

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata paling favorit di Jakarta Utara. Berbagai macam tempat bermain tersedia di sini, seperti Atlantis Water Adventure, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudera, Pantai Carnaval, dan juga Seaworld.

Selain wisata hiburan, Jakarta Utara merupakan surganya kuliner. Kelapa Gading, Pluit, dan Pantai Indah Kapuk merupakan tempat yang bisa kamu datangi untuk memanjakan lidah. Di Kelapa Gading, terdapat berbagai makanan dari seluruh penjuru Indonesia, mulai dari makanan Aceh hingga Makassar, makanan barat hingga timur.

Sementara bagi kamu penggila seafood, wajib untuk mencicipi hidangan laut di Muara Angke. Letaknya yang berbatasan dengan laut membuat area ini terkenal dengan kuliner seafood segar. Bahkan jika kamu ingin membeli hasil tangkapan laut yang masih fresh, langsung saja datang ke Sentra Perikanan Muara Angke.

Selain Muara Angke, kamu bisa wisata kuliner di daerah Pluit untuk mencari berbagai makanan favorit warga Tionghoa Medan yang ada di Jakarta. Kamu pun bisa café hopping di Pantai Indah Kapuk (PIK). PIK menjadi daerah wisata kuliner yang sedang populer karena berbagai café cantik yang berada di sana.

  • Jakarta Timur

wisata jakarta 5

Bergeser sedikit ke bagian timur, tempat-tempat wisata di area Jakarta Timur cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kamu bisa berlibur sambil mengedukasi anak-anak untuk mengetahui Indonesia lebih jauh di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dalam waktu satu hari saja, kamu sudah dapat memperkenalkan budaya, bentuk rumah adat, pakaian, serta tarian dari seluruh daerah di Indonesia.

Jangan lewatkan untuk menikmati suasana China Town versi Indonesia di Kampung China, Kota Wisata Cibubur, khususnya menjelang Hari Raya Imlek. Aneka jenis pernak-pernik serta pergelaran khas China seperti barongsai dapat kamu saksikan di sini.

Merasakan berkemah dan berkegiatan di alam juga dapat Kamu rasakan di Bumi Perkemahan Cibubur. Alam yang masih hijau, cuaca yang cenderung lebih sejuk dan alami, serta area yang aman dari binatang buas sangat cocok untuk kegiatan perkemahan serta kegiatan outdoor lainnya. Kamu akan menjumpai fasilitas antara lain paintball, lapangan sepak bola, kolam renang, pemancingan, dan permainan air di danau.

  • Jakarta Selatan

wisata jakarta 6

Tempat wisata yang unik dari Jakarta Selatan adalah Kebun Binatang Ragunan. Menjadi kebun binatang pertama di Indonesia, Kamu dapat melihat berbagai jenis hewan mulai dari reptil, mamalia, burung, dan hewan lainnya hanya dengan membayar tiket Rp 4.000 untuk orang dewasa.

Selain itu, terdapat Setu Babakan yang merupakan sebuah danau buatan seluas sekitar 30 hektar yang berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya Betawi. Di dalamnya terdapat galeri batik Betawi, kesenian khas Betawi, hingga wisata kuliner Betawi. Kamu pun dapat menikmati wisata air dengan bermain perahu atau memancing.

Tak cukup hanya dengan mengunjungi tempat wisatanya, Kamu juga harus berwisata kuliner di Jakarta Selatan. Kawasan Kemang dan Jalan Bangka bisa menjadi piihan utama. Kamu dapat menikmati aneka pilihan mulai dari camilan sampai makanan berat, kawasan ini juga selalu ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan. Biasanya pada akhir pekan kebanyakan café dan restoran buka sampai jam 2 dini hari.

  • Jakarta Barat

wisata jakarta 7

Penyuka seni, budaya, dan sejarah pasti suka berkunjung ke wilayah Jakarta Barat karena di area ini kamu masih bisa menemukan Kota Tua Jakarta yang menjadi kawasan peninggalan Belanda yang masih asli. Selain dapat berfoto dengan latar bangunan tua, kamu juga bisa menyewa sepeda onthel untuk berkeliling area.

Deretan museum pun menyambut di kawasan ini, mulai dari Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta), yang berisi barang arkeologi, mebel antik, keramik, prasasti, benda kebudayaan betawi, meriam, dan patung, Museum Bank Indonesia, yang mengoleksi uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, dan benda lainnya, sampai Museum Tekstil yang berisi ribuan kain yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Tidak jauh dari Kota Tua, terdapat pusat perbelanjaan elektronik, yakni Glodok yang merupakan daerah China Town-nya Jakarta. Kamu bisa menemukan segala macam hal yang bernuansa oriental di sini, mulai dari arsitektur bangunannya, wisata kuliner, hingga barang-barang yang dijual, seperti obat-obatan Cina maupun pernak-pernik yang bernuansa Cina.

  • Jakarta Pusat

wisata jakarta 8

Sebagai pusatnya kota Jakarta, di kawasan inilah Jakarta disebut sebagai kota yang tak pernah tidur. Di Jakarta Pusat semuanya tersedia, mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner.

Untuk yang lebih suka berwisata sejarah, Kamu dapat mengunjungi Monumen Nasional (Monas) yang menjadi ikon ibukota Jakarta dan melihat panorama Jakarta dari atas. Selain itu terdapat Gereja Katedral yang memiliki desain arsitektur bergaya Eropa klasik. Masjid Istiqlal berdiri tepat berseberangan dengan Gereja Katedral. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, Jakarta Pusat adalah pilihan tepat untuk yang ingin berbelanja barang dengan harga cukup terjangkau. Di Pasar Baru, Tanah Abang, ITC Cempaka Mas, maupun Pasar Senen kamu bisa puas berbelanja pakaian maupun kain dengan pilihan yang beraneka ragam dan harga yang murah. Jika kamu penggemar barang-barang vintage, penyuka musik klasik, ataupun kolektor CD dan piringan hitam, Jalan Surabaya akan menjadi surga dunia untuk Kamu.

Hal yang paling menarik dari berbelanja di tempat-tempat seperti ini ketimbang di mall adalah kamu bisa menawar! Jakarta Pusat juga merupakan tempat wisata kuliner yang seru. Kebanyakan makanan yang terkenal di Jakarta Pusat berada di daerah Cikini, seperti Gado-gado Bonbin, Soto Betawi Hj. Syarif, Bubur Ayam Cikini, Restoran Trip, Nasi Goreng Kambing Kebon Siri, dan juga Nasi Uduk Kebon Kacang. Selain itu, ada pula daerah Pecenongan yang bisa Kamu datangi untuk wisata kuliner malam hari.

Jika berkunjung ke Jakarta pada bulan Maret, maka Kamu bisa menyaksikan salah satu acara tahunan terbesar di Jakarta, yaitu Jakarta International Java Jazz Festival (JJF). Atau jika Kamu berlibur ke Jakarta pada pertengahan Juni-Juli, Kamu bisa menghadiri pesta perayaan ulang tahun kota Jakarta di Pekan Raya Jakarta. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Betawi yang tidak pernah absen di PRJ, yakni kerak telor.

Itulah tadi informasi singkat mengenai panduan wisata Jakarta . Untuk yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s