Selain terkenal dengan perkebunan sawitnya, Pekanbaru juga memiliki beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga tempat rekreasi. Tempat wisata tersebut juga sangat cocok untuk dikunjungi tidak hanya untuk anak muda tetapi juga keluarga. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Pekanbaru yang menarik untuk kamu kunjungi.

Istana Siak Sri Indrapura

Tempat-wisata-di-Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Istana Siak

Tempat wisata yang cukup ikonik di Pekanbaru yang harus kamu kunjungi adalah Istana Siak Sri Indrapura.  Tempat wisata tersebut merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Siak pada zaman dahulu kala. Kesultanan Siak sendiri merupakan Kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 hingga 20. Awalnya, tempat ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Hasyim Abdul Jalil Syarifuddin. Uniknya lagi, arsitektur bangunan tersebut juga mengandung beberapa unsur mulai dari Melayu, Arab dan Eropa.

Meski sudah sekitar 100 tahun yang lalu berdiri, Istana Siak masih tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Ada dua lantai utama yang bisa wisatawan kunjungi saat ke sana. Lantai pertama, berisikan koleksi kerajaan seperti patung Sultan Syarif Hasyim I dan Patung Perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda. Koleksi lainnya berupa gendang klasik yang sudah berusia sekitar 200 tahun. Sedangkan, pada lantai dua berisikan koleksi senjata pusaka milik sultan. Untuk masuk ke tempat wisata di Pekanbaru tersebut wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Danau Buatan Lembah Sari

Tempat-wisata-di-Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Danau Buatan Lembah Sari

Danau yang satu ini berjarak kurang lebih sekitar 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Dulunya, Danau Buatan Lembah Sri hanya sebuah bendungan irigasi untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga di sekitar Desa Limbungan. Kemudian, pemerintah setempat memugar bendungan tersebut dan menjadikannya sebuah objek wisata. Keindahan Danau Buatan Lembah Sari bisa kamu lihat dari adanya deretan perbukitan di sekitarnya. Selain itu, rindangnya pepohonan di sekitar juga membuat udara di sini terasa lebih sejuk. Para wisatawan yang datang juga diperbolehkan untuk piknik dengan menggelar tikar di tepi danau. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sepeda air dan perahu dayung untuk menikmati keindahan tempat ini.

Mesjid Agung An Nur   

Tempat wisata di Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Mesjid Agung An Nur

Mesjid Agung An Nur masuk ke dalam bangunan termegah yang ada di Pekanbaru. Dengan ukuran 50 x 50 meter bangunan tersebut sekilas memang mirip dengan Taj Mahal. Di depan Masjid kamu bisa melihat kolam yang menambah keindahan arsitektur. Sedangkan di bagian dalam mengandung unsur Arab, Melayu, hingga Turki. Masjid Agung An Nur terbagi menjadi tiga lantai dengan kapasitas hingga 4.500 jemaah. Pemandangan Masjid Agung An Nur semakin cantik dengan adanya empat menara dan lima kubah yang mengiasi masjid. Datanglah ke Masjid Agung pada malam hari, maka kamu akan melihat tempat wisata di Pekanbaru ini diterangi oleh lampu berwarna-warni. Serunya lagi,  ada fasilitas berupa free Wifi yang bisa para pengunjung coba saat berkunjung ke sini.

Desa Wisata Okura

Tempat-wisata-di-Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Desa Wisata Okura

.ila kamu mendengar nama desa wisata ini mungkin terkesan seperti nama Jepang. Tetapi, sebenarnya desa wisata tersebut berlokasi di Kecamatan Rumbai, Riau. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja untuk sampai ke sini dari pusat kota Pekanbaru. Selain jalur darat, wisatawan juga bisa menjangkau Desa Wisata Okura melalui jalur sungai yaitu Pelabuhan Sungai Duku dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Lokasinya sendiri dikelilingi oleh taman hijau perkebunan sawit. Hal tersebutlah yang menjadikan suasana di Desa tersebut terasa tenang karena jauh dari kebisingan. Menariknya lagi desa wisata tersebut juga memiliki area argowisata, yang juga dihiasi dengan aliran Sungai Siak. Wisatawan yang datang banyak menjadikannya sebagai tempat memancing saat akhir pekan. Dibuka pada tahun 2014 lalu, para pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan desa dengan naik sampan untuk menyusuri setiap seluk desa. Untuk sementara, para pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya apa pun saat masuk ke sini.

Riau Fantasi

Tempat-wisata-di-Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Riau Fantasi

Untuk kamu yang ingin bermain air bisa datang ke Riau Fantasi. Di bangun di atas lahan seluas 6,5 hektar, para pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai macam permainan mulai dari papan seluncur, kolam berbagai bentuk hingga berbagai fasilitas lainnya seperti ember raksasa hingga jembatan goyang. Kamu yang ingin berkunjung ke Riau Fantasi bisa menempuhya dengan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota. Sedangkan, untuk tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp 60.000 untuk weekdays dan Rp  70.000 untuk weekend. Saat berkunjung pada hari libur kondisi di Riau Fantasi akan sangat ramai, maka jika kamu membawa anak-anak jangan sampai lepas dari pengawasan.

Rekreasi Alam Mayang

Tempat-wisata-di-Pekanbaru
Tempat wisata di Pekanbaru : Rekreasi Alam Mayang

Pekanbaru juga memiliki tempat wisata alam menarik lainnya, seperti Rekreasi Alam Mayang. Hawa yang sejuk dan pemandangan hijau adalah keindahan alam yang ditawarkan oleh kawasan rekreasi ini. Dibangun di atas lahan seluas 24 hektar, para pengunjung bisa memancing di kolam buatannya yang berisi ikan lemak, nila, gurami dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menjajal berbagai macam wahana permainan mulai dari banana boat, bebek asir, karpet ajaib, sepeda air, balon loncak, kereta naga dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga tiket masuk ke Rekreasi Alam Mayang juga sangat terjangkau yakni sebesar Rp 13.000 saja untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Sedangkan, untuk jam bukanya sendiri mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Pekanbaru yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Pekanbaru?  Untuk kamu yang ingin berlibur Sulawesi di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s