Jakarta sekarang tidak hanya menjadi pusat perekonomian saja, tetapi juga sebagai salah satu tempat wisata favorit. Banyaknya tempat wisata mulai dari yang tradisional hingga modern bisa kamu temukan di kota Megapolitan ini. Selain itu, fasilitas lengkap dan banyaknya pilihan akses transportasi menjadikan Jakarta tempat yang sangat potensial untuk dijadikan destinasi wisata. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Dodol Betawi

oleh-oleh-khas-Jakarta
Oleh-oleh khas Jakarta : Dodol Betawi

Oleh-oleh khas Jakarta yang cukup ikonik dan paling banyak dicari adalah dodol betawi. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan dengan warna kecokelatan. Testurnya sendiri sedikit lengket dan rasanya manis. Biasanya dodol betawi memilki beberapa variasi rasa diantarannya yang original dan durian. Untuk memasak Dodol Betawi dibutuhkan waktu sekitar 8 jam. Semua bahan-bahan, seperti ketan, gula merah, gula pasir, santan dimasukan jadi satu untuk kemudian diaduk terus-menerus hingga mengental. Biasanya, dodol betawi sering disajikan sajian pada saat Idul Fitri, Idul Adha dan Ramadhan. Kamu bisa menemukan dengan mudah dodol betawi di beberapa tempat di Jakarta, seperti Condet, BogorĀ  hingga Bekasi.

 

Bir Peletok

oleh-oleh-khas-Jakarta
Oleh-oleh khas Jakarta : Bir Peletok

Saat mendengar nama dari minuman yang satu ini mungkin yang ada di benak kamu adalah minuman keras. Tetapi, sebenarnya bir peletok tidak mengandung alkohol sama sekaliĀ  dan malah sangat menyehatkan. Bahan-bahan untuk membuat bir peletok juga termasuk alami, seperti jahe, daun pandan, serai dan kayu secang. Semua rempah-rempah tersebut kemudian di masak dalam air panas hingga matang. Minuman ini dipercaya memiliki memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan, mulai dari melancarkan peredaran darah hingga melancarkan sistem pencernaan. Biasanya, orang Betawi mengonsumsinya sebagai minuman penghangat di malam hari.

Kue Kembang Goyang

oleh-oleh-khas-Jakarta
oleh-oleh khas Jakarta : Kembang Goyang

Saat berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk membeli kembang goyang sebagai oleh-oleh. Dinamakan kembang goyang sendiri karena berbentuk seperti kelopak bunga atau kembang. Sedangkan, goyang sendiri karena proses penggorengannya dengan cara digoyangkan dari cetakan. Sekarang, kamu bisa dengan mudah menemukan kue kembang goyang di toko oleh-oleh. Tetapi, untuk kamu yang ingin membuatnya sendiri bisa meracik beberapa bahannya, seperti gula pasir, telur, tepung beras dan vanilla. Seiring berkembangnya zaman, kue kembang goyang memiliki beberapa variasi rasa, seperti original, pandan, hingga wijen.

Semprong

oleh-oleh-khas-Jakarta
oleh-oleh khas Jakarta : Semprong

Oleh-oleh khas Jakarta pertama kali dibawa ke Indonesia dari Portugis saat masa penjajahan dulu. Dinamakan Semprong karena kue yang satu ini berbentuk silinder panjang, seperti pipa. Tetapi, berkat inovasi, semprong akan kamu temukan dalam berbagai bentuk mulai dari persegi panjang hingga segitiga. Untuk rasanya sendiri kue semprong tidak terlalu dominan manis, tetapi renyah dan terasa gurih saat kamu coba.

Geplak

Oleh-oleh-khas-Jakarta
Oleh-oleh khas Jakarta : Geplak

Oleh-oleh khas Jakarta ini menjadi salah satu yang cukup langka dan sulit untuk ditemukan. Biasanya, kue ini sering dijadikan sebagai hantaran pengantin dalam pernikahan adat Betawi. Kue geplak sendiri berbahan dasar beras yang sedikit pera. Beras tersebut kemudian digiling menjadi tepung dan kemudian disangrai. Barulah setelahnya adonan tersebut dicampurkan dengan kelapa parut yang sudah disangrai juga. Kudapan ini bisa tahan hingga 3 sampai 7 hari setelah jadi. Kemudian, kamu bisa menaruh kue tersebut di dalam lemari es agar bisa lebih tahan lama lagi. Kamu bisa menemukan Kue Geplak di pusat jajanan kuliner kawasan Setu Babakan yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Telur Gabus Keju

oleh-oleh-khas-Jakarta
oleh-oleh khas Jakarta : Telur Gabus Keju

Kudapan favorit dan sering dijadikan oleh-oleh khas Jakarta berikutnya adalah Telur Gabus Keju. Rasa dari oleh-oleh khas Jakarta ini sendiri cenderung renyah dengan rasa yang gurih dan asin. Namun, sekarang setelah inovasi Telur Gabus Keju memiliki berbagai macam rasa, tidak hanya asin tetapi juga manis. Uniknya lagi, kue Telur Gabus Keju akan terasa lumer di dalam mulut setelah kamu kunyah.

Akar Kelapa

oleh-oleh-khas-Jakarta
oleh-oleh khas Jakarta : Akar Kelapa

Oleh-oleh khas Jakarta ini biasanya sering disajikan saat hajatan atau lebaran bersama dengan kacang goreng dan rengginang. Kamu bisa menemukan dengan mudah akar kelapa di kawasan Bekasi yang memang merupakan produsen terbesar dari kue akar kelapa. Rasa dari oleh-oleh khas Jakarta ini cenderung gurih dan manis. Karena termasuk kue kering, akar kelapa bisa bertahan hingga berbulan-bulan untuk kamu simpan dan kamu bawa saat bepergian. Kue tradisional tersebut diolah dari beberapa bahan-bahan, seperti tepung beras, tepung ketan, gula, mentega, telur dan gula.

Kebaya Betawi

oleh-oleh-khas-Jakarta
oleh-oleh khas Jakarta : Kebaya Betawi

Tidak hanya makanan saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Betawi, tetapi juga pakaian, seperti Kebaya. Pakaian tradisional tersebut sangat menarik untuk kamu jadikan oleh-oleh karena desainnya yang unik dan warnanya cukup kontras, seperti hijau, pink, kuning hingga ungu. Kebaya Betawi atau Kebaya Encim memiliki gaya yang dipengaruhi dari beberapa unsur, seperti Portugis, Tiongkok, Jawa dan Arab. Biasanya Kebaya Encim dikombinasikan dengan kutang karena wanita betawi zaman dahulu kala tidak menggunakan bra.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri lebih suka beli oleh-oleh apa nih? Untuk kamu yang ingin berlibur Sulawesi di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s