Banjarmasin bisa dibilang menjadi salah satu kota besar yang cukup berpengaruh di Kalimantan. Inilah mengapa kamu bisa menemukan banyak fasilitas hingga tempat wisata di sini. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah hinggga taman bisa kamu temukan di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini. Bagi kamu yang ingin liburan ke Banjarmasin, berikut RedDoorz akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin yang menarik untuk kamu kunjungi.

Pasar Terapung Muara Kuin

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Pasar Terapung

Pasar Terapung Muara Kuin menjadi tempat wisata paling ikonik yang ada di Banjarmasin. Sesuai dengan namanya, pasar tradisional ini berlokasi di atas Sungai Barito. Para penjual menjajakan dagangan mereka dari atas jukung atau perahu. Biasanya Pasar Terapung Muara Kuin akan buka mulai dari Salat Subuh hingga pukul tujuh pagi. Indahnya, saat ke sini kamu akan melihat pemandangan berupa sayuran dan buah-buahan segar disinari matahari hilir mudik di atas perahu. Selain menjual sayuran dan buah-buahan kamu juga bisa berwisata kuliner di Pasar Tersebut. Salah satu kuliner favorit yang bisa kamu temukan dengan mudah di sini adalah Soto Banjar yang ada di sepanjang sungai Barito.

Pulau Kembang

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Pulau Kembang

Selain pasar terapungnya yang cukup ikonik, di Banjarmasin kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Kembang. Tempat wisata di Banjarmasin ini memiliki keunikan berupa banyaknya kera yang berkeliaran di sekitar pulau. Masuk ke sini para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per-orang. Untuk sampai ke sana kamu bisa menjangkaunya melalui pusat kota Banjarmasin selama 15 menit dari dermaga. Terciptanya Pulau Kembang tersebut karena pada zaman dahulu kabarnya ada Kapal Inggris yang hancur pada tahun 1750an. Kemudian bangkai kapal tersebut akhirnya ditumbuhi pepohonan dan berkembang menjadi sebuah pulau.

Rafting Bambu Sungai Amandit

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Rafting Sungai Amandit

Untuk kamu yang suka dengan kegiatan menguji adrenalin bisa mencoba Rafting Bambu Sungai Amandit. Agak berbeda dengan rafting pada umumnya, di sini tidak menggunakan perahu karet, melainkan sampan bambu. Untuk sampai ke sana kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih selama 4 jam dari kota Banjarmasin. Setiap sampan bambu tersebut maksimal bisa diisi oleh 3 penumpang dengan satu orang pemandu. Kamu bisa menyusuri Sungai Amandit  selama kurang lebih 2 hingga 3 jam sambil melihat pemandangan di sekitarnya. Kamu bahkan bisa melihat Desa Tanuhi yang menjadi tempat tinggal dari Suku Dayak.

Jembatan Barito

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Jembatan Barito

Sungai Barito memang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Banjarmasin. Tidak hanya sebagai pusat perdagangan, di sini kamu juga bisa menemukan jembatan ikonik kebanggaan warga Banjarmasin yaitu Jembatan Barito. Dengan panjang 1.082 meter, Jembatan Barito menjadi akses dari kota Banjarmasin ke Palangkaraya. Ukuran dari objek wisata Banjarmasin tersebut juga sengaja dibuat tinggi agar bisa dilewati oleh Kapal Tongkang .  Sebelum ada Jembatan Barito, masyarakat Banjarmasin sangat bergantung jalur transportasi air dengan melalui sungai.

Air Terjun Bajuin

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Air Terjun Bajuin

Selain sungai, kamu juga bisa menemukan objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Air Terjun Bajuin. Untuk mencapai ke sini, kamu harus melewati lereng Pegunungan Meratus di Desa Sungai Baka.  Suasananya juga masih terasa sangat asri dengan udara yang sangat sejuk dan pepohonan yang masih sangat rindang. Di sekitar tempat wisata di Banjarmasin tersebut para pengunjung bisa menemukan banyak flora dan fauna, seperti berbagai jenis burung, anggrek hutan hingga bungai bangkai.

Masjid Sultan Suriansyah

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah merupakan satu dari tiga masjid tertua yang ada di kota Banjarmasin. Dibangun pada masa kepemerintahan Sultan Suriansyah, tempat wisata di Banjarmasin tersebut telah berumur sekitar 489 tahun. Lokasinya juga berdekatan dengan makam Sultan Suriansyah yang ada di kiri Sungai Kuin. Bagian dalamnya memiliki arsitektur tradisional Banjar dengan konsep berupa konstruksi rumah panggung yang memiliki atap tumpang. Mesjid ini juga bertingkat empat sehingga cukup untuk menampung jemaah dalam jumlah yang cukup banyak.

Museum Wasaka

tempat-wisata-di-Banjarmasin
tempat wisata di Banjarmasin : Museum Wasaka

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata berupa museum di Banjarmasin, datanglah ke Museum Wasaka. Di sana kamu bisa menyaksikan perjuangan rakyat Kalimantan selatan pada masa dahulu kala. Di dalam  nantinya kamu bisa melihat berbagai macam koleksi, berupa senjata dari yang modern dan tradisional hingga pakaian barajah khas Banjarmasin. Dulu pakaian barajah tersebut digunakan oleh para ahli dibidangnya, seperti ulama. Museum Wasaka pertama kali diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1991 oleh HM Said yang merupakan Gubernur Kalimantan Selatan saat itu.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sana? Bagaimana pengalaman kamu? Untuk kamu yang ingin berlibur Sulawesi di Singapura atau Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s