Indonesia tidak hanya memiliki pulau-pulau yang banyak dan suku yang beragam. Negeri kita ini memang kaya akan tempat wisata, mulai dari pantai-pantai yang indah menakjubkan sampai gunung-gunung tinggi menjulang yang seakan jadi latar belakang setiap pemandangan kemanapun kita berada. Gunung di Indonesia menjadi penanda bahwa kita dikaruniai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Dari situ saja kita sudah bisa membanggakan diri dengan puluhan gunung berpanorama unik yang patut diketahui wisatawan mancanegara sebagai aset alam. Untuk itu, di artikel ini RedDoorz akan merekomendasi gunung-gunung di Indonesia dengan pemandangan terindah. Apa saja sih kira-kira? Yuk simak selengkapnya!

Gunung Rinjani

gunung terindah di Indonesia 1

Gunung yang berada di Pulau ini disebut sebagai trekking terbaik di Asia Tenggara. Hal ini karena jalurnya yang terbilang sulit karena ada padang savanna yang ditumbuhi bunga Edelweiss. Kamu juga bisa mendapatkan suasana sunrise dari atas Gunung Rinjani. Selain itu, keunikan lain yang ada di sini adalah Danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.000 mdpl dan dapat terlihat jelas dari puncak. Ada juga Gunung Barujari yang berada di tengah Danau Segara Anak dan sering disebut sebagai anak Gunung Rinjani.

Gunung Semeru

gunung terindah di Indonesia 2

Gunung Semeru adalah yang paling tinggi di Pulau Jawa dan bisa dikatakain sebagai gunung paling ramai di daki sepanjang tahun. Tentu saja alasan yang cukup masuk akal karena keindahan alam di sini memang patut untuk dikunjungi. Selain itu, terdapat danau alami yang berada di ketinggian 2.400 mdpl dan dikenal dengan nama Ranu Kumbolo. Ada pula jalur Tanjakan Cinta dan Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender yang terkenal di kalangan para pendaki.

Gunung Prau

gunung terindah di Indonesia 3

Dataran tinggi Dieng memang memiliki alam pegunungan yang sangat indah. Salah satunya adalah Gunung Prau yang merupakan gunung tertinggi dalam barisan dataran tinggi Dieng. Kamu bisa melihat juga pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari puncak. Trek yang tidak terlalu berat membuat siapapun bisa mendaki gunung berketinggian 2.565 mdpl ini. Kamu dapat melihat pemandangan sunrise di atas puncak gunung ini sambil melihat barisan bukit-bukit di bawahnya.

Gunung Merbabu

gunung terindah di Indonesia 4

Gunung yang berada di perbatasan atara Kabupatan Magelang, Boyolali dan Semarang ini memiliki pemandangan indah yang luar biasa. Kamu bisa menikmati padang savanna yang berada dari lereng hingga puncaknya. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa digunakan untuk mengakses ke puncak Gunung Merbabu, tapi yang paling terkenal adalah jalur Selo di Kabupaten Boyolalu karena dianggap jalur yang memiliki pemandangan indah. Lewat jalur tersebut kamu akan disuguhi pemandangan yang memukau. Gunung ini memiliki tiga puncak tertinggi yaitu Kenteng Songo, Trianggulasi dan Syarif.

Gunung Gede

gunung terindah di Indonesia 5

Gunung paling ramai di Jawa Barat ini memang menyedot para pendaki untuk mendatanginya. Pemandangan yang terlihat merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat yang paling terkenal adalah Alun-alun Suryakencana yang berada di ketinggian 2.750 mdpl. Di alun-alun Suryakencana terdapat padang rumput yang dipenuhi dengan bunga edelweiss. Mitor yang berkembang di kawasan ini adalah seringnya terdengar suara kuda yang diduga adalah Pangeran Suryakencana, putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar yang dikenal sebagai pendiri kota Cianjur. Terlepas dari mitos yang ada, Gunung Gede mendapat tempat di hati wisatawan sebagai tempat melihat edelweiss paling indah.

Gunung Bromo

gunung terindah di Indonesia 6

Gunung Bromo dijadikan sebagai tempat wisata di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi. Tentu saja hal ini sangat beralasan mengingat Gunung Bromo memiliki pemandangan yang sangat memukau. Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini adalah tempat melihat sunrise cantik karena dihiasa dengan awan dan gunung-gunung di sekitarnya. Selain itu, kawasan di sekitarnya juga terkenal karena gumul yang pasirnya luas. Jangan lupa untuk mengunjungi kawah yang berada di puncak 2.329 mdpl ini.

Gunung Ijen

gunung terindah di Indonesia 7

Gunung Ijen berada di antara Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. Sebenarnya gunung ini bukanlah termasuk gunung yang tinggi karena hanya memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Tapi yang membuatnya menarik adalah pemandangan api biru yang menyala terang saat dini hari. Fenomena langka ini berasal dari cairan belerang yang ditambang oleh masyarakat sekitar. Oemandangan api biry ini akan semakin terlihat saat malam semakin larut karena cahayanya tidak akan terganggung dengan sumber cahaya lainnya.

Gunung Jaya Wijaya

gunung terindah di Indonesia 8

Meskipun terletak di wilayah dengan iklim tropis, Puncak Jaya merupakan pegunungan yang diselimuti oleh salju. Puncak jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl sehingga menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun selama ini Puncak Jaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutup salju, tapi diperkirakan salju tersebut bisa menipis atau bahkan mengering.

Gunung Kerinci

gunung terindah di Indonesia 9

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera dan merupakan gunung berapi yang paling tinggi di Indonesia. Gunung ini berlokasi di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Sumatra Barat dan masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Berada dalam wilayah tersebut, gunung terindah di Indonesia ini merupakan habitat dari harimau dan badak Sumatera yang dilindungi oleh pemerindah. Pada ketinggian 3.805 mdpl, kamu dapat menikmati pemandangan keseluruhan kota Jambi, Padang dan Bengkuli lengkap dengan birunya Samudera Hindia.

Itulah tadi informasi singkat mengenai Gunung di Indonesia . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s