Batam yang menjadi pulau terluar di ujung Indonesia kini telah berkembang menjadi daerah dengan banyak resort dan tempat wisata. Tidak sedikit wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang datang untuk liburan. Di Batam kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai macam tempat wisata pilihan dan wisata kuliner. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan berikan sedikit panduan wisata ke Batam yang bisa kamu coba.

Wilayah di Batam

Panduan-wisata-ke-Batam
Panduan wisata ke Batam : Batam

Meski tidak terlalu luas, Batam terbagi menjadi beberapa area yaitu, Batam Centre, Nagoya,  Nongsampura, Sekupang dan Telaga Punggur. Berikut sedikit penjelasan dari beberapa tempat berikut:

Batam Centre

Berkunjung ke Batam Centre kamu akan menemukan alun-alun kota Batam. Area yang satu ini merupakan sebuah kota yang memang dikhususkan pemerintah setempat sebagai pusat bisnis dan perdagangan. Karena itulah kamu akan menemukan banyak sekali gedung perkantoran hingga pusat perbelanjaan seperti mall. Selain itu, beberapa tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi saat ke Batam Centre diantaranya, seperti Mega Mall, Masjid Raya (Grand Mosque), Gedung Otorita Batam Building hingga Maha Vihara Duta Maitreya. Kamu juga akan menemukan terminal feri yang berhubungan langsung dengan Singapura. Dari terminal tersebut kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja untuk sampai di Singapura. Kemudian, untuk sampai ke Batam Centre dari bandara kamu bisa naik taksi dengan biaya sekitar Rp 30.000 saja.

Nagoya

Sekilas nama dari area di Batam tersebut memang mirip dengan nama kota di Jepang. Sebelumnya, daerah ini bernama Lubuk Baja. Tetapi, karena  banyak orang Jepang yang datang dan berkemah jadilah mereka terbiasa menyebutnya menjadi Nagoya. Di sini kamu bisa menemukan terminal feri paling dekat yaitu Harbour Bay. Selain itu, ada beberapa tempat menarik seperti Nagoya Hill yaitu mall terbesar di Batam. Kemudian, kamu juga bisa berkunjung ke Batam City Square yang berisikan banyak tempat hiburan seperti tempat karaoke, timezone hingga tempat bersantai. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sebuah kuil bernama Da Bo Gong, serta theme park bernama Ocarina.

Sekupang

Untuk kamu yang suka dengan olahraga golf, Sekupang menjadi tempat yang sangat direkomendasikan. Area yang satu ini bisa kamu akses dengan menggunakan kapal feri. Ada tujuh lapangan golf besar di Sekupang bahkan sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan golf Internasional. Daerah tersebut merupakan tempat untuk menjangkau tempat-tempat lain di Indonseia atau pun untuk mereka yang ingin ke Singapura.

Telaga Punggur

Satu lagi area di Batam yang bisa kamu kunjungi adalah Telaga Punggur. Tempat ini merupakan pelabuhan utama bagi kapal cepat yang ingin berkunjung ke Tanjung Pinang. Kamu juga bisa naik taksi dari luar pelabuhan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mobil van untuk menuju ke Telaga Punggur.

Tempat Wisata Favorit di Batam

Panduan-wisata-ke-Batam
Panduan wisata ke Batam : Pantai Nongsam

Ada beberapa tempat wisata menarik di Batam diantaranya, seperti:

Pantai Nongsa

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di timur laut Batam. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dari bandara. Pantai Nongsa sangat menarik karena memiliki karakteristik pantai pasir putih dan ombaknya yang cukup tenang. Dari sini kamu bisa melihat dengan jelas kota Singapura dari pinggir pantai karena lokasinya yang memang tidak terlalu jauh.

Ocarina Park

Batam juga memiliki satu taman bermain yang sangat menarik yaitu Ocarina Park. Dibuka pada tahun 2008 lalu, Ocarina Park langsung menjadi tempat wisata favorit bagi banyak wisatawan yang datang ke sini. Di area seluas 40 hektar tersebut, kamu bisa bermain dengan berbagai macam wahana permainan. Tidak jarang, tempat rekreasi di Batam ini juga sering digunakan sebagai tempat konser musik. Harga tiket masuk ke Ocarina Park juga sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per orang.

Pantai Marina

Pantai Marina juga menjadi salah satu yang cukup terkenal di Batam. Tidak hanya sekedar pantai saja, tapi juga menjadi tempat berlabuh bagi kapal feri yang akan ke Batam. Selain itu, kamu pun bisa berkunjung ke taman hijau yang sering dijadikan tempat bermain anak-anak. Untuk masuk ke sini, kamu hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 6.000 saja.

Cara Menuju ke Batam

Panduan-wisata-ke-Batam
Panduan wisata ke Batam : Batam

Kota Batam sendiri bisa dijangkau dengan berbagai macam transportasi salah satunya pesawat terbang. Bila kamu ingin mencapai Batam dengan menggunakan pesawat terbang ada berbagai macam penerbangan dari kota-kota besar menuju ke sini, seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung hingga Medan. Misalnya saja, kamu terbang dari Jakarta maka biaya penerbangan yang akan kamu keluarkan mulai dari Rp 587.000 hingga Rp 1.760.000.

Tips Liburan Ke Batam

Panduan-wisata-ke-Batam
Panduan wisata ke Batam : Pelabuhan di Batam

Demi liburan yang maksimal ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Batam. Berikut beberapa tipsnya:

Buatlah Itinerary liburan

Sebelum berkunjung ke Batam buatlah itinerary tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi. Misalnya saja kamu ingin berkunjungi ke beberapa spot menarik seperti Pantai Nongsa, Pantai Marina, Ocarina Park, Pantai Melur dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini sangat penting agar waktu kamu tidak terbuang percuma begitu saja untuk memikirkan akan ke mana saja saat sampai di sana.

Gunakan Sunblock

Cuaca kota Batam sangat panas jadi sangat penting untuk kamu menggunakan sunblock selama berlibur ke sini. Kamu bisa mengoleskan sunblock diseluruh tubuhmu agar kulit kamu tidak terbakar karena panas yang sangat menyengat.

Jangan Lupa Untuk Belanja di Nagoya

Bagi kamu yang berkunjung ke Batam juga sempatkan diri untuk berbelanja ke Nagoya. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam barang branded dengan harga yang sangat terjankau mulai dari gadget, tas, parfume dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi, perlu diingat kalau kamu harus memeriksa dengan hati-hati apakah barang yang kamu beli barang asli atau KW alias palsu.

Penginapan di Batam

Panduan-wisata-ke-Batam
Panduan wisata ke Batam : RedDoorz di Batam

Batam sendiri telah tumbuh menjadi kota bisnis dan tempat wisata menarik. Inilah mengapa kamu juga bisa menemukan dengan mudah banyak penginapan mulai dari resort hingga hostel. Salah satu tempat menginap dengan fasilitas lengkap serta harga yang terjangkau adalah RedDoorz. Dengan harga mulai dari Rp 99.000 kamu bisa mendapatkan penginapan dengan fasilitas standar seperti linen yang bersih, Wifi, TV, kamar mandi bersih, air mineral hingga peralatan mandi. Yuk, tunggu apalagi kalau ke Batam menginap di RedDoorz saja!

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Batam yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Batam? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s