Letak geografisnya yang masuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan NTB membuat Flores juga memiliki daya tarik wisata yang tak perlu diperdabatkan lagi. Dalam Bahasa Portugis, Flores berarti “bunga” dan memang latar belakang sejarah membuktikan jika Flores memang memiliki kedekatan dengan Portugis sebagai wilayah koloni. Jika kamu menginginkan suasana baru dalam  berpetualang maka Flores bisa jadi destinasi berikutnya. Dengan luas wilayah sekitar 14.300 km2 , ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dan tempat-tempat yang didatangi. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak artikel RedDoorz berikut ini!

Labuan Bajo

tempat wisata flores 1

Saat kamu berkunjung ke Flores, tempat wisata ini harus masuk daftar list itinerary. Dari pelabuhan ini kamu bisa mengakses kawasan wisata lainnya dengan mudah terutama Taman Nasional Komodo. Di Sekitar Labuan Bajo juga banyak terdapat tempat wisata menarik, seperti Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Pulau Bidadari, Gua Batu Cermin dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak wisatawan yang tertarik untuk menanti sunset di tepi pelabuhan Labuan Bajo.

Taman Nasional Komodo

tempat wisata flores 2

Masuk ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia tentu saja membuat Taman Nasional Komodo banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara. Sebenarnya keunikan bukan hanya sebagai taman perlindungan bagi hewan langka komodo saja, tapi juga karena keindahan rumput savanna dan dunia bawah airnya. Taman Nasional ini memiliki luas 1827 km2 yang terdiri dari 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Komodo yang termasuk dalam kategori hewan purba dan langka hanya bisa ditemukan di sini. Kehidupan bawah airya pun sangat cantik karena ada seribu spesies ikan dan 253 spesies karang pembentuk terumbu karang. Kamu bisa menyelam sambil menikmati keindahnya, berpetualang di padang savanna atau hiking ke beberapa bukit di taman ini.

Pantai Pink

tempat wisata flores 3

Dikenal karna memiliki pasir berwarna merah muda menjadikan Pantai Pink banyak dikenal wisatawan mancanegara. Warna unik ini berasal dari serpihan terumbu karang yang tersapu gelombang ke bibir pantai sehingga membuat hamparan pasir berwarna kemerahan yang bisa kamu nikmati. Apalagi jika datang ke sini pada sore hari maka penampakan pasir merah muda dengan pantulan cahaya matahari sore membuatnya semakin terlihat cantik. Jangan lewatkan juga untuk menikmati keindahan bawah airnya. Kamu bisa diving dan snorkeling dengan artisan spesies ikan dan terumbu karang yang akan membuat pengalaman menyelam di Pantai Pink semakin berkesan.

Taman Laut 17 Pulau

tempat wisata flores 4

Dinakan Taman Laut 17 Pulau karena terdapat 17 pulau yang membentang dari barat hingga timur dengan luas sekitar 9.900 hektar. Di dalamnya meliputi pulau-pulau yang berdekatan yaitu Pulau Pata, Pulau Bangko, Pulau Rutong, Pulau Sua, Pulau Kolong, Pulau Ontoloe, Pulau Wingkureo, Pulau Telu, Pulau Batu, Pulau Taor, dan lainnya. Selain itu ada juga Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Kamu bisa berkeliling melihat keindahan pulau-pulau itu dengan menggunakan speedboat selama dua setengah jam. Di sekitar perairan 17 pulau ini terdapat berbagai jenis karang mulai dari yang keras hingga yang lembut dan juga ratusan ikan hias warna warni.

Pulau Kanawa

tempat wisata flores 5

Berada sekitar 10 km dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa adalah salah satu spot asik untuk bersantai saat kamu terbang ke Flores. Bisa dibilang Pulau ini memang dipersiapkan buat liburan santai. Kamu bisa berjemur, snorkeling dan juga diving. Lihat saja kekayaan bawah airnya, mulai dari terumbu karang berwarna-warni, penyu, kuda laut, bintang laut, dan masih banyak lagi. Hal yang membuat Pulau Kanawa semakin menarik untuk dijadikan tempat liburan adalah penginapan yang telah disediakan. Ada 13 cottage minimalis yang sudah disiapkan untuk para tamu menginap. Tak lupa juga restoran dan diving center yang memang khusus disediakan untuk kenyamanan wisatawan yang berlibur.

Danau Sano Nggoang

tempat wisata flores 9

Danau Sano Nggoang yang ada di Flores ini merupakan danau vulkanis dengan luas 513 hektar. Danay ini cukup unik karena berada diketinggian 750 mdpl dan memiliki kedalaman 600 mter. Secara adminidtrasi, danau ini masuk ke dalam wilayah desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang. Keunikan yang bisa kamu lihat dari danau ini adalah kadar belerang yang cukup tinggi sehingga kamu bisa mandi belerang di sini. Setelah puas kamu bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti menunggang kuda dan berkeliling menjelajahi alam sekitar danau yang masih asri.

Air Terjun Cunca Rami

tempat wisata flores 7

Kontur wilayah Flores yang berbukit-bukit dan penuh dengan dataran tinggi membuat kehadiran air terjun tak mengherankan lagi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Air Terjun Cunca Rami yang berada di Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang dan masuk ke dalam kawasan hutan tropis. Air terjun setinggi 30 meter ini dikelilingi oleh rimbunnta hutan dan pepohonan asri yang membuatnya terlihat semakin memukau. Kucuran air yang lumayan besar membuat terbentuknya kolam kecil di bawahnya seperti danau dan kamu bisa berendam sepuasnya di sana. Kesegaran air yang meluncur dari pegunungan dan balutan suasana hutan yang rimbun dan tenang menjadikan Air Terjun Cunca Rami layak didatangi.

Itulah tadi informasi singkat mengenai Tempat Wisata di Flores . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s