Semarang menjadi salah satu kota besar di pulau Jawa yang harus kamu kunjungi. Selain terkenal dengan kulinernya seperti lumpia, banyak sekali tempat wisata dan festival budaya yang menarik untuk disaksikan. Kabar baiknya lagi biaya berlibur ke Semarang termasuk terjangkau. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Panduan Wisata ke Semarang.

Tempat Wisata Menarik di Semarang

Semarang memiliki beraneka ragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata religi. Semua tersaji dalam satu paket liburan yang bisa kamu kunjungi selama di sana. Sebagai sedikit panduan, berikut RedDoorz akan memberikan daftar tempat wisata menarik di Semarang:

Lawang Sewu

Panduan-Wisata-ke-Semarang
Panduan Wisata ke Semarang : Lawang Sewu

Saat ke Semarang, nampaknya kurang afdol jika kamu tidak berkunjung ke Lawang Sewu. Dibandingkan tempat wisata lainnya yang ada di Semarang, tempat ini memiliki daya tarik berupa suasana mistis yang dibalut dengan arsitektur bergaya kolonial. Sesuai dengan namanya, bangunan ini memiliki banyak pintu  atau bangunan dengan seribu pintu. Saat awal dibangun pada tahun 1904, Lawang Sewu dulunya digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke lantai bawah tanah yang dulu digunakan sebagai penjara. Harga tiket masuknya sendiri kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja.

Vihara Buddhagaya Watugong

panduan-wisata-ke-Semarang
panduan wisata ke Semarang : Vihara Buddhagaya Watugong

Tidak hanya Lawang Sewu, bangunan di Semarang yang memiliki arsitektur megah. Vihara Buddhagaya Watugong juga harus masuk ke dalam daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Vihara ini dibangun mirip dengan sebuah pagoda. Bahkan, karena ketinggiannya sempat mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Ada beberapa pagoda yang ada di dalam kompleks bangunan tersebut, beberapa diantaranya yang terkenal adalah Pagoda Avalokitervara. Pagoda ini sendiri dibangun sebagai bantuk penghormatan kepada Dewi Kwan Sie Im Po Sat.

Masjid Agung Jawa Tengah

panduan-wisata-ke-Semarang
panduan wisata ke Semarang : Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi berikutnya yang bisa kamu datangi saat ke Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Dengan luas sekitar 7.500 meter persegi, masjid ini bisa menampung sekitar 16.000 jemaah dalam satu waktu. Untuk menunjang kenyamanan jemaah yang beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas mulai dari perpustakaan, museum budaya islam, auditorium, kafe, kereta kelinci, dan cenderamata.

Pantai Marina

panduan-wisata-ke-Semarang
panduan wisata ke Semarang : Pantai Marina

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata alam, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Pantai Marina. Meski bukan sebuah pantai besar, Pantai Marina memiliki pemandangan yang cantik. Datanglah ke sini saat sore hari untuk melihat keindahan matahari terbenam. Dengan suasana yang tidak terlalu ramai, kamu bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda. Selain itu, para wisatawan pun bisa mencoba berbagai macam fasilitas, mulai dari speed boat, ski air, kolam renang hingga taman bermain anak.

Festival Budaya di Semarang

Semarang memiliki beberapa festival kebudayaan yang tidak kalah menarik untuk kamu saksikan.  Di sini kamu bisa melihat berbagai pertunjukan menarik, berikut beberapa diantaranya:

Semarang Night Carnival (SNC)

panduan-wisata-ke-Semarang
panduan wisata ke Semarang : Semarang Night Carnival

Acara Semarang Night Carnival merupakan festival yang digelar secara tahunan untuk merayakan hari ulang tahun kota Semarang. Biasanya, acara ini diadakan di beberapa tempat muai dari Balai kota, Lawang Sewu hingga Kota Lama. Dalam karnaval tersebut kamu bisa melihat banyak peserta mengikuti pawai dengan menggunakan kostum etnik. Meski merupakan acara kota Semarang, ada juga peserta dari luar kota, pulau bahkan luar negeri. Selain berupa parade, kamu pun bisa melihat berbagai hiburan lainnya seperti panggung tari, musik hingga bazar kuliner.

Dugderan

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang : Dugderan

Umat Muslim di Semarang memiliki tradisi sendiri dalam menyambut datangnya bulan puasa dengan menggelar acara bertajuk Dugderan. Festival ini merupakan acara kumpul-kumpul para ulama untuk nantinya bersatu pada bulan Ramadhan. Dalam acara tersebut juga dibunyikan berbagai macam bedug dan meriam yang membuatnya menjadi Dugderan. Pada malam harinya kamu bisa menemukan banyak pedagang menjajakan makanan di Simpang Lima Semarang. Biasanya pawai akan berlangsung mulai dari Balai Kota hingga Masjid Agung Jawa Tengah.

Sesaji Rewanda

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang : Sesaji Rwanda

Setelah Lebaran pun ada satu festival budaya yang biasa digelar di Semarang yaitu Sesaji Rewanda. Acara tersebut dilakukan pada hari ketiga dan ketujuh setelah lebaran di Gua Kreo, Desa Wisata Kandri, Gunungpati. Sesaji Rwanda sendiri merupakan tradisi pemberian sajen ke monyet-monyet yang tinggal di Gua Kreo. Acara diawali dengan arak-arakan sesaji berbentuk 4 macam gunungan. Diantara gunungan tersebut berisi buah-buahan, hasil bumi, sego kethek hingga lepet dan ketupat.

Kuliner di Semarang

Ada berbagai macam kuliner lezat yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Semarang. Mulai dari kudapan, sate hingga soto bisa kamu cicipi di sini. Berikut beberapa referensi kuliner semarang yang bisa kamu coba:

Lumpia

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang: Lumpia

Lumpia sendiri merupakan sajian yang digoreng berisi paduan antara rebung muda, telur hingga udang. Kuliner tersebut biasanya disajikan dengan saus dan daun bawang segar. Beberapa tempat terkenal di Semarang yang menjual lumpia lezat adalah Lumpia Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Biasaya warung lumpia tersebut buka pada pukul 8 pagi hingga 4 sore. Satu lumpia biasanya dijual dengan harga Rp 10.000.

Tahu Gimbal

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang : Tahu Gimbal

Selain Lumpia, sajian tradisional Semarang lainnya yang tidak kalah lezat adalah Tahu Gimbal. Beberapa tempat di Semarang yang terkenal menjual Tahu Gimbal adalah di Jalan Menteri Supeno, SMA 1 Semarang dan Taman KB. Biasanya warung Tahu Gimbal buka pada siang hari dan tutup pada pukul 21.00. Satu porsi Tahu Gimbal dijual dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Tahu Gimbal sendiri merupakan sajian yang terdiri dari potongan tahu goreng yang dipadukan dengan lontong, telur ceplok, tauge, hingga potongan kubis mentah dan gimbal. Tidak jarang tahu gimbal ini juga di sajikan dengan bakwan udang.

Soto Bangkong

panduan-wisata-ke-Semarang
panduan wisata ke Semarang : Soto Bangkong

Dulu Soto Bangkong biasanya dijual di angkringan yang mangkal di pinggir Jalan Bangkong. Inilah mengapa hingga sekarang kuliner ini dinamakan Soto Bangkong. Hingga sekarang kuliner ini sudah memiliki beberapa cabang yang seluruhnya dikelola oleh Pak Sholeh. Sajian ini memiliki ciri khas berupa kuah berwarna bening kecokelatan dengan tambahan kecap. Isian dari Soto Bangkong biasanya terdiri dari daging ayam, toge, irisan tomat, bihun hingga taburan bawang merah dan bawang putih. Kamu juga bisa menikmati Soto Bangkong dengan nasi panas lengkap dengan sate-satean, seperti sate kerang, sate telur puyuh, perkedel, tempe dan tahu.

Cara Menuju ke Semarang

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang : Lawang Sewu

Semarang sendiri bisa dijangkau dengan berbagai macam transportasi mulai dari kereta, pesawat terbang, bus. Bila kamu ke Semarang dengan menggunakan kereta api kamu bisa pergi dengan tujuan Stasiun Semarang Tawang atau Semarang Poncol. Tempat ini menjadi pemberhentian bagi keta eksekutif dan bisnis dari Stasiun Gambir. Ada beberapa kereta yang berhenti di tujuan Stasiun Semarang Tawang yaitu, Argo Sindoro, Sembrani Agro Bromo Anggrek Malam dan Argo Muria.

Sedangkan, untuk kamu yang ingin ke sini dengan menggunakan pesawat terbang ada 3 maskapai utama yang melayani rute Jakarta – Semarang, diantaranya seperti Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air. Harga tiket untuk sekali perjalanan ke Semarang dibandrol dengan harga Rp 331.800 hingga Rp 1.131.000. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah disarankan untuk memilih penerbangan pada tengah malam.

Berikutnya, kamu bisa menggunakan bus untuk sampai ke Semarang. Ada berbagai bus antarkota, antarprovinsi yang melewati ibukota Jawa Tengah, diantaranya seperti Pahala Kencana dan Lorena. Jika dari Jakarta kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Rawamangun. Satu tiket bus ke Semarang dibandrol dengan harga Rp 160.000.

Penginapan di Semarang

Panduan-wisata-ke-Semarang
Panduan wisata ke Semarang : RedDoorz Semarang

Semarang yang merupakan salah satu kota besar di Pulau Jawa menyajikan berbagai macam pilihan tempat menginap. Salah satu tempat menginap dengan kualitas yang terstandarisasi dan harga yang terjangkau adalah RedDoorz. Hanya dengan Rp 99.000 kamu bisa mendapatkan garansi pelayanan berupa kasur yang bersih, kamar mandi bersih, air mineral, televisi, wifi gratis serta peralatan mandi. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatkan untuk menginap di tempat  yang nyaman dengan harga yang terjangkau, RedDoorz!

Itulah beberapa informasi mengenai Panduan wisata ke Semarang yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Semarang? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s