Tidak hanya kuliner dari Pulau Jawa saja yang beraneka ragam, kuliner di Kalimantan juga menyajikan cita rasa yang menarik dicicipi. Mulai dari makanan bersantan hingga bubur dan sate bisa kamu temukan di makanan khas Banjarmasin. Untuk yang kebetulan sedang ingin pergi atau jalan-jalan ke Banjarmasin, berikut RedDoorz akan bahas makanan khas Banjarmasin yang bisa kamu coba.

Soto Banjar

Makanan-khas-Banjarmasin
Makanan khas Banjarmasin: Soto Banjar

Salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup terkenal adalah Soto Banjar. Selain di kota asalnya, Soto Banjar sendiri memang cukup terkenal di Pulau Kalimantan. Makanan yang satu ini merupakan sajian berkuah yang kaya dengan rempah sehingga memberikan aroma wangi. Selain itu, Soto Banjar juga memiliki banyak isian mulai dari daging ayam, irisan telur, soun, hingga tambahan perkedel. Biasanya, kuliner tradisional ini akan disajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan jeruk nipis.

Ketupat Kandangan

Makanan-Khas-Banjarmasin
Makanan Khas Banjarmasin : Ketupat Kandangan

Berbicara mengenai makanan khas Banjarmasin maka kamu akan sering bertemu dengan kuliner berkuah. Jika sebelumnya ada Soto Banjar, kamu juga bisa mencoba Ketupat Kandangan. Mungkin ketupat menjadi makanan yang paling banyak ada di Pulau Jawa, kamu juga bisa mencoba sajian ketupat di Banjarmasin. Di sini kamu juga bisa mencoba Ketupat Kandangan. Berbeda dengan sajian ketupat yang ada di Pulau Jawa yang mungkin dipadukan dengan sayur godok, opor atau sayur daging, ketupat kandangan disajikan ikan gabus asap atau yang sering diisebut juga sebagai  ikan haruan. Selain itu, ketupat kandangan juga sering disajikan dengan ikan gurame dan ikan patin. Bumbu dari ketupat kandangan juga terdiri dari berbagai macam rempah-rempah, seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala, seria, bawang merah, bawang putih dan kemiri.

Patin Baubar

Makanan-Khas-Banjarmasin
Makanan Khas Banjarmasin : Patin Baubar

Dibandingkan dengan ayam atau daging, kamu akan lebih sering menemukan ikan sebagai masakan di Banjarmasin. Tidak hanya disayur, kamu juga bisa mencoba sajian ikan dengan cara dibakar seperti Patin Baubar. Agak berbeda dengan seafood lainnya, kuliner ini disajikan dengan berbagai macam bumbu sehingga sarat dengan rasa. Setelah dibumbui, ikan kemudian dibakar di dalam tungku sehingga aromanya lebih sedap. Biasanya Patin Baubar akan lebih sedap jika disantap dengan nasi putih hangat.

Mandai

Makanan-khas-Banjarmasin
Makanan khas Banjarmasin : Mandai

Tidak hanya makanan berat saja, makanan ringan seperti mandai juga termasuk makanan khas Banjarmasin yang harus kamu coba. Makanan ringan ini terbuat dari kulit cimpedak yang diawetkan dengan garam. Jadi, kulit cimpedak pun bisa di simpan untuk beberapa waktu kemudian. Dijelaskan kalau semakin lama mandai disimpan makan rasa asamnya akan semakin terasa. Masyarakat di Banjarmasin biasanya memasak mandai dengan cara digoreng sehingga bisa mereka bawa untuk bepergian. Di Kota Banjarmasin sendiri kamu bisa menemukan mandai diberbagai macam toko oleh-oleh.

Gangan Asam Banjar

gangan asem

Selain bisa kamu temukan dalam sajian ketupan kandangan, ikan haruan atau ikan gabus juga ada dalam makanan khas Banjarmasin, Gangan Asam Banjar. Tidak jarang karena di Banjarmasin banyak terdapat ikan patin, bahan utama ikan gabus sering diganti dengan ikan tersebut. Tidak hanya ikan gabus saja yang menjadi bahan utama dari gangan asam banjar, ketupat kandangan juga dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya seperti kacang panjang dan timun. Tidak jarang gangan asam banjar disajikan juga dengan sambal acan dan nasi putih hangat.

Lontong Orari

Makanan-khas-Banjarmasin
Makanan khas Banjarmasin : Lontong Orari

Satu lagi sajian ketupat yang bisa kamu coba di Banjarmasin yaitu lontong orari. Selain dengan sayur-sayuran seperti labu, buncis dan kacang, lontong orari disajikan dengan ikan gabus, ayam dan telur. Lontong orari juga semakin terasa lezat dengan taburan bawang goreng. Tidak ada waktu khusus bagi masyarakat Banjarmasin untuk menyantap lontong orari. Kamu bisa menemukan banyak warung-warung di Banjarmasin menjajakan makanan ini, pagi, siang dan sore.

Sop Mutiara

sop mutiara 2

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini merupakan kuliner peranakan dari bangsa Tionghoa. Namun setelah mengalami akulturasi rasa dari sop mutiara pun menyesuaikan dengan lidah orang indonesia. Jadi, kamu juga akan sering menemukan makanan khas Banjarmasin ini pada perayaan Imlek. Disebut sop mutiara karena dalam sajiannya  terdapat bakso kerikil atau bakso kecil yang bentuknya mirip dengan mutiara. Berbeda dengan bakso kebanyakan, bakso di sop mutiara terbuat dari daging ayam yang digiling. Rasa dari makanan khas Banjarmasin ini juga cenderung gurih karena dibumbui dengan berbagai rempah seperti bawang putih pala, hingga susu.

Sate Tulang

makanan-khas-Banjarmasin
Makanan khas Banjarmasin : Sate Tulang

Bila mungkin sate ayam biasa menggunakan daging tanpa tulang, berbeda dengan sajian yang satu ini. Sate tulang justru menggunakan bahan dari bagian-bagian ayam yang tidak digunakan, seperti kulit, leher dan lemak ayam. Meski terdiri dari banyak tulang, sate ini tetap terasa lembut karena melalui proses penggilingan terlebih dahulu. Untuk penyajiannya sendiri sate tulang juga biasa menggunakan saus kacang juga seperti sate ayam. Kuliner tersebut juga sangat sedap jika disantap dengan menggunakan lontong.

Itulah beberapa informasi mengenai Makanan Khas Banjarmasin yang bisa kamu coba. Kalau kamu pernah coba yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s