Jika kamu berkunjung ke  Riau jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke Kepulauan Anambas. Daerah tersebut dulunya merupakan kabupaten hasil pemekaran wilayah Natuna yang masuk ke dalam provinsi Kepulauan Riau. Banyak yang mengatakan kalau Pulau Anambas memiliki keindahan alam terutama pantai dan bawah laut yang luar biasa. Tidak jarang bahkan keindahan alam yang ada di sini disandingkan juga dengan keindahan alam di Raja Ampat. Untuk kamu yang ingin tahu tentang wisata Kepulauan Anambas, berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut. Yuk, simak apa saja!

Pulau Penjalin

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Pulau Penjalin

Dari semua pulau yang ada di Anambas, Pulau Penjalin menjadi salah satu yang posisinya paling terdepan di bagian barat Indonesia. Dengan posisi tersebut Pulau Penjalin berbatasan langsung dengan Singapura, Malaysia dan Vietnam. Pesona yang menjadi daya tarik dari Pulau Penjalin adalah pemandangan bawah lautnya. Di sana kamu bisa snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik di dasar laut. Untuk mencapai ke sini kamu bisa menjangkaunya dengan menggunakan speed boat selama 1.5 jam dari Bandara Matak.

Tarempa

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Tarempa

Dikatakan kalau Tarempa termasuk ke dalam salah satu tempat wisata termahal yang ada di Kepulauan Anambas Riau. Hal ini karena lokasinya yang terpencil. Meski begitu, Terampa menyimpan berbagai macam keindahan diantaranya berupa pantai-pantai cantik. Karena lokasinya yang terisolir, maka kamu pun harus siap tidak mendapatkan sinyal sama sekali selama berlibur ke sana. Tarempa sendiri bisa dijangkau dengan menggunakan kapal ferry dari Tanjung Pinang. Transportasi tersebut beroperasi seminggu dua kali yakni pada hari Selasa dan Kamis. Perlu diingat kalau perjalanan untuk mencapai Terampa cukup memakan waktu yakni sekitar 10 jam. Tapi jangan khawatir karena kapal yang digunakan biasanya menggunakan AC.

Pulau Bawah

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Pulau Bawah

Wisata Kepulauan Anambas yang satu ini memang sedang populer dikalangan para traveler. Banyak yang mengatakan kalau Pulau ini merupakan hidden gem di bagain barat Indonesia. Hal tersebut tidak hanya sekedar isapan jempol setelah Pulau Bawah Anambas disulap menjadi resort yang terdiri dari berbagai macam bungalow, water villa hingga tent villa. Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa menikmati berbagai macam fasilitas mewah lainnya seperti infinity pool, bar, perpustakaan hingga spa. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan tiga laguna yang terdapat di salah satu kepulauan tropis terindah di Indonesia tersebut. Hutan Bakau juga menjadi salah satu ekosistem menarik yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Bawah Anambas. Sempatkan diri untuk sekedar snorkeling atau diving karena perairan di sini merupakan habitat dari ikan pari.

Pulau Durai

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Pulau Durai

Pulau Durai juga menjadi salah satu destinasi wisata Kepulauan Anambas yang sudah terkenal di kancah internasional. Salah satu daya tarik dari Pulau Durai adalah hamparan pasir putih lengkap dan habitat penyu belimbing yang menjadi hewan endemik di Pulau Durai. Inilah mengapa kamu akan menemukan banyak sekali penyu berkeliaran di Pulau Durai. Pada kesempatan tertentu kamu bahkan bisa ikut melepaskan tukik (anak penyu) ke tengah laut. Berkunjunglah ke Pulau Durai pada bulan Juli hingga September untuk melihat lebih banyak penyu berkeliaran di pantai pada sore hari.

Pantai Arung Hijau

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Pantai Arung Hijau

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menawarkan keindahan berupa pasir putih, lanskap Pantai Arung Hijau justru dominan dengan bebatuan. Selain itu, ombak di sini juga cenderung kencang sehingga lebih cocok untuk surfing atau parasailing. Momen terbaik untuk mengunjungi wisata Kepulauan Anambas adalah pada sore hari yaitu saat  matahari terbenam. Untuk sampai ke Pantai Arung Hijau kamu bisa menjangkaunya dengan menggunakan sepeda motor dari kota Tarempa yang biaya sewanya hanya sekitar Rp 75.000 saja.

Pulau Temawan

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Pulau Temawan

Pulau Temawan sendiri bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal cepat dari Tarempa selama sekitar 30 hingga 40 menit. Pulau tersebut menawarkan keindahan pinggir pantai hingga ekosistem bawah lautnya. Dibandingkan dengan pulau lainnya, wisata Kepulauan Anambas ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai karena suasananya yang tidak terlalu ramai. Namun, jika kamu ingin melakukan aktivitas lain cobalah untuk snorkeling untuk melihat keindahan ikan berwarna-warni di perairan dangkal sini.

Tanjung Momong

Wisata-Kepulauan-Anambas
Wisata Kepulauan Anambas : Tanjung Momong

Keindahan Tanjung Momong bahkan bisa kamu lihat mulai dari dermaganya. Dari atas terlihat dengan jelas keindahan bawah laut berupa ikan warna-warni. Selain itu, di perairan Tanjung Momong juga terdapat banyak terumbu karang berwarna-warni dari permukaan air karena kondisinya yang sangat jernih. Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda cobalah untuk menginap di tenda dengan berkemah.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Kepulauan Anambas yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Kepulauan Anambas? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s