Sebagai ibukota dari Provinsi Riau, Pekanbaru tidak hanya memiliki banyak tempat wisata menarik tetapi juga kuliner beranekaragam untuk dicoba. Makanan khas Sumatra yang identik dengan santan serta pedas bisa kamu temukan juga di Makanan khas Pekanbaru. Nah, untuk kamu yang ingin menyantap makanan khas Pekanbaru, berikut RedDoorz akan berikan rekomendasinya. Yuk, simak apa saja!

Sate dan Sop Rusa

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Sop dan Sate Rusa

Jika kebanyakan sate dan sop lebih sering menggunakan bahan utama daging ayam, kambing dan sapi, di Pekanbaru kamu bisa mencicipi sate dan sop rusa. Salah satu tempat yang cukup terkenal menjual sate dan sop rusa adalah warung Era 51 yang berada di Jl. Kaharuddin Nasution No. 31, Pekanbaru. Agak sedikit berbeda dengan daging sapi atau daging kambing, daging rusa memiliki cita rasa yang lebih legit. Dengan campuran bumbu dan rempah-rempahnya, sate dan sop rusa terasa lebih manis. Kuliner ini akan semakin sedap bila disantap dengan sepiring nasi hangat.

Ikan Asap Selais

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Ikan Asap Selais

Sesuai dengan namanya, Makanan khas Pekanbaru ini diolah dengan cara diasap dan kemudian dipindang menjadi gulai. Cara memasak Ikan Asap Selais memang cukup lama. Untuk pengasapannya saja kamu memerlukan waktu sekitar delapan jam lebih hingga ikan siap disantap. Sebenarnya tidak hanya diasap saja, ikan selais juga sering disajikan dengan cara digoreng, dipindang hingga digulai. Tidak jarang, karena cukup awet dan tahan lama, skan selais juga sering dijadikan oleh-oleh para pengunjung yang datang ke Pekanbaru.

Gulai Ikan Patin

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru: Gulai ikan patin

Jika sebelumnya ada ikan asap selais, kamu juga harus mencoba gulai ikan patin. Makanan khas Pekan baru tersebut memang cukup terkenal dan banyak digemari warga di sana. Hal itulah mengapa kamu akan menemukan banyak restoran dan rumah makan di Pekanbaru menyajikan makanan ini. Gulai ikan patin sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan agak sedikit pedas. Kuliner khas ini akan semakin terasa sedap dengan tambahan daun kecombrang. Biasanya gulai disajikan dengan menu pendamping lainnya seperti lauk pauk, pucuk daun ubi rebus dan nasi hangat.

Nasi Lemak

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Nasi lemak

Bisa dikatakan nasi lemak menjadi makanan khas melayu. Meski begitu kamu juga akan sering menemukan nasi lemak di Pekanbaru. Nasi Lemak sendiri terdiri dari nasi gurih yang dicampur dengan berbagai lauk pauk seperti telur dadar, sambal teri, ayam goreng dan masih banyak lauk lainnya. Nasi yang disajikan dalam nasi lemak terasa gurih karena dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan daun pkamun. Kamu bisa menemukan dengan mudah Nasi Lemak di berbagai warung dan tempat makan di Pekanbaru.

Mie Sagu

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Mie Sagu

Kuliner yang satu ini juga termasuk salah satu makanan khas Pekanbaru yang banyak digemari masyarakat Selatpanjang, Pekanbaru. Mie sagu memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan dengan mie kebanyakan. Biasanya kuliner Pekanbaru ini diolah dengan cara dicampur dengan sayuran lalu direbus atau digoreng. Selain itu, karena memilki kandungan gula yang rendah, mie sagu juga cocok dikonsumsi untuk para penderita diabeters.

Gulai Belacan

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Gulai Balacan

Tidak hanya ikan yang sering dijadikan bahan utama makanan khas Pekanbaru, udang juga menjadi bahan dasar masakan tradisional di sana, gulai belacan. Udang dalam gulai belacan diolah dengan cara dicampur dengan santan dan rempah-rempah, seperti kemiri, lada, dan asam jawa. Sedangkan, untuk udangnya sendiri kamu bisa menggunakan jenis udang sungai dan udang laut. Biasanya, gulai balacan semakin terasa sedap dengan campuran petai.

Bacah Daging

Makanan-Khas-Pekanbaru
Makanan Khas Pekanbaru : Bacah Daging

Jika kamu tidak terlalu suka seafood seperti ikan atau udang cobalah bacah daging. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa dan tampilan mirip dengan rendang atau dendeng batokok.  Yang membedakan dua jenis kuliner tersebut adalah cara penyajiannya. Jika biasanya rendang disantap dengan nasi putih, bacah daging dimakan dengan ketupat. Makanan khas Pekanbaru ini juga biasanya muncul saat Idul Fitri atau hari raya lainnya di sana.

Miso

Makanan-khas-Pekanbaru
Makanan khas Pekanbaru : Miso

Kamu tidak harus ke restoran Jepang untuk mencoba Miso. Di Pekanbaru, kamu juga bisa mencoba kuliner tradisional yang satu ini. Makanan khas Pekanbaru ini terdiri dari berbagai bahan dasar mulai dari mie kuning, mie putih, suwiran ayam, tahu kering hingga kulit ayam goreng. Masyarakat Pekanbaru biasanya mengonsumsi Miso untuk sarapan atau makan siang.  Satu porsi Miso dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per porsinya.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Pekanbaru yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri pernah makan yang mana nih?  Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s