Berkunjung ke Solo ada banyak hal menarik yang bisa kamu datangi, mulai dari tempat wisata, kuliner hingga festival budaya bisa kamu temukan. Selain itu, kebudayaannya yang cenderung kromo dan halus dibandingkan dengan wilayah Jawa lainnya menjadikan  Solo terasa berbeda. Untuk mengenal lebih jauh mengenai kota yang satu ini, berikut RedDoorz akan bahas sedikit panduan wisata ke Solo yang bisa kamu kunjungi.

Tempat wisata di Solo

Ada berbagai macam tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Solo, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. Bagi kamu yang bingung mau berkunjung ke mana saat ke Solo berikut RedDoorz berikan sedikit rekomendasi:

Keraton Surakarta

Panduan-Wisata-ke-Solo
Panduan Wisata ke Solo : Keraton Surakarta

Keraton yang satu ini pertama kali didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II. Meski sejak tahun 1945 sudah menjadi hak miliki negara, Keraton Solo masih digunakan sebagai tempat tinggal bagi Sri Sunan dan keluarganya hingga sekarang. Berkunjung ke sini kamu pun bisa melihat berbagai macam tradisi asli Solo. Tidak hanya itu, komplek keraton juga digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi milik kasunan seperti gamelan, pusaka keraton, hingga hadiah yang diberikan para raja Eropa.

Gerojogan Sewu Tawangmangu

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : Air Terjun Gerojogan Sewu Tawangmangu

Selain tempat wisata budaya seperti keraton, kamu juga bisa berkunjung ke tempat wisata alam seperti Gerojogan Sewu Tawangmangu. Dengan tinggi sekitar 81 meter para pengunjung yang berkunjung ke sini bisa mandi sepuasnya di bawah air terjun tersebut. Dengan luas lebih dari 20 Hektar, Air Terjun Gerojogan Sewu Tawangmangu telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, tempat istirahat, kios buah, kios makanan hingga kios cideramata.

Pura Mangkunegara

Panduan-Wisata-ke-Solo
Panduan Wisata ke Solo : Pura Mangkunegara

Tempat ini sebenarnya merupakan tempat tinggal bagi Sri Paduka Mangkunegara. Inilah mengapa bangunan Pura Mangkunegara didesain mirip dengan bentuk keraton. Tetapi, selain fungsi utamanya sebagai tempat tinggal, Pura Mangkunegara juga digunakan sebagai museum sejarah yang berisikan berbagai benda bertema perjuangan Indonesia. Sayangnya para pengunjung yang datang ke sini dilarang untuk mengabadikan isi bangunan tersebut.

Museum Batik Danarhadi

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : Museum batik Danarhadi

Bagi kamu yang suka dengan batik, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Museum batik Danarhadi. Tempat ini berisi berbagai macam koleksi batik dari dalam negeri hingga mancanegara seperti Batik Jawa Hokokai, Batik China, dan Batik Sumatera dan Batik Asli Keraton. Hingga sekarang jumlah koleksi batik yang tersimpan di dalam Museum Batik Danarhardi mencapai 1000 kain dan mendapatkan pengakuan dari MURI. Tidak hanya sekedar pajangan saja, kamu pun bisa membeli batik di toko souvenir yang tersedia di sini.

Festival Budaya di Solo

Tidak hanya tempat wisata, Solo juga memiliki berbagai macam festival budaya yang tidak kalah menarik untuk kamu saksikan. Berikut beberapa festival budaya di Solo yang bisa kamu lihat.

Solo Batik Carnival

Solo-Batik-Carnival
Panduan Wisata ke Solo : Solo Batik Carnival

Solo Batik Carnival sendiri merupakan sebuah acara bertajuk fashion show yang menggunakan batik sebagai bahan dasar pembuatan kostumnya. Sebelum mencapai acara puncak berupa pagelaran fashion show, ada serangkaian acara lainnya yang mengawai Solo Batik Carnival yaitu seperti workshop make up, pose model serta workshop pembuatan kostum. Biasanya, acara puncak dari Solo Batik Carnival diselenggarakan sepanjang jalan utama kota Solo dan bisa disaksikan langsung oleh masyarakat sekitar.

Solo Internasional Performing Arts

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : SIPA

Untuk kamu yang suka dengan pagelaran seni bisa menyaksikan Solo Internasional Performing Arts. Acara yang dilenggarakan setiap bulan September tersebut menampilkan berbagai pertunjukan seni dari para seniman tidak hanya dari dalam tapi juga luar negeri, seperti Jepang, Korea, Malaysia, Spanyol hingga USA. Kabar baiknya acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini gratis, alias tidak memungut biaya apa pun.

Solo Culinary Indonesia Festival

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : Solo Culinary Festival

Solo Culinary Indonesia Festival sendiri merupakan seuah festival masakan tradisional Jawa yang biasanya berlangsung di pertengahan tahun. Dalam festival tersebut nantinya kamu akan melihat berbagai macam rangkaian acara seperti demo masak dari para ahli, lomba memasak hingga bazaar makanan. Solo Culinary Indonesia Festival juga terbuka untuk umum dan untuk yang suka dengan makanan tradisional wajib berkunjung ke food bazaarnya.

Kuliner di Solo

Tidak hanya tempat wisata dan festival budayanya saja yang bisa kamu temukan di Solo. Kuliner tradisional di sini pun beranekaragam dan sangat menarik untuk kamu cicipi. Berikut beberapa diantaranya:

Selat Solo

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : Selat Solo

Bisa dibilang makanan yang satu ini adalah kuliner tradisional yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Solo. Meski termasuk makanan tradisional ada nuansa Eropa yang akan kamu temukan dalam makanan Solo seperti penggunakan bistik dan kentang goreng sebagai campurannya. Selain itu, dalam selat solo kamu juga akan menemukan campuran lain seperti sayuran dan kuah manis. Pada zaman dahulu, Selat Solo menjadi menu yang sering disajikan bagi kaum ningrat dan kaum terdidik di Solo.

Timlo

Panduan-Wisata-ke-Solo
Panduan Wisata ke Solo : Timlo

Kamu yang suka dengan makanan segar berkuah bisa mencoba Timlo. Masakan yang satu ini memang mirip dengan sop dengan isian, seperti ati ampela, sosis, telur pindang, hingga suwiran daging ayam. Kuah yang digunakan dalam Timlo sendiri terbuat dari paduan berbagai bumbu dan kaldu ayam yang dibuat gurih dan kental. Timlo akan terasa semakin sedap jika kamu mengonsumsinya dengan nasi putih.

Nasi Liwet

Panduan-Wisata-ke-Solo
Panduan Wisata ke Solo : Nasi Liwet

Kuliner khas Solo yang satu ini mungkin mirip dengan nasi uduk. Rasa gurih yang kamu rasakan diperoleh dari proses pemasakannya yang menggunakan santan. Nasi Liwet sendiri disajikan dengan bermacam-macam lauk, seperti sayur labu siam, daging ayam hingga kuah gurih yang terbuat dari santan. Kamu bisa menemukan banyak penjual nasi liwet di berbagai penjuru kota. Di solo kamu bisa menikmati nasi liwet dengan cara lesehan dengan menggunakan tikar.

Sate Buntel

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : Sate Buntel

Berbeda dengan sate kebanyakan, daging dalam sate buntel harus diolah terlebih dahulu untuk dicampur dengan berbagai bumbu. Setelahnya, adonan daging pun dibungkus dengan menggunakan lemak kambing. Jadilah bentuk dari sate buntel lebih besar dari sate kebanyakan. Kamu bisa menikmati sajian sate buntel dengan kecap manis dan irisan cabe rawit dan bawang merah.

Cara Menuju ke Solo

Panduan-wisata-ke-Solo
Panduan wisata ke Solo : naik kereta

Ada berbagai jalur transportasi yang bisa kamu coba untuk menuju ke Solo, mulai dari kereta api, pesawat terbang, hingga bus. Jika kamu ke Solo menggunakan kereta api, kamu bisa berangkat dari Stasiun Gambir dengan pilihan beberapa kereta seperti Argo Dwipangga, Bima, Gajayana hingga Argo Lawu. Sedangkan, untuk kamu yang berangkat dari Stasiun Senen bisa naik kereta Senja Utama Solo, Gaya Baru Malam, Jaka Tingkir, Bengawan hingga Krakatau. Untuk harga tiketnya sendiri biasanya dibandrol dengan harga Rp 74.000 hingga Rp 535.000.

Kemudian untuk kamu yang ingin lebih cepat sampai tujuan bisa menuju ke Solo dengan menggunakan pesawat. Ada berbagai macam maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Solo, seperti Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan, untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp 346.000 hingga Rp 1.246.000.

Kamu yang terbiasa dengan perjalanan darat bisa menuju Solo dengan menggunakan Bus. Beberapa jalur bus menuju Nganjuk, Madiun, Kediri hingga Surabaya melewati kota Solo. Dari Jakarta kamu bisa naik bus dari Terminal Pulo Gadung, Pasar Minggu, Grogol, Kampung Rambutan hingga Pinang Ranti.

Penginapan di Solo

Panduan-Wisata-ke-Solo
Panduan Wisata ke Solo : Kamar RedDoorz

Ada berbagai penginapan di Solo yang bisa kamu coba mulai dari hotel hingga tempat menginap ala backpacker. Nah, untuk kamu yang ingin liburan dengan menginap di tempat yang nyaman dengan harga terjangkau, RedDoorz menjadi pilihan yang tepat! Hanya dengan Rp 99.000 kamu bisa mendapatkan kamar dengan garansi fasilitas seperti kasur yang bersih, kamar mandi bersih, air mineral, televisi, wifi gratis hingga peralatan mandi. Jadi jika kamu berkunjung ke Solo jangan sampai lupa untuk menginap di RedDoorz ya!

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Solo yang bisa kamu coba. Apa kamu pernah berkunjung ke Solo sebelumnya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s