Tidak lengkap rasanya jika kita tidak membawa buah tangan untuk teman-teman dan saudara setelah bepergian. Mulai dari makanan khas, camilan, hingga barang-barang kerajinan menjadi pilihan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Seperti di Makassar sendiri ada banyak pilihan produk yang bisa kamu beli. Nah, sebagai referensi berikut RedDoorz akan bahas mengenai oleh-oleh khas Makassar yang bisa kamu beli

Makanan dan Minuman: 

Untuk makanan dan minuman berikut beberapa oleh-oleh khas Makassar yang direkomendasikan untuk kamu bawa pulang:

Kopi Toraja

oleh-oleh-khas-Makassar
oleh-oleh khas Makassar: Kopi Toraja

Bisa dibilang Kopi Toraja menjadi salah satu minuman khas Makassar yang paling terkenal untuk dijadikan buah tangan. Oleh-oleh khas Makassar ini tersedia dalam tiga pilihan jenis mulai dari robusta, arabica, dan special blend. Berbeda dengan kopi lainnya, Kopi Toraja memiliki cita rasa dan karakteristik yang khas karena ditanam di dataran tinggi. Selain itu, tidak hanya di Makassar saja, Kopi Toraja juga cukup populer di dunia internasional khususnya Jepang karena hampir 40 persen kopi yang beredar di sana merupakan Kopi Toraja.

Abon Raos

oleh-oleh-khas-Makassar
oleh-oleh khas Makassar: Abon Raos

Untuk kamu yang ingin membeli makanan untuk dijadikan oleh-oleh, abon raos menjadi salah satu pilihan tepat! Makanan yang satu ini cukup direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh karena tahan lama. Selain itu, rasanya sendiri juga cukup berbeda dengan abon lainnya karena ada rasa pedas yang memang menjadi ciri khas dari masakan khas Makassar. Abon raos akan lebih nikmat juga jika kamu menyantapnya dengan nasi hangat atau sebagai isian dari roti hangat.

Sirup DHT

Oleh-oleh-khas-Makassar
Oleh-oleh khas Makassar : Sirup DHT

Selain Kopi Toraja, Makassar juga memiliki minuman spesial yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan yaitu Sirup DHT. Jika mungkin sirup di pasaran terbuat dari buah-buahan, seperti coco pandan, jeruk atau pun strawberi, Sirup DHT memiliki ciri khas rasa pisang ambon. Bisa dibilang Sirup DHT mirip dengan sirup tjampolay yang berasal dari Cirebon.

Sirup Markisa 

Oleh-oleh-khas-Makassar
Oleh-oleh khas Makassar : Sirup Markisa

Selain sirup DHT, ada lagi minuman khas Makassar lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yaitu Sirup Markisa. Minuman yang satu ini termasuk salah satu yang sangat populer di Makassar. Rasanya yang manis dan terasa segar juga menjadikan sirup markisa menjadi minuman yang berbeda dari minuman tradisional lainnya. Selain memang rasanya yang enak, sirup markisa juga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan diantaranya, seperti menyembuhkan kanker. Jika membeli sirup markisa cobalah untuk membeli yang asli karena bahan-bahan yang digunakan tidak akan menggunakan pemanis buatan.

Kerupuk Jintan

oleh-oleh-khas-Makassar
oleh-oleh khas Makassar : kerupuk Jintan

Jika kamu ingin membeli camilan untuk dijadikan oleh-oleh, pilihlah kerupuk jintan. Meski dinamakan kerupuk, oleh-oleh khas Makassar ini memiliki rasa yang lebih mirip dengan kue kering. Dinamakan kerupuk jintan sendiri karena memang dalam adonan kerupuk tersebut terdapat jintan hitam yang membuat rasanya semakin unik.

Baruasa

Oleh-oleh-khas-Makassar
Oleh-oleh khas Makassar: baruasa

Barausa juga merupakan kue tradisional khas Makassar yang menjadi pilihan untuk kamu jadikan oleh-oleh.  oleh-oleh khas Makassar ini merupakan jajanan yang terbuat dari adonan kelapa parut yang kemudian dicampur dengan tepung beras dan telur. Di Makassar sendiri Barausa juga sering disajikan pada saat lebaran dan pernikahan.

Kue Kurma

Oleh-oleh-Khas-Makassar
Oleh-oleh Khas Makassar : Kue Kurma

Meski dinamakan kue kue kurma, camilan yang satu ini tidak menggunakan bahan dasar berupa buah kurma sama sekali. Untuk membuat oleh-oleh khas Makassar ini kamu hanya membutuhkan beberapa bahan saja , mulai dari tepung terigu, tepung maizena, mentega dan telur yang kemudian dibalut dengan karamel. Oleh-oleh khas Makassar ini pun semakin terasa manis dengan tambahan potongan kacang.

Kacang Sembunyi

oleh-oleh-khas-Makassar
oleh-oleh khas Makassar : Kacang Sembunyi

Kacang sembunyi bisa dibilang termasuk makanan kekinian di Makassar. Dinamakan kacang sembunyi sendiri karena memang kacang tanah letaknya tersembunyi dibalik balutan adonan  terigu. Memiliki bentuk mirip dengan kue molen, makanan yang satu ini memliki tekstur yang sangat renyah dan memiliki cita rasa yang gurih. Kamu bisa menemukan kacang sembunyi dibanyak tempat mulai dari pasar tradisional hingga sentra oleh-oleh di Makassar.

Selain Makanan dan Minuman: 

Sedangkan, untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh selain makanan dan minuman, beberapa produk ini bisa menjadi rekomendasi:

Minyak Tawon

oleh-oleh-khas-Makassar
oleh-oleh khas Makassar : Minyak Tawon

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh yang berbeda dari yang lainnya cobalah untuk membeli Minyak Tawon. Oleh-oleh khas Makassar ini memang produk asli Makassar sejak tahun 1912. Minyak tawon sendiri tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari yang paling kecil 30 ml hingga yang ukuran besar 330 ml. Sedangkan, untuk harganya sendiri juga beraneka ragam yaitu mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 105.000.  

Sarung Tenun

Oleh-oleh khas Makassar
Oleh-oleh khas Makassar : Sarung Tenun

Sarung tenun sendiri biasanya digunakan sebagai bagian dari baju adat orang Makassar. Inilah mengapa, kain yang satu ini juga sering dijadikan kado kepada kerabat atau pun orang yang lebih tua. Tidak hanya memiliki corak dan warna yang indah, sarung tenun juga sangat nyaman  digunakan karena bahannya tidak akan membuat kamu gerah dan panas. Kamu juga bisa memberikan sarung tenun pada momen-momen spesial seperti saat ramadhan, lebaran hingga pernikahan

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Makassar yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Makassar? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas ini lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s