Saat kamu ingin liburan ke Sumatera, Palembang menjadi kota yang harus kamu kunjungi. Di sini kamu akan menemukan banyak tempat wisata menarik mulai dari wisata alam dan tempat wisata bersejarah. Tidak hanya itu, wisata kuliner di Palembang pun sangat beragam, mulai dari pempeknya yang terkenal hingga Mie Celor bisa kamu coba di sini. Nah, sebagai referensi berikut RedDoorz akan bahas mengenai panduan wisata ke Palembang yang bisa kamu coba.

Tempat Wisata di Palembang 

Palembang memiliki banyak tempat wisata menarik mulai dari wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah, berikut RedDoorz akan memberikan beberapa referensi tempat wisata di Palembang.

1. Jembatan Ampera 

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Jembatan Ampera

Ikon dari kota Palembang ini, bisa jadi daftar tujuan wisata kamu selama liburan. Dibangun sejak tahun 1962, Jembatan Ampera menghubungkan antara Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir Sungai Musi. Sedangkan, nama Ampera sendiri merupakan kepanjangan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Selain itu, dengan tinggi 44.5 meter, Jembatan Ampera akan terangkat agar kapal-kapal bisa melewatinya. Menariknya lagi, tidak jauh dari lokasi Jembatan Ampera kamu juga bisa berkunjung ke pusat kuliner dan souvenir di sekitarnya.

2. Sungai Musi

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Sungai Musi

Jika kita berbicara tentang Jembatan Apera kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membahas Sungai Musi. Di Palembang Sendiri Sungai Musi masih banyak dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk keperluan transportasi, wisata hingga ekonomi. Dengan panjang 750 km, Sungai Musi juga ditetapkan sebagai sungai terpanjang di Sumatera. Di sekitar Sungai Musi kamu akan menemukan banyak tempat wisata menarik, seperti Kampung Arab, Banteng Kuto Besak, hingga Restoran Apung.

2. Benteng Kuto Besak

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak juga pasti akan sering kamu dengar menjadi tempat wisata di Palembang. Dulunya tempat wisata di Palembang ini menjadi saksi dari perjuangan bangsa Indonesia melawan para penjajah. Para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat berbagai macam kapal layar di Sungai Musi. Pada malam hari kamu akan menemukan banyak pedagang pasar malam yang menjual beraneka ragam kuliner khas Palembang di sini. Tempat ini pun semakin meriah dengan sering diadakannya acara-acara rakyat.

4. Bukit Siguntang

Pandauan-Wisata-Ke-Palembang
Pandauan Wisata Ke Palembang : Bukit Siguntang

Bukit yang satu ini memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan laut dan berlokasi sekitar 3 km dari Sungai Musi Utara. Pada Masa Kerajaan Sriwijaya dulu, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat ibadah bagi umat Budha di Palembang. Tidak jarang karena suasananya yang hening, tempat wisata di Palembang ini sering digunakan sebagai tempat bertapa. Selain itu, hingga sekarang, Bukit Siguntang juga masih dianggap sakral oleh warga sekitar.

Kuliner di Palembang

Tidak hanya tempat wisata di Palembang saja yang menarik untuk kamu kunjungi. Kuliner di sini juga sangat beraneka ragam. Sebagai referensi berikut beberapa kuliner pilihan yang bisa kamu coba:

1. Pempek

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Pempek

Siapa yang tidak tahu Pempek? Kuliner khas Palembang ini menjadi makanan wajib yang harus kamu coba saat ke Palembang! Ada dua cara untuk menyantap Pempek, yang pertama yaitu dengan disiram langsung dan satu lagi dicelupkan dengan kuah. Di Palembang sendiri ada banyak penjual pempek dan salah satu yang paling terkenal adalah Pempek Candy.

2. Laksan

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Laksan

Sajian yang satu ini merupakan pempek lenjer yang disiram dengan kuah kental dan pedas. Jika kamu lihat sekilas, laksan mungkin mirip dengan lontong sayur karena kuahnya yang berwarna merah dan bersantan. Sedangkan, untuk adonannya sendiri laksan terbuat dari bahan baku sagu dan ikan. Inilah mengapa rasanya akan mirip dengan pempek. Pasti kamu bisa membayangkan rasanya yang sangat sedap dan gurih dengan perpaduan pempek yang gurih dan kuah santannya.

3. Burgo

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Burgo

Di Palembang juga ada olahan makanan yang serupa dengan laksan yaitu burgo. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar santan. Jika mungkin adonannya sama dan menggunakan kuah sebagai santan, burgo dan laksan disajikan dengan cara yang berbeda. Burgo sendiri dibuat menjadi bentuk mie gulung dan disajikan dengan lontong. Sedangkan laksan bentuknya mirip dengan pempek lenjer.

4. Mi Celor

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Mie Celor

Kamu yang ingin mencoba kuliner berupa mie, bisa mencicipi Mi Celor. Kuliner khas Palembang satu ini merupakan mie yang dicampurkan dengan kuah santan yang kemudian dicampur dengan udang ebi. Kuliner ini semakin terasa sedap dengan tambahan potongan pelur dan taburan bawang goreng dan daun bawang. Tidak seperti Mie kebanyakan, mie celor memiliki tekstur mirip dengan udon.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Palembang

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : waktu terbaik

Agar liburan kamu semakin menyenangkan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, terutama waktu-waktu untuk berkunjung ke sana. Jika kamu ingin melihat pemandangan dan terhindar dari hujan, sebaiknya berkunjunglah ke Palembang pada bulan Juli dan Agustus. karena pada bulan November hingga April, curah hujan di Palembang akan sangat tinggi. Selain itu, secara umum, Palembang memiliki iklim hutan hujan tropis. Hal tersebut mengakibatkan tingkat kelembaban di sini sangat tinggi dengan suhu rata berkisar 23 derajat celcius hingga 31 derajat celcius. 

Selain kondisi cuaca, ada acara-acara seru yang bisa kamu saksikan juga pada bulan-bulan tertentu di Palembang. Misalnya saja pada bulan Juni kamu bisa menyaksikan Festival Sriwijaya di Taman Arkeologi Sriwijaya. Kemudian, pada bulan Agustus akan ada perlombaan Bidar Tahunan yaitu lomba dayung yang berlangsung di Sungai Musi.

Cara Menuju ke Palembang

Cara-menuju-ke-Palembang
Cara menuju ke Palembang : naik pesawat

Ada beberapa transportasi yang bisa kamu coba untuk menuju Palembang, mulai dari Pesawat Terbang hingga Kapal Laut. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng ada 3 maskapai yang melayani rute Jakarta – Palembang yaitu Lion Air, Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Sedangkan, untuk harga tiketnya sendiri berkisar dari Rp 378.000 hingga Rp 1.164.000 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Kemudian untuk kamu yang ingin ke Palembang dengan menggunakan kapal laut, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Merak Banten untuk menuju ke Bakauheni Lampung. Untuk biayanya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 13.000 per orang untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak.

Penginapan Di Palembang

Panduan-Wisata-ke-Palembang
Panduan Wisata ke Palembang : Penginapan di Palembang

Salah satu penginapan yang nyaman dan menawarkan harga terjangkau di Palembang adalah RedDoorz! Mulai dari Rp 99.000 kamu bisa menikmati penginapan setara dengan hotel bintang 3. Tidak hanya itu, RedDoorz juga hadir dengan garansi servis berupa linen yang bersih, kamar mandi bersih, televisi, air mineral, wifi gratis, hingga peralatan mandi. Jadi tunggu apa lagi, kalau kamu berkunjung ke Palembang, menginap di RedDoorz aja!

Itulah informasi mengenai panduan wisata ke Palembang yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri pernah berkunjung ke mana saat ke Palembang? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas ini lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s