Mungkin saat kamu ke Cirebon salah satu hal yang paling dikenal adalah keraton dan wisata alam nya. Tapi, tahukah kamu kalau ada banyak tempat makan enak di Cirebon yang harus kamu coba. Sebut saja beberapa sajian tradisional seperti empal gentong, hingg nasi jamblang tersedia di penjuru kota. Nah, untuk referensi berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata kuliner di Cirebon yang bisa kamu coba.

Empal Gentong Krucuk

Wisata-kuliner-di-Cirebon
Wisata kuliner di Cirebon : Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong yang cukup dikenal di Cirebon adalah Empal Gentong Krucuk. Rumah makan ini sangat ramai bahkan hingga buka sampai dua cabang. Banyak yang mengatakan kalau empal gentongini terasa sangat gurih ditambah lagi dengan jeroannya yang empuk. Jika kamu merasa satu porsi Empal Gentong  Krucuk kurang mengenyangkan, kamu bisa menambahkan lontong. Untuk satu porsinya, Empal Gentong Krucuk dijual dengan harga  Rp 17.000 dan tambahan Rp 3.000 untuk lontongnya.

Alamat: Jl. Ir H. Juanda No.24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Nasi Jamblang Ibu Nur

Wisata-kuliner-di-Cirebon
Wisata kuliner di Cirebon : Nasi Jamblang Ibu Nur

Selain empal gentong ada lagi kuliner lainnya yang tidak kalah lezat yaitu Nasi Jamblang Ibu Nur. Sajian nasi jamblang sendiri merupakan makanan yang terdiri dari berbagai macam lauk seperti otak sapi goreng, sate kentang, semur tahu, pepes telur asin, cumi hitam yang dibungkus dengan nasi dibungkus daun jati. Berbeda dengan lainnya, nasi jamblang memiliki aroma harum yang khas karena dibuat dari rempah-rempah. Satu porsi nasi jamblang dijual dengan harga Rp 30.000 saja. Nasi Jamblang Ibu Nur sendiri buka dari pukul 07.00 hingga 19.00.

Alamat: Jl. Cangkring II no. 45, Cirebon.

Mie Koclok Jatimerta

wisata-kuliner-di-Cirebon
Wisata kuliner di Cirebon : mie koclok jatimera

Berikutnya, ada Mie Koclok Jatimerta yang harus kamu coba saat berkunjung ke Cirebon. Salah satu retoran yang menyajikan Mie Koclok lezat adalah Mie Koclok Jatimerta. Sajian ini memang mirip dengan mie kocok yang ada di Bandung. Tetapi, yang membedakan keduanya adalah mie koclok disajikan dengan kuah santan yang mirip dengan kari. Sedangkan, untuk isiannya sendiri terdiri dari telur, ayam suwir, tauge dan tambahan lainnya. Datanglah ke kedai Mie Koclok Jatimerta dari pukul 12.00 hingga 22.00. Sedangkan, untuk satu porsinya, Mie Koclok dijual dengan harga Rp 13.00 saja.

Alamat: Jln. RA. Kartini, Cirebon.

Tongseng Battembat Pipit

wisata-kuliner-di-Cirebon
Wisata kuliner di Cirebon : Tongseng Battembat Pipit

Selanjutnya ada Tongseng Battembat Pipit yang cukup dikenal di Cirebon. Menu andalan wisata kuliner di Cirebon ini adalah Tongseng Daging Sapinya. Ada dua cabang Tongseng Battembat Pipit. Cabang pertama hanya menjual tongseng pada malam hari saja. Jadi, jika kamu ingin makan di siang hari datanglah ke Rumah Makan Pipit yang buka dari pagi. Untuk menikmati wisata kuliner di Cirebon ini kamu bisa memilih beberapa porsi mulai dari satu porsi, seperempat kilogram hingga satu kilogram. Tidak hanya tongseng daging, menu lainnya yang tidak kalah lezat adalah Balungga yaitu tongseng yang terbuat dari iga sapi.

Alamat: Jl. Ir H. Juanda No.9, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Nasi Lengko Haji Barno

wisata-kuliner-di-cirebon
Wisata kuliner di cirebon : nasi lengko

Nasi Lengko juga harus masuk ke dalam wisata kuliner di Cirebon yang harus kamu cicipi selama liburan di Cirebon. Di Cirebon sendiri nasi lengko yang terkenal adalah Nasi Lengko Haji Barno. Sajian tersebut merupakan salah satu makanan khas masyarakat pantai utara seperti Cirebon, Indramayu dan sekitarnya. Nasi Lengko sendiri terdiri dari nasi putih dengan tambahan potongan tempe goreng, tahu goreng, tauge, irisan kucai, toge rebus dan timun. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang dan tambahan kecap manis. Satu porsi nasi lengko haji barno dijual dengan harga Rp 13.000 per porsinya. Kamu bisa datang langsung ke kedainya dari pukul 08.00 hingga 22.00.

Alamat: Jalan Pagongan No.15B, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sate Ayam Mang Kersa

wisata-kuliner-di-Cirebon
Wisata kuliner di Cirebon : sate mang karsa

Untuk kamu yang ingin mencoba Sate ayam khas Cirebon bisa mencicipi Sate Ayam Mang Kersa. Sate ayam ini sangat terasa lembut dan terdiri dari banyak daging. Tidak hanya enak saja, Sate Ayam Mang kersa juga sangat murah yaitu dibawah Rp 15.000. Jika satu porsi sate ayam kamu kurang mengenyangkan, kamu bisa tambah dengan satu porsi nasi putih. Kamu bisa datang ke Sate Ayam Mang Kersa yang buka dari pukul 17.00 hingga 22.30.

Alamat: Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata kuliner di Cirebon yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka kuliner yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.