Euphoria Asian Games memang sedang dalam puncak-puncaknya. Setelah pembukaannya kemarin yang cukup spektakuler dan menyedot banyak perhatian kini saatnya kita mendukung para atlet yang  bertanding di kejuaraan. Masih dalam kesemarakan yang sama, perhelatan Asian Games juga mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia. Kementrian Pariwisata dan Kementrian Pemuda dan olah raga pun menjadikan beberapa tempat wisata di Indonesia sebagai ikon dalam Asian Games. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas satu per satu apa saja tempat wisata tersebut.

Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Destinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Destinasi Wisata Ikon Asian Games: Gunung Rinjani

Sebelum terjadi deretan bencana alam  gempa bumi seperti sekarang, Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Di Lombok sendiri kamu bisa menemukan banyak tempat wisata mulai dari pantai hingga Gunung Rinjani yang sekarang menjadi ikon wisata yang mewakili di Asian Games. Gunung yang memiliki tinggi sekitar 3700 meter di atas permukaan laut tersebut merupakan salah satu gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani sendiri juga menjadi tempat pendakian favorit bagi para pencita alam dan para pendaki yang traveling ke Lombok. Biasanya, tempat wisata ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada bulan Juli dan Agustus.

Selain keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Rinjani, keaneka ragaman flora dan fauna yang ada juga menjadi daya tarik sendiri. Saat mendaki Gunung Rinjani nantinya kamu  akan menemukan flora dan fauna yang beraneka ragam pada setiap ketinggian 1000 meter, mulai dari cemara gunung, berbagai jenis burung, rusa, landak, hingga bunga edelweis. Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Padar persiapkanlah diri dengan membawa jaket tebal karena suhu rata-rata di sini bisa mencapai 20 derajat Celsius bahkan hingga 10 derajat celcius.

Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Dastinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Dastinasi Wisata Ikon Asian Games : Candi Borobudur

Tidak mungkin jika melewatkan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata yang ikonik di Indonesia. Candi terbesar di dunia ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1991. Dengan luas sekitar 123 x 123 meter persegi, Candi Borobudur sendiri terbagi menjadi 10 tingkat. Di setiap tingkat terdapat stupa dan arca yang jumlahnya mencapai ratusan. Menariknya lagi, Candi Borobudur dibangun tanpa perekat seperti halnya semen sama sekali, melainkan hanya ditumpuk saja. Para wisatawan bisa berkunjung ke Candi Borodubur mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00. Sedangkan, untuk harga tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak.

Tanah Toraja, Sulawesi Selatan

Destinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Destinasi Wisata Ikon Asian Games : Tanah Toraja

Sulawesi bisa berbangga karena memiliki Tanah Toraja sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat ikonik. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, Tana Toraja sendiri menjadi tempat konservasi bagi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terjaga kelestariannya hingga sekarang. Salah satu situs wisata yang terkenal di Tana Toraja sendiri adalah pemakaman tradisional masyarakatnya. Tidak seperti pamakaman pada umumnya, pemakaman di Tana Toraja sendiri dibangun ditebing-tebing bukit batu. Selain itu, berbagai macam upacara adat juga menambah kesemarakan dan keindahan Tana Toraja.

Pantai Gigi Hiu, Kelumbayan Lampung

Destinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Destinasi Wisata Ikon Asian Games : Pantai Gigi Hiu

Dinamakan Pantai Gigi Hiu bukan berarti perairan di sini terdapat banyak ikan hiu. Penamaan tersebut tercipta dari banyaknya karang-karang di sekitar pantai yang bentuknya mirip dengan gigi-gigi hiu. Pemandangan di sini semakin terlihat spektakuler saat deburan ombak yang menghantam karang-karang. Inilah mengapa banyak sekali wisatawan yang menjadikan Pantai Gigi Hiu sebagai lokasi pemotretan. Untuk mendapatkan momen terbaik, kamu bisa berkunjung ke destinasi wisata ikonik Asian Games ini pada pagi dan malam hari untuk melihat sunrise dan sunset. Untuk sampai ke Pantai Gigi Hiu ,kamu bisa melakukan perjalanan sekitar empat jam dari pusat kota Bandar Lampung untuk menuju Teluk Kilauan.

Pura Ulun Danu Beratan, Bedugul, Bali

Destinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Destinasi Wisata Ikon Asian Games : Pura Ulun Danu Beratan

Bali memang terkenal dengan wisata Pura yang megah. Dari semua yang ada, Pura Ulun Danu Beratan menjadi tempat wisata di Bali yang sangat ikonik dan masuk ke dalam destinasi wisata Asian Games. Lokasi dari Pura Ulu Danu Beratan memang cukup spesial karena berada di dataran tinggi Bedugul yaitu 1239 meter di atas permukaan laut. Inilah mengapa kamu akan menemukan cuaca  di Pura Ulun Danu sangat sejuk. Selain itu, pemandangan di Pura Ulun Danu Beratan juga sangat indah karena lanskapnya yang berada di dataran tinggi. Menariknya, dalam kompek Pura Ulun Danu kamu tidak hanya akan menemukan pura saja tetapi juga tempat ibadah lainnya seperti masji. Masuk ke dalam kompleks pura kamu akan menemukan beberapa menara yang memiliki beberapa tingkatan seperti 11, 7, hingga 3. Cantiknya lagi karena berada di tepi danau yang agak randah, Pura Ulun Danu sering tergenang air karena danau yang meluap.

Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, NTT

Destinasi-Wisata-Ikon-Asian-Games
Destinasi Wisata Ikon Asian Games : Pulau Padar

Jika kamu berkunjung ke Taman Nasional Komodo, NTT pasti kamu akan menyambangi salah satu pulau terbesarnya yaitu Pulau Padar. Masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Padar juga masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Tidak seperti pulau-pulau lain, di Pulau Padar kamu tidak akan menemukan komodo karena rantai makanannya telah terputus. Selain itu, saat ke Pulau Padar para wisatawan juga bisa berkunjung ke Pantai Pink. Di sana kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik mulai dari berenang, snorkeling, hingga sekedar bermain air. Lebih dari itu, selama di sini kamu pun bisa trekking ke bukit tertinggi dan melihat panorama perbukitan dan pantai dari atas.

Itulah beberapa informasi mengenai destinasi wisata ikon Asian games yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah berkunjung ke mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s