Bandung yang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat bisa dikatakan destinasi wisata terpopuler di Indonesia seperti halya Bali. Dikenal sebagai Kota Kembang, Bandung memadukan suasana kota yang dinamis dengan pemandangan indah khas daerah pegunungan. Meskipun menawarkan banyak wisata alam yang menakjubkan, Bandung lebih dikenal sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner, terutama bagi warga Jakarta yang senang ke Bandung saat akhir pekan.

Terdapat banyak factory outlet atau toko-toko baju yang menawarkan produk berkualitas dengan harga lebih bersahabar. Sementara, untuk pilihan kuliner, semakin banyak kafe dan restoran modern yang berlomba-lomba menawarkan suasana dan tema unik untuk enarik perhatian pelanggan. Restotan dan kafe Bandung ini biasanya berlokasi di area Ciumbuleuit, Setiabudi atau Dago Pakar yang memungkinkan pengunjungnya menikmati panorama kota Bandung dari atas bukit. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Bandung, yuk simak ulasan lengkapnya!

Masyarakat di Bandung

wisata bandung 1

Masyarakat Bandung umumnya dikenal ramah dengan gaya bicara yang sopan. Murah senyum dan sikap menghormati kepada orang yang lebih tua menjadi karakteristik masyarakat Bandung yang masih sangat mengedepankan adat ketimuran dalam bertingkah laku. Mayortas warga Bandung berasal dari etnis Sunda yang halus. Tapi, saat ini mereka lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan formal.

Budaya di Bandung

wisata bandung 2

Budaya tradisional Jawa Barat masih bisa kamu temukan di Bandung, meskipun semakin tenggelam oleh budaya populer. Tari jaipongan adalah tarian utama khas Sunda yang paling dikenal. Biasanya, tarian ini bisa kamu nikmati pada acara hiburan atau pesta pernikahan. Bandung juga terkenal sebagai gudangnya musisi, terutama music modern seperti pop atau rock. Tapi, bukan berarti Bandung tidak punya musik tradisional. Lagu-lagu Sunda punya nada dan alunan yang khas dan tidak semua bisa melakukannya. Alat music khas Sunda yang terkenal adalah angklung dan calung. Kamu bisa belajar alat musik tradisional ini di beberapa tempat di Bandung seperti Saung Angklung Udjo.

Destinasi dan Aktivitas Populer di Bandung

wisata bandung 4

Sejak akhir tahun ‘90-an, Bandung mulai populer sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner. Ini berkat menjamurnya toko-toko pakaian dengan harga yang lebih bersahabat ketimbang di ibukota. Demikian halnya dengan pilihan kuliner yang semakin beragam, mulai dari kuliner tradisional, modern hingga fusion yang dengan kreatif menggabungkan makanan tradisional dengan makanan internasional.

Jalan Riau dan Jalan Dago adalah destinasi favorit sebagai besar wisatawan saat mengunjungi Bandung. Di sini, kamu bisa belanja sepuasnya di berbagai factory outlet dan butik pakaian yang sering menawarkan harga lebih murah dibandingkan di Jakarta. Tapi, kalau tujuan kamu adalah berwisata kuliner, kamu bisa mengunjungi kawasan Dago Pakar yang sejuk. Di sini, kamu bakal menemukan deretan kafe dan restoran modern dengan pemandangan kota Bandung yang spekrakuler. Sementara, beberapa atraksi wisata alam yang populer adalah Kawah Putih di Ciwidey atau Air Terjun Maribaya yang berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda, tidak jauh dari kawasan Dago.

Event dan Festival di Bandung

Ribuan peserta mengikuti Karnaval Asia Afrika di jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat,

Bandung punya sejumlah event dan festival yang kerap digelar setiap tahun dan menarik perhatian wisatawan. Dua festival yang terbilang populer adalah Festival Bandung Lautan Api untuk memperingati peristiwa perbumihangusan Bandung serta peringatan konferensi Asia Afrika. Selain festival yang memiliki nilai sejarah, Bandung juga memiliki festival lain yang bersifat hibudan dan lebih modern, misalnya Bandung Clothing Expo atau Braga Festival.

Kuliner di Bandung

wisata bandung 6

Seiring perkembangan pariwisatanya, pilihan kuliner di Bandung juga semakin beragam. Bukan hanya menawarkan masakan-masakan lezat, restoran dan kafe di Bandung juga menawarkan konsep tempat makan yang unik hingga memperkaya pengalaman para pelanggannya. Contohnya adalah restoran dan kafe di Dago Pakar yang menawarkan sensasi bersantap sambil menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Selain Dago Pakar, kawasan Lembang juga semakin populer di kalangan foodie karena kemunculan sejumlah tempat makan unik. Salah satu contohnya adalah Floating Market Lembang di mana kamu bisa mencicipi bernagai hidangan yang dijajakan di atas perahu layaknya Pasar Terapung Muara Kuin atau Pasar Terapung Barito di Kalimantan.

Transportasi di Bandung

wisata bandung 7

Transportasi umum di Bandung terbilang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan angkutan kota atau angkot yang punya banyak trayek atau rute. Kalau kamu ingin merasakan transportasi yang lebih nyaman, Bandung juga banyak pilihan taksi. Selain itu, beberapa tahun terakhir untuk kamu yang mau mencari alternatif transportasi, bisa mencoba naik Bandung Tour on Bus atau Bandros dengan harga Rp 20.000 sekali jalan.

Hotel di Bandung

wisata bandung 8

Gyuna mengakomodasi ribuan wisatawan yang memadati kota Bandung setiap tahunnya, di Bandung terdapat banyak sekali pilihan hotel, mulai dari hotel murah untuk backpacker hingga hotel bintang 5 yang menyediakan fasilitas mewah. Salah satu yang direkomendasikan adalah menginap di RedDoorz. Kamu memiliki lebih dari 30 properti yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Harga dimulai dari Rp 99.000 saja loh! Untuk fasilitas jangan khawatir karena ada 6 fasil yang RedDoorz pasti punya; Linen yang bersih, Air mineral, TV, WiFi gratis, Kamar mandi bersih dan Peralatan mandi.

Pertama Kali ke Bandung?

wisata bandung 9

Cari tahu hal-hal dasar yang penting diketahui untuk wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke Bandung. Mulai dari peraturan dan norma-norma masyarakat hingga tujuan wisata wajib yang harus dikunjungi selama berlibur.

  • Liburan Murah di Bandung

Meskipun termasuk kota besar dan tempat liburan populer di Indonesia, Bandung sangat ‘ramah’ kepada wisatawan backpacker. Kamu bisa liburan murah dengan mencari tahu hotel-hptel atau tempat wisata yang tepat. Pilihan kuliner di Bandung juga beragam, bukan hanya restoran atau kafe penuh gaya, tapi juga bisa menemukan warung makan tradisional yang menawarkan citarasa tak terlupakan.

  • Liburan Keluarga di Bandung

Bandung adalah tujua wisata keluarga favorit di Indonesia. Selain menawarkan pilihan belanja dan kuliner asyik, Bandung juga punya banyak tempat wisata anak di mana si kecil bisa bermain sambil belajar. Ada taman hiburan indoor Trans Studio Bandung yang menawarkan aneka wahana permainan seru, Kampung Gajah Wonderland dengan ragam kegiatan outbond yang seru atau Rumah Stroberi yang memungkinkan anak memetik buah stroberi langsung dari kebunnya.

Si kecil juga bisa belajar sejarah dan ilmu pengetahuan dengan mengunjungi berbagai museum yang ada di Bandung, sebut saja Museum Geologi dan Museum Konferensi Asia Afrika. Berkendara lebih jauh ke Lembang, kamu bisa mendatangi Observatorium Bosscha yang bakal mengajak si kecil belajar tentang astronomi di tengah suasana yang asri dan santai.

  • Liburan Romantis di Bandung

Udara sejuk dan pemandangan hamparan perbukitan yang hijau menjadi salah satu alasan Bandung termasuk destinasi bulan madu ataupun lokasi foto pre-wedding favorit. Taman Hutan Raya Juanda termasuk salah satu lokasi favorit untuk liburan romantis di Bandung. Coba deh bayangkan kamu dan pasangan menyusuri hutan asri ini dengan latar belakang kicauan burung dan suara gemericik air terjun yang terdapat di lokasi ini.

Selain itu, pilihan restoran dan kafe di kawasan perbukitan yang menawarkan pemandangan kota juga memperkuat posisi Bandung sebagai destinasi romantis di kalangan wisatawan. Mulai dari hidangan tradisional, fine dining atau sekedar ngopi, kamu bisa menikmatinya sambil memandangi panorama kota Bandung yang mempesona dari atas bukit.

  • Liburan Petualangan di Bandung

Siapa bilang di Bandung kamu nggak bisa bertualang? Walaupun udah padat dengan restoran, hotel, kafe dan factory outlet, kamu bisa kok merasakan liburan petualangan selama di Bandung. Kamu cukup berkendara ke arah Lembang dan pilih satu dari sekian banyak tempat-tempat outbond yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan untuk kamu bersama keluarga atau teman.

Tempat-tempat outbond di Lembang menawarkan sejumlah atraksi yang mirip seperti flying fox, motor ATV, wall climbing dan sebagainya. Tapi, kamu juga bisa menemukan atraksi berbeda di tempat-tempat tertentu, seperti berkuda di Wisata Kuda Paku Haji Bandung Barat atau di De Ranch Lembang. Beberapa outbond juga menawarkan aktivitas rafting lho!

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara panduan ke Bandung. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s