Liburan akhir tahun memang masih beberapa bulan lagi, tapi tentu banyak dari RedTraveler yang sudah terfikir untuk mengambil cuti. Jika kamu berencana menghabiskan penghujung tahun dengan berlibur ke salah satu Negara di Asia, Vietnam dapat dijadikan pilihan liburan yang seru. Selain dikenal dengan ragam pilihan destinasi yang menarik, biaya berlibur ke Vietnam tidak akan membuat kamu bangkrut karena biaya hidup di sana terbilang murah. Nah, untuk itu RedDoorz akan mengulas panduan wisata ke Vietnam, yuk simak selengkapnya!

Kota yang Harus Dikunjungi

Dari delapan wilayah regional di Vietnam, setidaknya ada empat kota yang kerap menjadi destinasi wisatawan dari beragam penjuru dunia. Keempat kota ini hadir dengan karakter berbeda dan masing-masing memiliki pesona yang akan membuat kamu jatuh cinta.

  • Ho Chi Minh City

panduan wisata vietnam 1

Sebagai salah satu kota yang ada di Vietnam, Ho Chi Minh City menawarkan suasana riuh di tengah jajaran bangunan bergaya Eropa yang menyebar di beragam titik. Selagi berada di sini, kamu pasti terkejut melihat jumlah sepeda motor yang memadati jalan dan kerap dikemudikan dengan cara ekstrem hingga membuat aktivitas menyeberang menjadi suatu hal yang cukup sulit dilakukan.

Untuk penggemar seajarah, pastikan kamu mengunjungi Củ Chi Tunnels dan War Remnants Museum. Bagi penyuka bangunan klasik, silakan mampir ke Saigon Notre-Dame Basilica dan Saigon Central Post Office yang berdiri sejak abad delapan  belas. Ingin berbelanja? Ben Thanh Market yang buka sepanjang haru merupakan tempat yang ideal. Jika ingin mendapatkan suasana lebih meriah, kamu bisa datang pada malam hari.

  • Nha Trang

panduan wisata vietnam 2

Sejak lama Nha Trang dikenal sebagai kota pantai paling populer di Vietnam. Pesisir yang membentang sepanjang 17 km dengan pasir putihnya yang cantik dan alam bawah lautnya yang indah membuat Nha Trang Beach tidak pernah gagal memikat hati wisatawan. Ingin sesuatu yang lebih seru? Kamu bisa bermain air sepuasnya sembari memacu adrenalin di Ba Ho Waterfalls Cliff Jumping. Tak cukup sampai di situ, menyeberang ke Pulau Hòn Tre dengan menaiki Vinpearl Cable Car sepanjang 3.320 meter dan bersenang-senang seharian di Vinpearl Amusement Park pasti akan membuat hari kamu semakin seru.

Bagi penyuka wisata keagamaan, Po Nagar, Long Sơn Pagoda, dan Nhà thờ Chánh tòa Kitô Vua menjadi tiga destinasi terkenal yang wajib masuk itinerary. Sementara itu, pecinta museum dan penggemar kehidupan laut dapat mengunjungi National Oceanographic Museum of Vietnam yang menyimpan lebih dari 60.000 koleksi satwa termasuk fosil ikan paus raksasa yang akan membuat kamu terperangah.

Huế

panduan wisata vietnam 3

Di masa lalu, Huế menjadi ibu kota kekaisaran Dinasti Nguyen sehingga tidak heran apabila kota ini menjadi kota bersejarah di Vietnam. Peninggalan dinasti tersohor itu dapat dilihat di Imperial City, bangunan luas yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Sekolas, Imperial City di Huế akan mengingatkan kamu dengan Forbidden City di China. Pastikan kamu juga mencantumkan Tomb of Tự Đức , Minh Mang Tomb, dan Tomb of Khải Định dalam destinasi yang akan dikunjungi. Dong Ba Market menjadi pasar terbesar dan terpopuler di Huế

yang tepat dijadikan tempat mencari buah tangan. Jika ingin bersantai sejenak, suasana tenag di sekitar Thiên Mụ Pagoda yang berhadapan dengan Sungai Pefume akan membuat kamu merasa rileks.

Hanoi

panduan wisata vietnam 4

Kombinasi peninggalan masa lampau dan bangunan bernuansa modern sangat terasa di ibu kota Vietnam ini. Sesampainy di Hanoi, awali hari kamu dengan menghirup udara sejuk di Hoàn Kiếm Lake. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Temple of the Jade Mountain, Hanoi Opera House, dan St. Joseph’s Cathedral yang lokasinya berdekatan. Kunjungi ke Old Quarter, kawasan niaga bergaya klasik yang memungkinkan kamu berbelanja, bersantap dan melihat kehidupan warga lokal, patut menduduki posisi teratas di itinerary kamu.

Jika berkunjung ke museum menjadi agenda wajib kamu selagi berwisata, National Museum of Vietanamese Histoy, Vietnam Museum of Ethnology, Ho Chi Minh Mausoleum dan Hỏa Lò Prison Museum menjadi empat museum yang pantang dilewatkan. Ingin melihat cantikknya Hanoi dari lantai 65? Silakan singgah di Lotte Tower Observation Deck. Lengkapi kunjungan kamu ke Hanoi dengan menonton water puppet show di Thang Long Water Puppet Theatre.

Kegiatan Menarik yang Wajib Dilakukan

panduan wisata vietnam 5

Selain menghabiskan waktu di empat kota yang tercantum di atas, inilah daftar aktivitas seru yang dapat kamu lakukan selagi berwisata di Vietnam:

  • Menikmati keindahan alam di Ha Long Bay
  • Bertualang di Phong Nha-Ke Bang National Park lalu masuk ke gua Hang Sơn Đoòng
  • Bermain pasir di RedSand Dunes dan White Sand Dunes
  • Mengunjungi desa nelayan di Hoi An
  • Bulan Madu di Dalat yang disebut-sebut sebagai kota paling romantis di Vietnam
  • Menyepi di Pulau Côn Đảo

Kuliner yang Wajib Dicoba

panduan wisata vietnam 6

Vietnam merupakan surga makanan dan minuman enak dengan harga terjangkau. Untuk makanan, setidaknya ada sepuluh makanan khas Vietnam yang menarik untuk kamu santao:

  • Pho, mie beras berkuah kaldu dilengkapi daging
  • Bun Cha, campuran mie beras, babi panggang, daun rempah dan saus ikan
  • Xoi, beras ketan dengan tambahan buncis, kacang, jagung, telur dan daging gulung
  • Banh Xeo, crepe ala Vietnam berisi daging ayam/babi/udang dan sayuran
  • Gỏi Cuốn, lumpia basah berisi daging babi/udang, sayur rempah dan bihun
  • Cao Lầu, mi daging babi dan sayuran segar
  • Bánh Mì, roti berisi daging dan sayuran yang dipengaruhi budaya Prancis
  • Bot Chien, snack potongan adonan tepung beras digoreng, dicampur telur dan sayuran
  • Chạo Tôm, sate udang panggang
  • Bánh Cuốn, lumpia basah isi daging sapo/ayam/udang dibungkus kulit lumpia dari tepung beras yang lebih tebal

Itulah tadi informasi singkat mengenai panduan wisata Vietnam. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s