Liburan memang kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Begitu juga saat kamu bepergian ke Medan. Di kota yang terkenal dengan duriannya ini kamu bisa menemukan banyak sekali oleh-oleh mulai dari makanan hingga minuman. Harga nya pun juga termasuk terjangkau. Nah, untuk kamu yang bingung mau beli apa untuk oleh-oleh berikut beberapa rekomenasi dari RedDoorz.

Bolu Meranti

Oleh-oleh-khas-Medan
Oleh-oleh khas Medan : Bolu Meranti

Bolu Meranti mungkin menjadi salah satu makanan paling populer untuk dijadikan oleh-oleh saat kamu pergi ke Medan. Bolu satu ini memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang legit. Rasa tersebut diperoleh dari penggunaan butter yang cukup banyak. Ada berbagai macam varian rasa Bolu Meranti, diantaranya nanas, blueberry, mocca, strawberry, hingga keju. Sebenarnya, saat ke toko Bolu Meranti, kamu tidak hanya akan menemukan kuliner seperti bolu saja, tetapi juga jajanan lainnya, seperti brownies, lapis legit, hingga kue sus.  Untuk satu loyang Bolu Meranti dijual dengan harga sekitar Rp 45.000 hingga Rp 75.000.

Pancake Durian

Oleh-oleh-khas-Durian
Oleh-oleh khas Durian : Pancake Durian

Medan memang tidak bisa lepas dari buah durian. Kalau kamu suka dengan kuliner satu ini, jangan lupa juga untuk membeli juga pancake durian. Rasanya yang manis dan dagingnya yang banyak menjadikan oleh-oleh khas Medan ini banyak digemari para pencinta dessert. Biasanya, satu kotak kecil pancake durian dibandrol dengan harga Rp 75.000. Sedangkan, untuk satu kotak besar berisi 10 buah pancake dijual dengan harga Rp 80.000. Namun, karena dibuat dari bahan-bahan alami, pancake durian hanya bisa bertahan sekitar 10 jam saja diluar kulkas dan bisa awet hingga 7 hari di kulkas.

Bika Ambon Zulaikha

Oleh-oleh-khas-Medan
Oleh-oleh khas Medan : Bika Ambon Zulaikha

Selain Bolu Meranti, ada kuliner lainnya yang tidak kalah lezat dan bisa kamu jadikan oleh-oleh yaitu Bika Ambon Zulaikha. Kue satu ini termasuk unik karena teksturnya berserat dan rasanya legit. Di Medan sendiri tidak sulit untuk menemukan toko yang menjual bika ambon. Salah satu bika ambon yang cukup terkenal di sana adalah Bika Ambon Zulaikha. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba dari Bika Ambon Zulaikha  diantaranya, seperti keju, moka, pandan, pandan keju dan rasa original. Untuk satu loyangnya bika ambon Zulaikha dijual dengan harga Rp 35.000. Kamu bisa menyimpan Bikan Ambon ini diluar ruangan hingga sekitar empat hari.

Teri Medan

IMG_0275

Jika sebelumnya ada banyak makanan seperti kudapan manis, Teri Medan cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk lauk makanan. Oleh-oleh khas Medan ini merupakan ikan teri yang digoreng dengan sambal dan campuran kacang tanah. Teri Medan akan semakin nikmat jika kamu menyantapnya dengan menggunakan nasi putih dan lauk pauk lainnya. Kamu bisa menemukan teri medan dalam bentuk siap saji. Tetapi, jika kamu ingin lebih awet bisa membeli kemasan mentahnya yang dijual per kemasannya dengan harga Rp 70.000 per kg. Kamu bisa menemukan banyak penjual teri medan di Jalan Majapahit.

Sirup Buah Markisa

Oleh-Oleh-khas-Medan
Oleh-Oleh khas Medan : Sirup Khas Medan

Tidak hanya makanan saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Medan. Sirup Medan juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu beli. Minuman satu ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena mengandung vitamin C yang baik untuk antioksidan. Di Medan sendiri Markisa tumbuh di kawasan Dataran Tinggi Karo, Berastagi. Inilah mengapa Markisa menjadi buah unggulan selain durian tentunya yang dihasilkan di Medan. Ada banyak merek sirup markisa di Medan, tetapi diantaranya yang paling populer adalah merek Sarang Tawon dan Sirup Markisa Pohon Pinang.

Kacang Sihobuk

 

Oleh-oleh-khas-Medan
Oleh-oleh khas Medan : Kacang Sihobuk

Kudapan kacang Sihobuk juga cukup dikenal sebagai oleh-oleh khas Medan. Kacang Sihobuk sendiri memiliki rasa yang cukup gurih karena melalui proses panjang mulai dari direndam selama tiga hari, dijemur dan digoreng dengan pasir.  Ada alasan mengapa proses penggorengan Kacang Sihobuk menggunakan pasir dibandingkan dengan minyak yaitu agar kacangnnya sendiri tidak kehilangan cita rasanya. Kamu bisa menemukan kacang sihobuk diberbagai macam toko oleh-oleh yang ada di Medan.

 Jambu Taiwan

Oleh-oleh-khas-Medan
Oleh-oleh khas Medan : Jambu Taiwan

Banyak buah-buahan yang diolah menjadi kudapan di Medan selain Durian dan Markisa diantaranya Jambu. Meski berasal dari Taiwan, Jambu Taiwan ditanam dan dipanen di kawasan Medan. Tidak seperti mengonsumsi buah-buahan pada umumnya. Cara mengonsumsi Jambu Taiwan yaitu dengan menggunakan sambal merah atau sambal kacang. Kamu bisa menemukan dengan mudah JJambu Taiwan di banyak tempat, seperti pasar hingga pinggir jalan seperti Jalan Binjai, Jalan Subroto dan Gajah Mada.

Kopi Sidakalang

Oleh-oleh-khas-Medan
Oleh-oleh khas Medan : Kopi Sidakalang

Ada satu lagi oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu bawa pulang yaitu Kopi Sidakalang. Jika kamu mungkin pecinta kopi dan bosan dengan kopi yang itu-itu saja, Kopi Sidakalang menjadi salah satu yang cukup direkomendasikan. Meski di Sidangkalang sendiri kamu akan bisa menemukan jenis arabika, tetapi robusta adalah yang paling banyak dicari karena kadar kafeinnya cukup tinggi yaitu hingga mencapai 70 hingga 80 persen.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas medan yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s