Berlokasi di Kalimantan Timur, Balikpapan menjadi kota besar yang telah berkembang dan salah satu yang termaju di Indonesia. Tidak hanya dikenal sebagai kota penghasil minyak, Balikpapan juga memiliki keindahan alam luar biasa yang menarik sekali untuk kamu eksplore. Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Balikpapan berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Manggar

Tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan : Pantai Manggar

Wisata Pantai Manggar menjadi salah satu yang tempat wisata di Balikpapan yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai Manggar menjadi salah satu tempat wisata favorit dan termasuk unggulan di Balikpapan sendiri. Kondisi perairan di Pantai Manggar tidak terlalu dalam sehingga cukup aman untuk kamu yang ingin membawa anak-anak dan bermain air di sini.  Pesona lainnya adalah pantai pasir putihnya yang cukup eksotis. Meski termasuk perairan dangkal, para wisatawan yang datang ke Pantai Manggar bisa melakukan banyak kegiatan menarik, mulai dari berenang, banana boat, jet ski, volley pantai hingga perahu ban. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 1.000 per orang saja untuk biaya retribusi.

Pantai Kemala

Tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan : Pantai Kemala

Bila dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Balikpapan, Pantai Kemala memiliki fasilitas yang cukup lengkap.  Di sini kamu bisa bermain beberapa kegiatan air seperti halnya bermain jet ski yang disewakan sebesar Rp 800.000 per orangnya untuk 1 jam. Sedangkan, permainan air lainnnya yang bisa kamu coba adalah banana boat yang disewakan sebesar Rp 25.000 per orangnya. Biaya masuk ke Pantai Kemala juga sangat murah yakni hanyak Rp 500 saja per orangnya. Kemudian, untuk kamu yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 1000.

Hutan Bakau Margomulyo

Tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan : Hutan Bakau Margomulyo

Jika kamu ingin pemandangan selain pantai berkunjunglah ke Hutan Bakau Margomulyo. Tempat wisata di Balikpapan ini merupakan habitat bagi berbagai macam aneka burung, ikan dan lain lain. Selain itu, suasananya juga sangat segar karena rimbun dengan banyak pohon bakau.  Kamu bisa melihat keindahan Hutan Bakau Margomulyo dengan menelusuri jembatan kayu dengan panjang 800 meter yang juga berfungsi  juga sebagai sarana penyebrangan. Selain dengan melewati jembatan kayu, kamu juga bisa melihat Hutan Bakau Margomulyo dari menara intai. Uniknya lagi, untuk kamu yang ingin melihat bekantan datanglah saat pagi hari atau saat matahari terbenam.

Wisata Pantai Melawai

Tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan : Danau Cermin

Bisa dibilang Pantai Melawai sendiri merupakan tempat nongkrong bagi muda-mudi di Balikpapan. Saat ke sini, kamu bisa melihat dua pemandangan kota Balikpapan sekaligus. Pertama, yaitu pamandangan laut lengkap dengan berbagai macam kapal mulai dari kapal tongkang hingga kapal nelayan hingga keramaian lalu lintas berupa gedung-gedung perkantoran. Momen terindah yang bisa kamu nikmati saat ke Pantai Melawai adalah saat matahari terbenamnya. Selain itu, kamu pun bisa melihat pemandangan Pulau Tukung yang ada di sekitar Pantai Melawai. Pantai Melawai juga memiliki berbagai macam fasilitas dan akomodasi, seperti tempat parkir, restoran, tempat karoke, hingga hotel.

Pulau Segajah Balikpapan

Tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan: Pulau Segajah

Pulau Segajah juga menjadi salah satu pesona di Balikpapan yang harus kamu kunjungi. Kondisi Perairan yang ada di Sekitar Pulau Segajah Balikpapan sangat jernih sehingga  sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan air seperti diving atau snorkeling selama berlibur ke sini. Tetapi, perlu juga diingat juga kamu harus berhati-hati selama menyelam atau berenang di Pulau Segajah karena banyak bulu babi di dasarnya. Lokasi dari Pulau Segajah juga sangat mudah untuk dijangkau. Dari Bandara Sepinggan kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Kota Bontang. Setelahnya, kamu pun bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Segajah selama 20 menit.

Danau Cermin Balikpapan

tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan : Danau Cermin

Wisata alam di Balikpapan tidak hanya berkisar antara pantai dan laut saja melainkan juga danau dengan pemandangan indah, seperti Danau Cermin Balikpapan. Dulunya, Danau Cermin sendiri merupakan tempat penggalian tambang yang sudah tidak dikelola lagi. Tidak lama setelahnya, tempat wisata di Balikpapan ini pun berubah menjadi sebuah danau. Penamaan Danau Cermin sendiri berasal dari kondisi perairannya yang sangat jernih. Saat terbaik untuk mengunjungi Danau Cermin adalah pada sore hari. Pada waktu tersebut, kamu bisa melihat burung-burung beterbangan lengkap dengan suasana sunsetnya yang indah.

Wisata Penangkaran Buaya

tempat-wisata-di-Balikpapan
Tempat wisata di Balikpapan: Penangkaran Buaya

Siapa yang suka dengan sesuatu yang menantang? Kalau memang begitu, Balikpapan punya satu wisata unik yaitu mengunjungi penangkaran Buaya. Ada berbagai macam buaya yang bisa kamu lihat di penangkaran ini seperti buaya air tawar, buaya muara hingga buaya supit. Tidak hanya sekedar melihat saja, di sini kamu bisa memberi makan para buaya dengan membeli ayam hidup yang telah disediakan oleh pengelola di sini. Kemudian, untuk kamu yang suka dengan kuliner ekstrem bisa mencicipi sate buaya loh!

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana nih?  Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s