Kuala Lumpur bukan satu-satunya tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Malaysia. Jika ingin mencoba pengalaman baru, tidak ada salahnya untuk datang ke Penang. Berbentuk pulau, destinasi ini menyediakan satu paket komplet wisata, meliputi budaya, kuliner, pantai bahkan belanja. Secara geografis, Penang sendiri terletak di bagian barat laut Malaysia. Tidak seperti Kuala Lumpur atau justru Johor yang sarat akan”keramaian” khas pusat kota: lanskap Penang justru banyak menyuguhkan keindahan pemandangan alam dan wisata sejarah. Buat kamu yang penasaran, yuk simak artikel RedDoorz tentang tempat wisata di Penang berikut ini!

Penang Hill

tempat wisata di penang 1

Penang Hill adalah salah satu tempat wisata di Penang yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Selain memiliki beberapa tempat menarik seperti Owl Museum, tempat yang juga dikenal dengan nama Bukit Bendera ni menawarkan udara yang sejuk sehingga dengan mudah menjadi tempat wisata favorit di Penang. Sesuai dengan namanya, Penang Hill adalah kawasan perbukitan sehingga untuk dapat mencapai puncak, kamu harus menggunakan kereta Penang Hill Railway. Kereta yang beroperasi dari jam 9 pagi sampai dengan jam 11 malam ini menawarkan pemandangan yang indah selama perjalanan sehingga menaiki kereta ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik. Alternatif lain dari kereta dengan harga tiket MYR 30 ini adalah dengan menggunakan taksi, namun taksi di sana tidak menggunakan argo, disarankan untuk bertanya lebih dahulu ke petugas hotel berapa harga yang cocok untuk rute yang kamu tempuh.

Penang Bridge

tempat wisata di penang 2

Seperti nama dari tempat wisata ini, Penang Bridge merupakan satu destinasi wisata berupa jembatan. Penang Bridge sendiri masuk dalam kategori jembatan terpanjang di dunia. Wajar saja, menghubungkan antara Sebrang Prai di daratan Malaysia dan Bayan Lepas di Pulau Penang; Penang Bridge memiliki kepanjangan lebih dari 13,5 km! Resmi dibuka sebagai fasilitas umum pada tahun 1985, tempat wisata di Penang ini merupakan salah satu jembatanan bebas hambatan yang dipercaya sangat berkontribusi dalam perkembangan ekonomi, social dan budaya.

Pinang Peranakan Mansion

tempat wisata di penang 3

Pinang Peranakan Mansion yang berlokasi di Geoge Town adalah sebuah museum yang berunsur peninggalan sejarah dan budaya. Dahulu kala, bangunan ini adalah tempat tinggal seorang kaya keturunan China yang menyukai barang-barang bernilai seni berupa perhiasan, furniture, artifak dan lain-lain. Harga tiket masuk Pinang Peranakan Mansion adalah MYR 20 atau sekitar IDR 75.0000.

Fort Cornwallis

tempat wisata di penang 4

Fort Cornwalis adalah salah satu tempat wisata di Penang yang berusia paling tua. Dibangun pada tahun 1786, Fort Cornwallis adalah sebuah benteng yang berfungsi untuk mempertahankan kekuasaan Inggris meskipun pada akhirnya benteng ini lebih berfungsi sebagai pusat administrasi daripada sebagai benteng pertahanan. Saat ini Fort Cornwallis masih banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat peninggalan sejarah Penang, seperti lampu kuno, kapel, penjara, sampai dengan meriam.

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple yang berlokasi di Air Itam, Penang adalah kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil yang berusia lebih dari 1 abad ini berada di sebuah bukit yang indah dan mengadopsi gaya kuil di Thailand dengan campuran ornamen khas China yang rumit. Berada di Puncak Bukit Kwok San, kamu akan menemukan banyak tanjakan dan turunan yang menguras tenaga. Namun, jangan khawatir, semuanya setimpal dengan kecantikan kuil yang bisa kamu saksikan. Kuil ini dapat dicapai dengan menggunakan bus umum dari George Town.

Cheong Fatt Tza Mansion

tempat wisata di penang 6

Cheong Fatt Tza Mansion adalah sebuah peninggalan imigran China yang dibangun pada tahun 1880 oleh seorang pedagang Cheong Fatt Tza. Rumah yang mempunyai 38 kamar ini dibangun dengan mengikuti kepercayaan feng shui. Rumah besar yang mempunyai warna biru ini akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha Malaysia supaya tidak dirubuhkan dan tetap terjaga nilai historisnya. Sekarang ini selain sebagai tempat wisata di Penang, Cheong Fatt Tza Mansion juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar berbagai jenis film.

Queensbay Mall

tempat wisata di penang 7

Queensbay Mall terletak tidak jauh dari bandara Penang. Pusat perbelajaan ini merupakan salah satu mall yang paling bersar di Penang sehingga tidak perlu diragukan lagi kelengkapan dan pengalaman wisata belanja yang ditawarkannya. Selain berbelanja dan berwisata kuliner, di Queensbay Mall kamu juga dapat bermain di pantai karena memang berlokasi di pinggir pantai.

Sri Mahamariamman Temple

tempat wisata di penang 9

Kuil yang merupakan kuil Hindu tertua di Penang ini menawarkan kemeriahan ornament kebudayaan India kuno dengan banyak patung dewa-dewi Hindu. Harga tiket masuk Sri Mahamariamman Temple adalah gratis. Selain itu, kamu juga bisa bebas memotret seluruh sudut tempat wisata Penang ini, kecuali area altar utama. Sri Mahariamman Temple buka dari jam 6.30 pagi sampai dengan jam 12 siang, dan dari jam 4.30 sore dengan jam 9 malam.

Itulah tadi informasi singkat mengenai Tempat Wisata di Penang . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s