Vietnam, kini telah bangkit sebagai Negara berkembang setelah peperangan panjang 40 tahun silam. Tidak hanya di bidang ekonomi dan kestabilan politik, tetapi juga sector pariwisata. Ada banyak daya tarik bagi para wisatawan, salah satu nya kuliner Vietnam yang memiliki citarasa unik dan khas. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Negara tersebut, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa kuliner, apa saja sih kira-kira? Yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Banh Cuon

kuliner khas vietnam 1

Kue beras kukus yang tipis dan lembut dihidangankan dengan bawang goreng renyah, potongan mentimun, daun selada, dan irisan daging, banh cuon sangat lezat terutama ketika masih hangat dari kukusan. Restoran-restoran di Vietnam biasa menghidangkan banh cuon dengan tempura udang dan gorengan kacang hijau, tidak lupa saus ikan untuk menambah kelezatan rasanya.

Pho

kuliner khas vietnam 2

Siapa yang tidak kenal pho? Hidangan khas Vietnam ini selalu dicarik baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Ada barisan blok-blok di tengah kota yang dipenuhi warung-warung penjual pho dan selalu dipenuhi pengunjung. Pho terbuat dari bahan pokok berupa kaldu asin, mie beras segar, taburan rempah dan ayam atau daging sapi. Kuliner ini memiliki cita rasa khas makanan lokal yang sangat disukai. Selain murah, pho sangat lezat dan mudah didapatkan di mana pun setiap saat.

Bahn Mi

kuliner khas vietnam 3

Bahn Mi adalah salah satu makanan khas Vietnam yang juga terkenal di Indonesia selain Pho. Sandwich khas Vietnam ini menggunakan Vietnames Baguette yang lembut diisi dengan beragam olahan daging (mulai dari sapi, ayam, hingga babi), irisan zucchini, acar, wortel, irisan lobak, pate, serta saus khas Vietnam.

Cha Kho To

kuliner khas vietnam 4

Masakan yang dihidangakan dengan clay pot sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Asia Tenggara, selain dapat menahan panas tapi juga melembutkan dan mengentalkan daging yang direvus. Cha kho to merupakan makanan klasik bagi masyarakat Vietnam, berupa daging ikan yang direbus dengan gula dan bumbu ikan yang gurih, sehingga menghadirkan kuah kental yang melingkupi daging.

Cao Lau

kuliner khas vietnam 5

Hidangan mie dengan daging babi ini berasal dari Hoi An, sebuah area pelabuhan perdagangan yang sangat sibuk pada masanya. Cao lau merupakan mie tebal sejenis dengan udon Jepang, ditambah dengan kerupuk dan irisan daging babi di atasnya seperti sentuhan makanan Mandarin. Sementara bumbu kaldu dan rempah-rempahnya tetap asli khas Vietnam. Kabarnya cao lau yang asli dibuat hanya dengan air yang diambil dari sumber air Ba Le.

Goi Cuon

kuliner khas vietnam 6

Goi Cuon merupakan gulungan salad khas Vietnam yang berisi udang atau daging. Berbeda dengan gulungan lumpia yang digoreng, goi cuon menghadirkan rasa yang lebih ringan namun tetap lezat. Sambil dicelup dengan bumbu kacang atau saus asam manis, goi cuon dapat menjadi cemilan yang nikmat selama liburan kamu di Vietnam.

Banh Xeo

kuliner vietnam 2

Rasanya yang gurih dan renyah, banh xeo menjadi salah satu pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Vietnam. Banh xeo merupakan crepes yang dibuat dari tepung beras, santan, kunyit, yang kemudian ditumis bersamaan dengan daging, udang dan tumpukan toge. Dilengkapi dengan selada dan daun herban, banh xeo sangat lezat ketika dihidangkan hangat.

Com Tam

kuliner khas vietnam 8

Com tam merupakan hidangan nasi yang terbuat dari beras-beras yang patah, oleh karena itu banyak yang menyebutnya sebagai broken rice. Teksturnya yang lembut dilengkapi dengan potongan berbagai macam daging, makanan khas Vietnam ini dapat dijadikan pilihan makan siang kamu ketika berlibur.

Chao

kuliner khas vietnam 9

Bubur adalah hidangan yang cukup familiar di berbagai kalangan. Meskpin begitu, setiap wilayah memilih ciri khas masing-masing dalam menyajikan bubur. Di Vietnam makanan yang lembut dan biasa disajikan hangat tersebut biasa dilengkapi dengan irisan daging ayam, ikan, jeroan, hingga remahan roti yang sebelumnya digoreng renyah. Kemudian, hidangan ini semakin kaya akan rasa setelah ditaburi dengan bawang dan lada hitam bubuk, toge dan irisan jeruk nipis. Selanjutnya, jahe dan saus ikan juga dijadikan sebagai pelengkap dari sajian yang satu ini.

Nem Ran

kuliner khas vietnam 10

Bahan utam nem ran yaitu daging cincang, daging kepiting/udang, bawang Bombay, wortel, telur bebek, jamur, lada, garam dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Semua bahan tersebut diaduk merata sebelum dimasukkan ke dalam kulit luar yang terbuat dari beras dan digulung dengan ukuran kecil. Gulungan tersebut lalu digoreng di dalam minyak panas. Nem ran dapat dimakan langsung atau dicelupkan ke dalam cham nuoc atau kecap ikan dicampur dengan jus lemon.

Che

kuliner khas vietnam 11

Che merupakan sejenis makanan penutup dengan citarasa manis, guruh dan legit. Makanan ini terdiri dari berbagai varian isian. Ada yang terbuat dari bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung dan bubur mutiara, ada rasa pisang, dan rasa durian. Bubur-bubur tersebut kemudian disajikan dengan kuah santan. Che dapat dihidangkan hangat ataupun dingin sesuai selera.

Cha Phe

kuliner khas vietnam 12

Tak dipungkiri, kopi Vietnam adalah salah satu kopi yang sering diperbincangkan oleh penikmat kopi yang pernah berlibur ke sini. Bukan hanya sekedar kopi hitam pekat biasa, melainkan berupa campuran dari kopi, susu kental manis dan sebutir telur mentah. Perpaduan rasanya yang khas dan unik memang cukup asing untuk sebagian kalangan. Tapi perayalah, di lidah penikmat kopi, campuran tadi adalah suatu kesempatan tersendiri untuk menjelajah citarasa yang berbeda.

Itulah tadi informasi singkat mengenai kuliner khas Vietnam . Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s