Ada banyak hal seru dan menarik yang bisa kamu temukan di Makassar, mulai dari tempat wisata menarik, wisata kuliner hingga event-event seru ada di sini. Agar liburan kamu selama di Makassar terasa menyenangkan semua hal harus kamu persiapkan dengan baik, bukan? Nah, sebagai rekomendasi, berikut beberapa panduan wisata ke Makassar dari RedDoorz yang bisa kamu coba.

Tempat Wisata di Makassar

Di Makassar kamu bisa menemukan berbagai macam tempat wisata menarik mulai dari lokasi bersejarah hingga wisata alamnya yang indah, berikut beberapa referensi diantaranya:

Benteng Rotterdam

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Benteng Fort Rotterdam

Tempat wisata di Makassar satu ini menjadi tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Benteng Rotterdam sendiri merupakan peninggalan sejarah kerajaan Gowa – Tallo yang dibangun pada tahun 1545. Uniknya, bangunan dari Benteng Fort Rotterdam dibangun hanya menggunakan tanah liat dan putih telur hingga akhirnya disempurnakan oleh raja ke-14. Saat kamu melihat benteng ini dari atas bentuknya akan terlihat seperti penyu yang sedang merangkak  ke laut. Bentuk tersebut memiliki filosofis sendiri yaitu karena penyu bisa hidup di darat maupun di laut sekaligus seperti kerajaan Gowa Tallo yang berjaya pada dahulu kala.

Pantai Losari

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Pantai Losari

Kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk-duduk dan melihat matahari terbenam saat sore hari. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti bermain sepeda air, berlayar, banana boat dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu lapar? Tenang, di Pantai Losari kamu dapat dengan mudah menemukan banyak penjaja makanan berjualan.

Tanjung Bira

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Tanjung Bira

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata yang lebih alami datanglah ke Tanjung Bira. Dari kota Makassar, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 200 km. Keindahan Tanjung Bira dapat kamu temukan dari pantai pasir putih dan juga air lautnya yang masih sangat jernih. tempat wisata di Makassar tersebut bahkan tidak hanya dikenal oleh kalangan wisatawan dalam negeri saja tetapi juga wisatawan luar negeri. Di Tanjung Bira kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik mulai dari hanya sekedar berjemur di pinggir pantai hingga benerang atau snorkeling untuk melihat pemandangan bawah lautnya.

Malino

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Malino

Tidak hanya pemandangan berupa pantai saja yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke Makassar, tetapi juga dataran tinggi Malino. Di sini kamu bisa melihat pemandangan berupa deretan hutan pinus dan batu kapur. Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut, udara di kawasan Malinoterasa sangat dingin yaitu sekitar 10  – 26 derajat celsius. Inilah mengapa saat kamu ke sana harus menggunakan jaket dan pakaian hangat. Lebih dari sekedar pemandangan dataran tinggi saja, di Malino kamu juga bisa datang ke Air Terjun Takapalanya dan Air Terjun Serubu Tangga. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi lembah biru, kebun teh hingga bunker peninggalan Jepang.

Trans Studio Makassar

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Trans Studio Makassar

Makassar juga punya tempat rekreasi menarik yaitu Trans Studio Makassar. Dengan luas sekitar 2.7 hektar, kamu bisa bermain di 21 wahana yang ada di empat zona permainan yaitu Lost City, Magic Corner, Studio Centreal dan Cartoon City. Kamu bisa seru-seruan di sini dari pukul 10.00 hingga 19.00. Sedangkan, untuk tiket masuknya sendiri kamu perlu membayar sebesar Rp 100.00 pada hari biasa dan Rp 175.000 pada akhir pekan.

Kuliner di Makassar

Tidak hanya tempat wisata menarik saja yang bisa kamu temukan di Makassar tetapi juga berbagai kuliner lezatnya diantaranya, seperti:

Sop Konro

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Sop Konro

Kuliner khas Makassar yang satu ini terdiri dari iga sapi, jeroan dan kuah santan. Daging sapi di Sop Konro sendiri dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah, seperti asam jawa, kayu manis dan lain-lain. Kuahnya yang terlihat hitam pekat karena ada tambahan kluwak pada bahan-bahan yang dicampurkan. Kamu bisa menemukan sop konro di berbagai macam restoran dan tempat makan yang ada di Makassar.

Coto Makassar

Panduan-Wisata-Ke-Makassar
Panduan Wisata Ke Makassar : Coto Makassar

Kuliner Makassar memang khas dengan bahan dasar daging sapi. Mirip dengan sop konro, coto Makassar juga menggunakan bahan berupa santan. Kuah dari Coto Makassar terasa sangat sedap karena adanya campuran rempah-rempah, seperti bawang putih, serai, lengkuas, jinten dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa menikmati Coto Makassar dengan menggunakan nasi putih agar lebih kenyang. Sedangkan, di daerah asalnya Coto Makassar lebih sering disantap dengan menggunakan ketupat atau burasa.

Pallubasa

Panduan-Wisata -ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Pallu Basa

Pallubasa juga menjadi kulier Makassar berbahan dasar daging sapi. Hal yang memedakan Pallubasa dengan kuliner lainnya di Makassar adalah cara memasaknya. Daging pada maksakan direbus dalam waktu yang cukup lama hingga empuk. Kemudian daging dan jeroan tersebut disiram dengan kuah yang sudah dimasak dengan cara terpisah. Kamu bisa menikmati lezatnya kuliner tersebut dengan sepiring nasi putih.

Es Palu Butung

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Es Palu Butung

Selain sajian main course seperti coto makassar, pallubasa hingga sop konro, Makassar juga memiliki desert, seperti Es palu Butung. Cuaca di Makassar yang terkadang panas menjadikan dessert yang satu ini makanan yang cukup menyegarkan. Kuliner tersebut terdiri dari pisang kukus yang ditambahkan santan, sirup dan susu. Berbeda dengan es pisang ijo yang dibalut dengan adonan berwarna hijau, es palu butung tidak dicampur dengan bahan lain.

Pisang Ape

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Pisang Ape

Kudapan khas Makassar yang harus kamu coba saat berkujung ke sana adalah pisang ape. Dibakar terlebih dahulu dan kemudian disiram dengan saus gula membuat pisang ape memilik cita rasa manis dan gurih. Namun, sekaran berkat inovasi, pisang ape tidak hanya disajikan dengan saus gula saja tetapi juga dengan saus lainnya, seperti saus cokelat hingga durian. Pisang ape semakin terasa lezat dengan tambahan topping berupa kelapa sangrai, mesis hingga keju.

Event Seru di Makassar

Tidak hanya tempat wisata dan kulinernya saja yang menarik untuk kamu kunjungi saat ke Makassar, ada juga berbagai macam event seru diantaranya seperti:

Makassar International Eight Festival (F8)

Panduan-wisata-ke-Makassar
Panduan wisata ke Makassar : Makassar International Eight Festival (F8)

Event satu ini merupakan salah satu festival internasional yang masuk ke dalam agenda  resmi Indonesia. Sejak digelar tahun 2016 lalu, Makassar International Eight Festival selalu menyedot perhatian banyak masyarakat hingga wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Adapun maksud dari eight festival adalah karena festival tersebut terbagi dalam 8 bagian yaitu food, film, festival, folk, fine art, fusion music, fiction writers hingga flora dan fauna.

Festival Jajanan Bango

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Festival Jajanan Bango

Untuk kamu yang suka berwisata kuliner bisa berkunjung ke Festival Jajanan Bango. Di Festival tersebut kamu bisa mencicipi lebih dari 80 hidangan khas nusantara dengan harga yang terjangkau. Biasanya, Festival Jajanan Bango diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut. Tidak hanya menikmati kuliner lezat saja, para pengunjung pun bisa berkunjung ke museum mini kuliner yang bercerita tentang berbagai kuliner di Indonesia lengkap dengan berbagai bumbu khasnya. Event tersebut juga semakin seru dengan adanya games-games menarik yang dihadirkan khusus bagi para pengunjung.

Makassar Jazz Fastival

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Makassar Jazz Festival

Makassar juga memiliki festival musik Jazz untuk para pencinta musik. Event tersebut pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 lalu. Biasanya, Makassar Jazz Festival diselenggarakan di Fort Rotterdam Makassar. Di sini kamu bisa  menyaksikan berbagai penampilan dari para musisi jazz dalam negeri maupun luar negeri. Untuk menyaksikan Makassar Jazz Festival kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000 untuk dua hari.

Transportasi Menuju Makassar

 Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : Naik Pesawat

Ada berbaga macam transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Makassar, mulai dari pesawat hingga bus. Banyak juga maskapai yang telah membuka penerbangan langsung ke Makassar. Selain itu, Bandara Sultan Hassanuddin yang telah direnovasi pun menjadi kelebihan sendiri untuk kamu yang ingin ke Makassar dengan menggunakan pesawat terbang. Harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Makassar dibandrol dengan harga Rp 671.00 hingga Rp 2.449.900.

Bus juga bisa menjadi transportasi alternatif yang kamu gunakan saat berkunjung ke Makassar. Di Makassar ada tiga terminal besar yang melayani perjalanan antar kota, seperti Terminal Mallengkeri, Terminal Daya dan Terminal Sungguminasa. Untuk naik bus dari terminal tersebut biasanya kamu akan dikenakan tiket mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 80.000 per orangnya.

Penginapan di Makassar

Panduan-Wisata-ke-Makassar
Panduan Wisata ke Makassar : RedDoorz

Ada banyak penginapan yang bisa kamu gunakan saat berlibur ke Makassar mulai dari penginapan untuk backpacker hingga penginapan seperti halnya resort. Sedangkan, untuk kamu yang ingin mendapatkan fasilitas lengkap dengan harga yang terjangkau, menginap saja di RedDoorz! Selama di sini kamu bisa mendapatkan garansi servis seperti, linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, televisi, air mineral, wifi gratis hingga peralatan mandi. Semua fasilitas dan kenyamanan tersebut bisa kamu rasakan dengan harga mulai dari Rp 99.000 saja. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk liburan seru dengan menginap di RedDoorz!

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Makassar yang bisa kamu coba. Kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Makassar sebelumnya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s