Jalan-jalan ke Balikpapan jangan hanya berkunjung ke berbagai tempat wisatanya saja.  Balikpapan yang merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan juga menjadi tujuan wisata kuliner yang seru untuk kamu jelajahi. Di sini kamu akan menemukan banyak makanan dengan olahan seafood dan beraneka raga makanan unik lainnya. Untuk kamu yang hendak berkunjung ke kota minyak ini ada beberapa makanan tradisional yang bisa kamu coba. Berikut diantaranya!

Nasi Bakar Seafood

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Nasi Bakar Seafood

Berbicara tentang makanan khas Balikpapan kamu tidak akan jauh-jauh dari olahan laut. Inilah mengapa nasi bakar seafood menjadi makanan tradisional yang sangat populer di sana. Nasi bakar seafood berisikan beberapa bahan yaitu nasi yang dicampur dengan kepiting, udang serta ikan. Selain rasanya yang sedap karena terdiri dari berbagai macam seafood, nasi bakar juga memiliki aroma yang khas karena proses pembakarannya sendiri. Makanan khas Balikpapan ini juga termasuk cukup praktis karena kamu tidak perlu menambahkan lauk lagi saat memakannya.

Roti Mantau

Makanan-Khas-Balikpapan
Makanan Khas Balikpapan : Roti Mantau

Bila kamu sarapan di Balikpapan, maka menu yang paling populer di sini adalah Roti Mantau. Jika mungkin roti lain berisi cokelat, storberi atau isian lainnya, roti mantau lebih cocok disantap sebagai makanan pendamping lauk. Rasa dari kuliner Balikpapan sendiri cenderung gurih karena dimasak dengan cara digoreng. Biasanya makanan khas Balikpapan ini dimakan dengan saus balado hingga lada hitam. Tidak jarang kuliner khas Balikpapan ini juga disajikan juga dengan daging kambing atau daging sapi. Satu roti mantau biasanya dijual dengan harga Rp 2.000 saja per potongnya.

Bubur Gunting

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Bubur Gunting

Makanan khas Balikpapan berikutnya yang cukup unik adalah bubur Gunting.  bahan dasar dari makanan khas Baikpapan ini terdiri dari beberapa campuran, seperti tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji, garam dan air kapur sirih. Kemudian, setelahnya adonan tersebut pun dibentuk dan digunting untuk kemudian di masukan dalam rebusan gula merah, santan dan garam. Bubur gunting semakin terasa nikmat saat kamu menyantapnya dalam keadaan hangat.

Mie Hijau

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Mie Hijau

Untuk kamu yang suka kuliner mie, Balikpapan memiliki makanan khas berupa mie yang proses pemasakannya yang dicampurkan dengan sawi hijau. Jika mungkin di Jakarta mie ayam disajiakan dengan potongan ayam, mie hijau disajikan dengan dua pilihan topping yaitu daging kepiting dan daging ayam. Mie hijau juga termasuk kuliner sehat karena tidak menggunakan campuran MSG, bahan pengawet hingga bahan pengenyal. Kamu bisa mendapatkan mie hijau Sepinggan ini di sekitaran Jalan Marsma Iswahyudi, Balikpapan.

Pisang Gapit

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Pisang Gapit

Selain makanan berat, ada juga kudapan ringan bercita rasa gurih yang bisa kamu coba saat di Balikpapan yaitu Pisang Gapit. Makanan khas Balikpapan ini merupakan kuliner berbahan dasar pisang gepok yang dibakar dengan menggunakan arang hingga setengah matang. Agar pipih, pisang tersebut pun digapit dengan menggunakan kayu dan dibakar lagi hingga matang. Rasa dari pisang gapit semakin gurih dan lezat dengan tambahan gula merah, santan dan potongan nangka.

Bingka Kentang

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Bingka Kentang

Bingka kentang sendiri menjadi makanan yang akan sering kamu temukan pada saat bulan puasa.  Ada berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba dari bingka kentang mulai dari keju, original, pandan hingga rasa cokelat. Selain itu, karena dimasak dengan menggunakan arang, bingka kentang memiliki aroma harum yang sangat enak. Bisanya banyak orang membeli bingka kentang untuk dijadikan oleh-oleh.

Amplang

Maknan-khas-Balikpapan
Maknan khas Balikpapan : Amplang

Kalau Palembang memiliki makanan tradisional berupa kerupuk kemplang, Balikpapan memiliki Amplang. Kudapan khas Balikpapan ini merupakan kerupuk yang memiliki cita rasa gurih karena terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri, gabus dan belida. Untuk cara pembuatannya ikan-ikan tersebut kemudian digiling halus dan dicampurkan dengan menggunakan tepung sagu. Kemudian, adonan tersebut digoreng hingga kering. Di Balikpapan sendiri kamu bisa menemukan dengan mudah toko yang menjual kerupuk amplang. Sekarang, kamu bisa menemukan banyak sekali varian kerupuk amplang mulai dari ayam bawang, BBQ, lada hitam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Abon Kepiting

Makanan-khas-Balikpapan
Makanan khas Balikpapan : Abon Kepiting

Terkenal dengan olahan laut, abon kepiting juga menjadi pilihan makanan khas Balikpapan yang bisa kamu coba. Biasanya abon kepiting sering disajikan sebagai menu pendamping lauk dan nasi. Karena menggunakan bahan dasar kepiting, abon ini pun memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan abon biasa lainnya. Selain itu, tekstur dari abon kepiting juga lebih halus dibandingkan dengan abon sapi. Salah satu abon kepiting yang paling terkenal di Balikpapan adalah abon kepiting Bonting. Kamu bisa menemukan abon kepiting di banyak toko oleh-oleh di Balikpapan.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Balikpapan yang bisa kamu coba. Kalau makanan favorit kamu apa nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s