Sumatera Barat kini memiliki destinasi baru yang menarik perhatian, yaitu sebuah kawasan wisata bahari terpadu bernama Pulau Mandeh. Keindahan dari Pulau Mandeh sebagai tempat wisata bahkan disandingkan dengan keindahan Kepulauan Raja Ampat, Papua. Di sini, kamu bisa menemukan banyak keindahan alam dan melakukan banyak aktivitas seru. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Pulau Mandeh, yuk simak!

Keindahan Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : Pemandangan di Pulau Mandeh

Berkunjung ke sini para pengunjung bisa melihat berbagai macam pemandangan serta pulau cantik diantaranya, seperti Pulau Setan, Tarajun, Sorong Besar, Sorong Kecil, Pulau Merak hingga Pulau Cubadak. Dengan luas sekitar 70 hektar, keksotisan pulau-pulau tersebut meliputi 389 hektar hutan mangrove beserta pasir putih. Selain itu, pemandangan menakjubkan dari Pulau Mandeh ditambah dengan perbukitan dan daerah teluknya yang indah. Semuanya dapat menjadi lanskap menarik untuk kamu lihat atau abadikan!

Spot Menarik di Pulau Mandeh

Pulau Mandeh memilki beberapa spot menarik untuk kamu kunjungi selama berlibur ke sana. Berikut beberapa diantaranya:

Diving di Pulau Sironjong Gadang

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : Diving

Ada alasan jelas mengapa Pulau Mandeh disandingkan dengan keindahan Raja Ampat yaitu karena adanya spot menenyelam yang sangat menarik. Tempat favorituntuk dijadikan tujuan diving dan snorkeling adalah Pulau Sironjong Gadang. Kedalaman dari spot menyelam di kawasan ini pun berkisar 20 meter. Selama menyelam di sini para wisatawan akan menemukan banyak sekali pemandangan menarik berupa karang-karang hingga biota laut yang warna-warni. Nemo menjadi salah satu jenis ikan yang sangat mendominasi di Pulau Sironjong Gadang. Kemudian, jika kamu termasuk penyelam profesional, menyelamlah ke spot Kapal kargo Belanda MV, Boelongan Nederland yang karam di daerah ini.

Cliff Jumping di Pulau Sironjong

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : Cliff Jumping

Setelah puas berenang dan menyelam jangan pergi dulu dari Kawasan Pulau Sironjong karena kamu dapat melakukan kegiatan seru lainnya yaitu cliff jumping di Sironjong Ketek yang berjarak sekitar 5 menit dari  dari Sironjong Kecil. Di sini, para pengunjung bisa lompat dari tebing yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Tenang saja, untuk naik ke atas  telah tersedia tangga kayu jadi,  para pengunjung tidak perlu repot-repot untuk memanjat tebing terlebih dahulu. Perlu diingat saat ingin lompat, pastikan area dalam keadaan kering atau tidak hujan. Karena kondisi yang basah dan licin akan berbahaya nantinya.

Bukit Mandeh

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : Bukit Mandeh

Tidak hanya aktifitas fisik saja yang bisa kamu lakukan di Pulau Mandeh, tetapi juga mengeksplor keindahan alam, seperti berkunjung ke Bukit Mandeh. Dari atas kamu dapat melihat keindahan pemandangan Teluk Carocok Tarusan. Di sini para pengunjung dapat bersantai di sebuah area khusus untuk menikmati udara sejuk dan melihat pemandangan sekitar. Meski termasuk tempat wisata baru, di Bukit Mandeh para pengunjung juga dapatmenemukan beberapa fasilitas seperti toilet hingga warung yang menyediakan tempat duduk nyaman.

Pulau Cubudak

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : Pulau Cubudak

Salah satu pulau yang ada di  kawasan Pulau Mandeh adalah Pulau Cubudak yang dikelola oleh warga italia. Di sini kamu dapat beristirahat di resort Paradiso Village. Karena termasuk pulau pribadi, suasana dari Pulau Cibudak  pun berbeda dengan pulau-pulau lainnya. Para pengunjung dapat beristirahat dengan tenang selama di sini karena jauh dari hiruk pikuk. Untuk dapat bermalam di Pulau Cubudak, kamu perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 1.300.000 per malamnya. Para pengunjung pun bisa melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari sekedar berenang, snorkeling, naik kani hingga memancing.

Cara Menuju Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh : naik kapal cepat

Pulau Mandeh sendiri dapat dijangkau dengan berbagai macam cara. Pertama adalah dengan melalui jalur udara seperti dengan pesawat. Tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Padang dijual dengan harga Rp 597.100 hingga Rp 1.973.600. Setelahnya, kamu pun dapat melanjutkan perjalanan dengan naik taksi berplat hitam yang langsung menuju ke Mandeh. Kamu hanya perlu menyewa mobil dengan harga Rp 100.000 sekali jalan. Sedangkan melalui jalur laut, bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Teluk Bayur atau dengan kapal wisata Bintang Mandeh dari pelabuhan Muaro Padang. Untuk naik kapal cepat  tersebut para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000.

Tips ke Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh
Pulau Mandeh

Ada beberapa  hal yang perlu para pengunjung perhatikan saat ingin berkunjung ke Pulau Mandeh, seperti:

  • Jika hendak menyewa mobil sebaiknya keluar dahulu dari kawasan bandara. Hal ini karena taksi plat hitam akan mengenakan biaya yang berbeda dibandingkan dengan angkutan umum lainnya.
  • Sewalah perahu dengan menyesuaikan jam kedatangan. Bila datang pada siang hari misalnya kamu dapat dengan mudah menawar harga perahu menjadi lebih murah karena waktu yang digunakan juga lebih singkat.
  • Datanglah ke sini dalam jumlah yang banyak atau rombongan. Kamu dapat mengajak serta teman-teman atau mungin bisa ikut dengan rombongan pengunjung lainnya. Dengan begitu kamu dapat menyewa kapal dengan harga yang lebih murah. Perlu diingat juga kapasitas dari kapal menuju Pulau Mandeh merupakan 20 orang.

 

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan Pulau Mandeh, Sumetara Barat yang dapat kamu kunjungi. Kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sini? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s