Saat jalan-jalan pasti kita ingin membeli sesuatu untuk dibawa pulang seperti halnya oleh-oleh. Begitu pula saat kamu berkunjung ke Banjarmasin, kamu dapat membeli beberapa buah tangan untuk sanak saudara dan teman. Mulai dari makanan hingga batik serta hiasan pun dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu berikan sebagai oleh-oleh. Berikut beberapa referensi dari RedDoorz untuk oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa kamu beli.

Batik Sasirangan

oleh-oleh-khas-Banjarmasin
oleh-oleh khas Banjarmasin : Batik Sasirangan

Di Banjarmasin ada satu jenis batik yang cukup terkenal untuk dijadikan oleh-oleh yaitu batik sasirangan. Batik ini merupakan hasil kerajinan masyarakat Kalimatan Selatan khususnya yang berada di daerah Banjarmasin. Batik sasirangan memiliki berbagai macam motif yang bisa kamu pilih, beberapa diantaranya adalah batik turun dayang dengan motif garis-garis, sinapur karang dengan motif ombak, naga balimbur dengan motif ular naga hingga dara manginang dengan motif remaja yang memakan daun sirih. Dari 19 motif batik sasirangan yang ada, setiap motif memiliki fungsinya masing—masing mulai dari pengobatan, ritual adat, serudung hingga kemben. Harga yang ditawarkan untuk batik sasirangan pun bermacam-macam tergantung dari bahan apa yang digunakan, mulai dari bahan katun dengan harga Rp 85.000 hingga Rp 95.000 per dua meter. Kamu dapat menemukan batik sasirangan di banyak toko-toko yang berada di sebrang Masjid Kota Banjarmasin atau toko oleh-oleh.

Wadai Rangai

oleh-oleh-khas-Banjarmasin
oleh-oleh khas Banjarmasin : Wadai Rangai

Ada kue khas Banjarmasin yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh yaitu kue wadai rangai. Kue yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu dengan rasa yang gurih dan manis. Pada zaman dahulu kala, kue wadai rangai sering disajikan saat acara adat atau pun acara formal. Namun, sekarang banyak orang lebih sering membeli wadai rangai sebagai oleh-oleh. Biasanya orang Banjarmasin menyajikan kue tersebut untuk pendamping minum teh. Kamu dapat membeli wadai rangai di banyak toko makanan dan toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 23.000 hingga Rp 27.000.

Ikan Seluang

oleh-oleh-khas-Banjarmasin
oleh-oleh khas Banjarmasin : Ikan Saluang

Orang-orang Jawa akan lebih mengenal ikan saluang sebagai ikan wader. Oleh-oleh khas Banjarmasin ini cocok sekali untuk dijadikan lauk pendamping makan nasi atau camilan. Biasanya kamu akan menemukan ikan saluang diolah dengan cara digoreng. Sebelum digoreng biasanya ikan saluang dibalut dengan tepung terlebih dahulu sehingga rasanya pun sangat garing dan gurih. Kamu bisa membeli ikan saluang dengan harga sekitar Rp 25.000 saja per kemasannya di toko makanan.

Batu Mulia

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Oleh-oleh khas Banjarmasin : Batu Mulia

Salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang terkenal lainnya adalah Batu Mulia. Di Banjarmasin kamu dapat menemukan berbagai macam kerajinan batu, mulai dari cincin, kalung, gelang hingga ukiran-ukiran karakter. Untuk mendapatkan kerajinan batu mulia tersebut kamu dapat membelinya dengan harga Rp 15.000, Rp 35.000  atau Rp 70.000 untuk kerajinan berupa tas. Tidak jarang para pengrajin batu mulia tersebut dapat mematok harga hingga ratusan juga rupiah untuk batu mulia sekelas sapphire dan sejenisnya. Tetapi, kamu tetap bisa menawar terlebih dahulu harga sebelum membeli batu mulia di sana.

Rabuk Ikan

Oleh-oleh-khas-Banjarmasin
Oleh-oleh khas Banjarmasin : Rabuk Haruan

Rabuk ikan merupakan makanan yang mirip dengan abon. Bahan dari rabuk ikan sendiri berasal dari ikan haruan yang menjadi salah satu komoditi andalan dari kota Banjarmasin. Daging dari ikan haruan terasa sangat gurih dan juga mengandung banyak protein. Bisanya ikan haruan dijual dengan harga Rp 25.000 per kemasannya. Selain lezat, abon ikan haruan juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan mencegah timbulnya penyakit stroke.

Dodol Kandangan

oleh-oleh-khas-Banjarmasin
oleh-oleh khas Banjarmasin : Dodol Kandangan

Untuk kamu yang suka dengan makanan atau camilan manis, bisa membeli dodol kandangan. Makanan tersebut merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin yang terbuat dari gula aren dan beras ketan. Ada berbagai varian rasa yang dapat kamu pilih dari dodol kandangan, mulai dari original hingga durian yang paling favorit. Kamu dapat membeli dodol kandangan mulai dari harga Rp 2.000 hingga Rp 9.000.

Miniatur Rumah Adat

Oleh-oleh-khas-Banjarmasin
Oleh-oleh khas Banjarmasin : Miniatur Rumah Adat

Ada berbagai macam jenis miniatur rumah adat suku banjar, mulai dari joglo gudang, balai kaki, cacak burung, bubungan tinggi , tadah alas dan masih banyak lagi. Biasanya, oleh-oleh tersebut terbuat dari kayu agatis. Kamu dapat menjadikan miniatur rumah adat sebagai pajangan atau koleksi hiasan di rumah. Oleh-oleh khas Banjarmasin tersebut dijual dengan kisaran harga dari Rp 450.000 hingga Rp 550.000 tergantung dari jenis dan ukuran miniatur.

Panting

Oleh-oleh khas Banjarmasin
Oleh-oleh khas Banjarmasin : Panting

Dari semua oleh-oleh khas Banjarmasin, panting mungkin salah satu yang paling unik. Panting merupakan alat musih petik yang bentuknya mirip dengan gambus. Alat musik khas Kalimantan Selatan ini memiliki ukuran yang agak kecil, lengkap dengan ornamen ukiran di beberapa bagiannya. Sebagai ciri khas, panting memiliki hiasan berupa kepala naga dan ornamen khas Banjar di bagian lambung. Tidak hanya digunakan sebagai alat musik saja, panting juga digunakan sebagai penghias ruangan. Kamu dapat membeli panting dengan harga Rp 850.000.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa kamu bawa pulang. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Banjarmasin? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s