Medan merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera yang memiliki banyak fasilitas lengkap. Inilah mengapa kota ini  berkembang menjadi tempat wisata favorit tidak hanya untuk wisatawan dalam negeri tetapi juga luar negeri. Selain terdapat banyak tempat wisata menarik, Medan juga memilki banyak makanan tradisional lezat . Nah, agar waktu berlibur kamu  semakin menyenangkan, berikut RedDoorz akan bahas mengenai panduan wisata ke Medan yang bisa kamu coba.

Tempat Wisata di Medan

Medan sebagai sebuah kota besar meliputi banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata alam dengan pemandangan cantik hingga wisata bersejarah dengan arsitektur megah. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya satu per satu.

Danau Toba

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Danau Toba

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal dan ikonik di Medan adalah Danau Toba. Tempat wisata ini istimewa karena termasuk danau terbesar di Indonesia, bahkan saking besarnya, Danau Toba mirip sekali dengan lautan. Dulu pada awalnya, Danau INI terbentuk dari proses vulkanik yang terjadi di Asia Tenggara. Karena ukuran yang sangat besar, di dalam Danau Toba kamu bisa menemukan sebuah pulau yaitu Pulau Samosir. Untuk kedalamannya endiri mencapai hingga 450 meter. Kamu juga bisa melihat keindahan kota Prapat yang merupakan semenanjung yang menonjol di bagian danau.

Masjid Raya Kota Medan

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Masjid Raya Kota Medan

Untuk kamu umat Muslim berkunjunglah ke Masjid Raya Kota Medan. Tempat tersebut juga menjadi salah satu yang ikonik di kota Medan. Berusia lebih dari 111 tahun, Masjid Raya Kota Medan memiliki desain yang  merupakan campuran dari berbagai daerah mulai dari Spanyol, Timur Tengah dan India. Hingga sekarang Masjid Raya  masih digunakan sebagai tempat beribadah. Di bagian luar masjid, kamu bisa melihat sebuah kolam yang membuat tempat masjid tersebut semakin terlihat cantik. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Raya  pada Ramadhan karena pada saat tersebut akan ada Ramadhan Fair yang selalu diadakan setiap tahun.

Istana Maimun

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan: Istana Maimun

Sama-sama memiliki arsitektur yang cantik, Istana Maimun harus masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang harus kunjungi. Dirancang oleh Sultan Mahmud al Rasyid di tahun 1888, Istana Maimun sendiri menjadi salah satu tempat wisata yang tersohor di Medan. Tempat wisata ini juga cukup megah dengan luas sekitar 2772 meter persegi dilengkapi dengan 30 ruangan. Selama berkunjung ke Istana Maimun, kamu bisa mencoba pakaian kesultanan yang memang disewakan kepada para pengunjung yang datang. Para wisatawan dapat berkunjung ke Istana Maimun pada siang hari karena pada malam harinya Istana Maimun akan ditutup untuk umum.

Taman Wisata Pagoda Lumbini

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Taman Wisata Pagoda Lumbini

Medan juga mempunyai tempat wisata mirip seperti di Thailand yaitu Taman Wisata Pagoda Lumbini.  Pemandangan asitektur di tempat wisata tersebut terlihat sangat cantik dengan lapisan emas, sehingga membuat pagoda-pagoda tersebut terlihat sangat mencolok. Pagoda yang berada di Taman Wisata Taman Pagoda Lumbini juga merupakan salah satu pagoda tertinggi di Indonesia. Sebenarnya, desain dan bentuk dari pagoda tersebut merupakan replika dari Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas Yangon yang berada di Myanmar. Jangan ketinggalan juga untuk menjajal sebuah jembatan gantung yang dihiasi dengan puluhan lentera di sini. Keindahan pemandangan di Taman Wisara Pagoda Lumbini pun semakin sempurna dengan adanya taman –taman di sekitar lokasi wisata tersebut.

Gunung Sebiyak

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Gunung Sebiyak

Bagi kamu yang menyukai olahraga hiking, Gunung Sebiyak menjadi pilihan tepat. Gunung ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif bahkan hingga sekarang. Momen-momen terbaik bisa kamu dapatkan pada pagi dan sore hari yaitu saat matahari terbit dan terbenam. Abadikan momen berlibur kamu di Gunung Sebiyak dengan berfoto di atas kawah yang memilki luas sekitar 40.000 meter.

Wisata Kuliner di Medan

Selain berkunjung ke berbagai macam tempat wisatanya, kamu juga bisa berwisata kuliner di beberapa tempat, seperti:

Durian Ucok 

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Durian Ucok

Salah satu tempat makan durian yang cukup terkenal dan menyajikan durian berkulitas adalah Durian Ucok . Di sini, kamu bisa mencicipi berbagai macam durian yang harga per buahnya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000.  Kamu bisa coba Durian Ucok kapan pun karena kedainya buka selama 24 jam. Rasa dari durian khas Medan ini terasa sangat legit dengan perbedaan rasa manis dan pahit. Selain mencoba langsung, kamu juga bisa memilih berbagai varian durian lainnya, seperti durian beku, pancake durian hingga es krim durian.

Kedai Kopi Apek

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata : Kedai Kopi Apek

Selain mencoba durian, Medan juga cukup dikenal dengan kedai kopi tradisionalnya. Tempat yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Medan adalah Kedai Kopi Apek yang merupakan kedai kopi yang cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1922. Meski telah ditangani oleh pemilik yang berbeda-beda, mereka tetap menjaga cita rasa dari kopi yang mereka jual hingga sekarang. Tidak hanya orang tua yang datang ke Kedai Kopi Apek, muda mudi pun banyak yang berkunjung ke kedai terutama saat akhir pekan.

Lontong Kak Lin

Panduan-Wisat-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : Lontong Kak Lin

Untuk kamu yang ingin makan berat bisa berkunjung ke Lontong Kak Lin. Kamu bisa mencicipi satu porsi Lontong Kak Lin degan harga Rp 13.000 saja. Selain lontong sayur, kamu juga bisa mencicipi berbagai menu lainnya, mulai dari Nasi Gurih, Lontong Lecel, hingga Lupis. Berlokasi di depan SMA 1 Medan, tempat makan Lontong Kak Lin sangat nyaman. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00.

Wajir Seafood 

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata : Wajir Seafood

Para pencinta seafood bisa berkunjung ke Wajir Seafood Medan untuk mencicipi berbagai kuliner seafood lezat. Di sini ada banyak menu yang bisa dicoba, mulai dari udang, ikan , kepiting hingga cumi-cumi. Salah satu menu favorit yang paling banyak dipesan adalah Ikan Steam Tiociunya yang berbahan dasar ikan kakap. Sedangkan, untuk kirasan harga makaannya sendiri seafood di sana dibandrol mulai dari harga Rp 12.000.

Cara Menuju Ke Medan

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata : Naik Kapal Laut

Ada banyak transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mencapai Medan. Pertama, kamu bisa menggunakan jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang. Salah satu kelebihan dari menggunakan pesawat terbang adalah selain lebih nyaman jarak tempuhnya pun lebih cepat. Ada banyak maskapai yang membuka pernerbangan langsung ke Medan terutama dari Jakarta. Untuk harga tiket penerbangannya sendiri dibandrol dengan harga Rp 661.000 hingga Rp 2.421.000 tergantung dari maskapai apa yang dipilih.

Selain jalur udara, kamu juga bisa menggunakan jalur laut yaitu dengan naik kapal laut dengan rute Tanjung Priok (Jakarta) Belawan (Medan). Ada bermacam-macam kelas yang bisa kamu pilih untuk naik kapal laut, mulai dari kelas 1A, 1B, 2A, 2B dan Ekonomi. Kemudian, untuk harga tiketnya dijual dari Rp 341.000 per orang hingga Rp 1.329.000 per orang, tergantung dari kelas apa yang kamu pilih.

Penginapan 

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata ke Medan : RedDoorz

Di Medan ada berbagai macam penginapan mulai dari tempat menginap ala backpacker hingga resort. Tetapi, untuk kamu yang ingin menginap dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang lengkap RedDoorz adalah solusinya! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu akan mendapatkan garansi servis, seperti linen yang bersih, kamar mandi bersih, air minum, televisi, wifi gratis, hingga peralatan mandi. Jadi, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Medan, menginap saja di RedDoorz!

Tips Liburan 

Panduan-Wisata-ke-Medan
Panduan Wisata : istana maimun

Saat berkunjung ke Medan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti:

  • Rencanakanlah perjalanan dari jauh-jauh hari. Dengan begitu kamu bisa memilih dengan transportasi apa kamu akan pergi.
  • Jangan pergi ke sana saat high season yaitu pada liburan panjang. Hal tersebut  berlaku bagi kamu yang ingin pergi ke Medan untuk liburan. Karena pada saat tersebut, kondisi akan sangat ramai terutama di kawasan wisatanya. Kamu pasti tidak ingin liburanmu menjadi tidak nyaman karena kondisi yang terlalu ramai.
  • Perhatikan makanan yang kamu konsumsi selama di sana. Hal ini penting untuk kamu yang muslim. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah restoran tersebut menyajikan makanan halal atau tidak.

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Medan untuk liburan kamu yang menyenangkan. Hal apa yang paling ingin kamu lakukan saat berkunjung ke Medan? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas ini lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s