Berada di ujung paling timur Pulau Jawa, Banyuwangi menjadi destinasi yang tepat untuk melihat terbitnya matahari. Banyuwangi berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Gunung Raung serta Gunung Merapi melatar belakanginya. Dengan luas tanah 5.800 km2, Banyuwangi memiliki bentang alam yang menakjubkan. Mulai dari pegunungan, pantai indah hingga sabana dengan berbagai binatang liar yang eksotis. Dari sekian banyak pantai yang Banyuwangi miliki, berikut ini adalah 7 pantai terindah yang RedDoorz rekomendasikan, yuk simak selengkapnya!

Pantai Pulau Merah

pantai di banyuwangi 1
Pantai di Banyuwangi : Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pessanggaran, sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi. Sesuai namanya, pantai ini diberi nama Pulau Merah karena tanahnya yang berwarna merah. Pantai ini cocok untuk peselancar pemula karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Untuk mencapai ke sini, kamu bisa naik Bus Minto atau Ujang Jaya menuju Kecamatan Pesanggaran dari Terminal Brawijaya, turun di Pasar Pesanggaran, lalu lanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Pantai Pulau Merah.

Pantai Teluk Hijau (Green Bay)

pantai di banyuwangi 2
Pantai di Banyuwangi : Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau juga berlokasi di Pesanggaran, tepatnya di Desa Sarongan, sekitar 3-4 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. Selain pantai, di sini juga ada air terjun setinggi 8 meter yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah. Di sini, kamu bisa menikmati udara segar pantai bercampur dengan udara dari hutan hujan tropis yang berada di Taman Nasional Meru Betiri yang sejuk. Untuk menuju ke Pantai Teluk Hijau, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pesanggaran – Sarongan – Sukamede. Kamu tak perlu khawatir karena petunjuk arah ke sini sudah cukup jelas.

Pantai Plengkung

pantai di banyuwangi 3
Pantai di Banyuwangi : Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah pantai yang paling terkenal di Banyuwangi. Namanya sudah tersiar sampai ke dunia internasional karena ombaknya yang menjadi favorit para peselancar dunia. Ombaknya, yang memiliki 7 gulungan setinggi 6 meter, menjadi pantai dengan ombak kedua terbaik setelah Hawaii. Waktu terbaik untuk di sini adalah dari bulan Mei hingga Oktober setiap tahunnya. Untuk mencapai Pantai Plengkung, kamu bisa berkendara dengan bus sejauh 59 km dengan rute Banyuwangi-Kalipahit, lalu lanjutkan dengan objek sejauh 3 km menuju Pasaranyar. Setelahnya, kamu harus melalui perjalanan sejauh 15 km lagi menuju Pancur dan 9 km kemudian kamu akan tiba di Pantai Plengkung yang keren ini.

Pantai Bama

pantai di banyuwangi 4
Pantai di Banyuwangi : Pantai Bama

Pantai Bama agak sedikit berbeda dengan tiga pantai sebelumnya. Pantai ini lebih tenang, cocok untuk keluarga yang ingin bertamasya. Air lautnya juga tidak terlalu dalam sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman. Selain itu, terumbu karang juga bisa dilihat dengan mata telanjang karena warna air lautnya yang jernih. Ditambah dengan pemandangan hutan tropis dan burung liar, Pantai Bama cocok untuk kamu yang menginginkan suasana lebih tenang.

Pantai Watu Dodol

pantai di banyuwangi 5
Pantai di Banyuwangi : Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol berlokasi di bagian utara Banyuwangi dan berbatasan dengan Situbondo. Berbeda dengan pantai lainnya yang agak sulit dijangkau, Pantai Watu Dodol terletak di sebelah jalan, sehingga yang melewati Jalur Pantura bisa menikmati keindahan pantai dengan mudah. Selain itu, pantai ini juga tergolong unik karena ada mata air tawar yang mengalir ke pantai dan banyak bebatuan yang terdampar di sepanjang bibir pantai.

Pantai Rajegwesi

pantai di banyuwangi 6
Pantai di Banyuwangi : Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi berada di lokasi yang berdekatan dengan Pantai Teluk Hijau dan masih merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Berbeda dengan pantai biasanya, udara di Pantai Rajegwesi tergolong cukup sejuk karena lokasinya yang berdekatan dengan gunung. Ombaknya yang tidak terlalu tinggi membuatnya aman untuk berenang.

Pantai Sukamede

pantai di banyuwangi 7
Pantai di Banyuwangi : Pantai Sukamede

Satu Kompleks dengan Teluk Hijau dan Pantai Rajegwesi, Pantai Sukamede juga berada di Desa Sarongan, bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Akan tetapi, perjalanannya lebih mendebarkan dari dua pantai sebelumnya. Untuk menuju ke Pantai Sukamede, kamu wajib menggunakan mobil karena bukan cuma akan melalui jalan berliku-liku, kamu juga akan melintasi sungai! Tapi sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh pantai berair jernih yang masih terjaga keasriannya dan penangkaran penyu yang sudah mulai punah.

Pantai Pancur

pantai di banyuwangi 8
Pantai di Banyuwangi : Pantai Pancur

Pantai di Banyuwangi yang belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pancur yang masih bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Pasir pantainya berwarna putih terlhat cantik saat berpadu dengan air laut biru jernih. Jika ingin berlama-lama di pantai ini, tak usah khawatir karena sudah tersedia fasilitas berupa musala, kamar mandi dan kantin. Sekitar 2 km dari Pantai Pancur, terdapat gua yang cukup sakral bernama Gua Istana dan Sendang Srengenge. Biasanya, gua tersebut digunakan oleh segelintir orang untuk melakukan ritual tertentu. Banyak umat Hindu yang datang untuk sembahyang dan melakukan semadi.

Itulah tadi informasi singkat mengenai rekomendasi pantai di banyuwangi. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s