Busan adalah kota metropolitan paling besar ke-2 di Korea Selatan sesudah Seoul. Secara geografis, Busan terdapat di lokasi pantai tenggara Korea, di pinggir Sungai Nakdong, sungai terpanjang yang bermuara di Selat Korea. Jumlah masyarakat kota ini sekitar 3,5 juta jiwa pada tahun 2014. Tak hanya itu, sebagai kota pelabuhan paling besar di Korea, Busan memiliki banyak sekali tempat wisata populer dan menarik dkalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, apa saja sih kira-kira tempat wisata yang menarik? Yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Haeundae Beach

tempat wisata busan 1
Tempat Wisata di Busan: Haeundae Beach

Pantai ini sangat ramai dikunjungi terlebih pada saat musim panas karena merupakan pantai utama yang terletak di jantung kota Busan. Meskipun berada di pusat kota, pantainya sangat bersih dengan pasir yang halus. Pada musim panas, banyak penyewaan tenda dan peralatan olahraga air seperti jetski, kano dan lainnya. Disepanjang pantai juga terdapat banyak restoran yang bisa memanjakan para wisatawan yang ingin kulineran. Di salah satu sisi pantai juga terdapat Busan Sea Life Aquarium yang bisa dikunjungi untuk kamu yang mau menikmati keindahan bawah laut.

Taejongdae

tempat wisata di busan 2
Tempat Wisata di Busan: Taejongdae

Taejongdae adalah salah satu taman alami yang terdapat di ujung Pulau Yeongdo, Busan. Nama taman ini diambil dari nama Raja Taejong Mu-Yeol, raja ke-29 di Kerajaan Silla yang dahulu sering berkunjung ke sini. Tidak sama dengan taman-taman kota pada umumnya, Taejongdae mempunyai pemandangan yang unik, lantaran letaknya di satu tebing yang menghadap ke laut lepas. Taman ini didominasi oleh pohon-pohon hijau dan dilengkapi dengan beragam saran untuk wisatawan, seperti observatorium, taman bermain, mercusuar, serta dermaga untuk kapal pesiar.

Gwangalli Beach

tempat wisata di busan 3
Tempat Wisata di Busan: Pantai Gwangalli

Pantai Gwangalli adalah pantai berpasir yang berlokasi di Suyeong-gu, Busan, tepat di samping Haeundae. Pantai ini terdapat di satu teluk kecil di mana terdapat Jembawatan Gwanganan (Gwangandaegyo Bridge). Memiliki panjang sekitar 1,4 km, pantai ini mempunyai pasir yang berwarna coklat keabuan dan air laut yang jernih, hingga sering dikunjungi untuk mereka yang ingin memancing. Di sekitaran pantai juga ada beragam sarana untuk beberapa wisatawan seperti restoran, café, serta hotel. Sebagian tempat wisata yang terdapat tak jauh dari pantai ini diantaranya Milak Waterfront Park, Suyeong Sajeok Park, serta Dongbaekseom Island.

Haedong Yonggungsa

tempat wisata di busan 4
Tempat Wisata di Busan: Haedong Yonggungsa

Kuil ini pertama kalinya dibangun pada tahun 1376 oleh seorang guru yang dikenal dengan nama Naong, yang hidup pada saat Dinasti Goryeo. Kompleks kuil ini dibangun di atas ruang yang begitu luas dan tebing pinggir laut.  Karena tempatnya yang unik, Haedong Yonggungsa menjadi salah satu kuil Budha yang paling populer diantara wisatawan yang berkunjung ke Busan. Selain itu, kuil ini akan sangat ramai dikunjungi ketika festival perayaan ulang tahun Budha. Kuil ini akan dihiasi dengan bermacam jenis lampion kertas dan lampu-lampu cantik.

Yongdusan Park dan Busan Tower

tempat wisata di busan 5
Tempat Wisata di Busan: Yongdusan Park dan Busan Tower

Tak hanya pantai, Busan juga menawarkan wisata lain yaitu Gunung. Untuk dapat menikmati segarnya angina gunung, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Yongdusan Park. Terdapat sebuah escalator yang sangat tinggi, sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk menuju kawasan pegunungan ini. Selain menghadirkan pemandangan dan suasana gunung yang indah, Yongdusan Park juga dilengkapi banyak fasilitas dan atraksi seperti Busan Tower yang ikonik dan megah, Citizen’s bell, Flower clock, Poem themed streets, patung laksamana Yi Sun-Shin, monument peringatan Yongsusan Park, dan masih banyak lagi. Jika ingin melihat keindahan kota Busan terutama suasana pelabuhannya dari ketinggian maka sangat disarankan naik ke Busan Tower. Tapi untuk naik ke atas kamu harus membeli tiket terlebih dahulu.

Jagalchi Market

tempat wisata di busan 6
Tempat Wisata di Busan: Jagalchi Market

Jagalchi Market adalah salah satu pasar ikan terbesar di Korea Selatan dan nomor dua terbesar di dunia. Segala macam binatang laut dapat kamu temukan. Meskipun pasar ini terbilang modern, namun tentu bau amis yang khas masih sangat terasa. Bagi pengunjung yang tidak kuat dengan bau tersebut disarankan untuk menggunakan masker penutup hidung. Menikmati suasana pasar ikan, dengan berbagai kehidupan di dalamnya kadang menghadirkan keasyikan tersediri. Di belakang Jagalci Market terdapat sebuah area bermain yang cukup indah dengan latar belakang laut, jembatan dan gedung-gedung tinggi. Atau jika kamu ingin mencoba seafood khas Busan, kamu harus berkunjung ke salah satu restoran di sini dan mencicipi sashimi khas Korea.

Oryukdo Island

tempat wisata di busan 7
Tempat Wisata di Busan: Oryukdo Island

Oryukdo Island merupakan gususan pulau-pulau kecil yang terdapat lokasi Nam-gu, pantai selatan Busan. Jumlah pulau di gugusan ini pada 5 sampai 6 pulau, bergantung gunakan surut air laut. Nama pulau ini datang dari 2 kata yakni “o” yang bermakna “lima” serta “yuk” yang bermakna “enam”, yang tunjukkan jumlah pulau didalam gugusan. Nama pulau-pulau tersebut adalah Usakdo Island, Surido Island, Gonggotdo Island, Guldo Island, serta Deungdaedo Island. Keseluruhannya pulau cuma tersusun atas bebatuan serta tak berpenghuni, terkecuali Deungdaedo Island, lantaran di pulau ini ada satu mercusuar.

Gukje Market

tempat wisata di busan 8
Tempat Wisata di Busan: Gukje Market

Gukje Market adalah tempat favorit belanja di Busan termasuk membeli oleh-oleh khas Korea Selatan karena harganya yang relatif lebih murah dan juga tersedia banyak pilihan. Secara garis besar Gukje Market terdiri dari dua bagian yaitu bagian depan berupa deretan pertokoan yang menawarkan produk kosmetik, pakaian dan sepatu serta bagian belakang berupa gang pasar tradisional yang menjual berbagai macam rupa barang termasuk souvenir. Pada beberapa toko souvenir pedagangnya bisa berbahasa Indonesia, ini merupakan salah satu bukti bahwa banyak wisatawan yang datang ke sini adalah orang Indonesia.

Itulah tadi informasi singkat mengenai rekomendasi tempat wisata di Busan. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s