Di Kalimantan, Banjarmasin menjadi salah satu kota besar yang cukup berpengaruh. Tidak hanya sebagai pusat perekonomian saja, Banjarmasin juga sangat potensial menjadi destinasi wisata. Mulai dari tempat wisata alam, situs bersejarah hingga pasar tradisional pun menjadi lokasi yang menarik untuk kamu kunjungi selama disana. Tidak hanya itu, komoditi laut juga menjadikan kuliner di sini menarik untuk kamu cicipi karena banyak seafood. Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke sana, berikut RedDoorz akan memberikan sedikit panduan wisata ke Banjarmasin, yuk simak apa saja!

Tempat Wisata di Banjarmasin

Ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi selama di Banjarmasin, mulai dari pasar tradisional, hingga objek wisata bersejarah. Berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi:

Pasar Apung Muara Kuin

Panduan-wisata-di-Banjarmasin
Panduan wisata di Banjarmasin: Pasar Apung Kuin

Salah satu tempat yang cukup ikonik di Banjarmasin adalah Pasar Apung Muara Kuin. Di sepanjang sungai kamu akan melihat banyak perahu yang menjajakan berbagai dagangan yang mayoritas merupakan sayuran dan buah. Jaman dulu, untuk berbelanja di sini kamu harus menggunakan sistem barter. Tetapi seiring perkembangan jaman, transaksi menggunakan uang pun dilakukan di sini. Kalau ingin berbelanja atau sekedar  berkunjung ke Pasar Apung Muara Kuin, kamu harus bangun dari subuh yakni sekitar pukul 04.00 pagi untuk kemudian berlayar dengan perhu motor menuju ke Sungai Kuin. Biasanya untuk naik perahu motor  kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 60.000 hingga Rp 80.000 untuk pulang -pergi.

Rafting di Sungai Amandit

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk kamu yang suka dengan kegiatan menantang adrenalin cobalah rafting di Sungai Amandit. Tidak seperti rafting pada umumnya, di Sungai Amandit kamu hanya akan menggunakan sampan bambu. Para wisatawan yang datang bisa merasakan bagaimana menantangnya mengarungi Sungai Amandit mulai dari hulu hingga hilir selama kurang lebih selama 2 hingga 3 jam. Dalam perjalanan kamu bahkan bisa mampir sebentar ke Desa Tanuhi yang merupakan tempat tinggal dari Suku Dayak di sana.

Pulau Kembang

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata ke Banjarmasin : Pulau Kembang

Wisata alam yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi selama di Banjarmasin adalah Pulau Kembangan. Di sini kamu bisa melihat keindahan pulau yang masih sangat rindang dan asri. Masuk ke dalam kamu akan melihat banyak kera berkeliaran. Dikisahkan terbentuknya Pulau Kembangan sendiri berawal dari hancurnya kapal inggirs pada tahun 1750an. Setelahnya, bangkai kapal tersebut pun ditumbuhi berbagai pepohonan dan akhirnya terciptalah sebuah pulau. Untuk masuk ke Pulau Kembangan kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan, untuk sampai ke sana kamu memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dari dermaga dengan melalui pusat kota Banjarmasin.

Jembatan Barito

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata ke Banjarmasin : Jembatan Barito

Banjarmasin juga memiliki satu sungai yang sangat dikenal dan menjadi pusat perekonomian yaitu Sungai Barito. Di sini kamu akan menemukan Jembatan Barito yang menjadi kebanggan dari para warga. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1082 m dan menghubungkan kota Banjarmasin ke Palangkaraya. Ukuran Jembatan Barito juga dibuat tinggi agar bisa dilewati oleh kapal tongkang. Sebelum dibangun, warga di sana masih menggunakan transportasi air untuk menyebrangi sungai.

Museum Wasaka

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata : Museum Wasaka

Tidak hanya wisata alam saja yang menarik untuk kamu kunjungi. Selama di sini kamu pun bisa berkunjungi ke Museum Wasaka yang berisi perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan pada masa dahulu kala. Di dalam museum kamu bisa melihat berbagai macam benda koleksi, mulai dari sejarah tradisional, modern serta pakaian tradisional khas Banjarmasin yang bernama Barajah. Museum Wasaka sendiri pertama kali diresmikan oleh HM Said, Gubernur Kalimantan Selatan pada tahun 10 November 1991.

Makanan Khas Banjarmasin

Selain berkeliling untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata di sini. Jangan lupa  untuk mencicipi berbagai makanan tradisonal, seperti berikut:

Soto Banjar

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata: Soto Banjar

Kamu yang suka dengan kuliner menyegarkan cicipilah Soto Banjar. Makanan yang satu ini merupakan kuliner berkuah berisi berbagai rempah sehingga memiliki aroma yang wangi. Isian dari makanan khas Banjarmasin juga sangat lengkap, mulai dari irisan telur, soun, ayam hingga perkedel. Soto Banjar akan semakin sedap dengan taburan bawang goreng dan irisan jeruk nipis. Agar semakin mengenyangkan kamu bisa menyantapnya dengan nasi atau lontong.

Ketupat Kandangan

Pandauan-Wisata-ke-Banjarmasin
Pandauan Wisata: Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan juga masuk ke dalam kuliner tradisional yang harus kamu coba selama di Banjarmasin.Tidak seperti ketupat pada umumnya yang disajikan dengan opor, sayur godok dan sayur daging. Ketupan Kandangan disajikan dengan dengan ikan gabus asap yang juga dikenal dengan ikan haruan, ikan patin dan ikan gurame. Cita rasa dari Ketupat Kandangan juga terasa sedap karena berisi berbagai macam rempah, seperti kapulaga, cengkeh, seria, bawang merah, kemiri dan bawang putih.

Gangan Asam Banjar

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata ke Banjarmasin: Gangan Asam Banjarmasin

Sajian ikan juga bisa kamu temukan di Gangan Asam Banjar. Sebenarnya, bahan utama dari Gangan Asam Banjar sendiri merupakan ikan gabus, tetapi karena di Banjarmasin banyak terdapat ikan patin, bahan tersebut juga bisa diganti. Gangan Asam Banjar semakin terasa sedap dengan campuran lain, seperti kacang panjang dan timun. Kamu bisa menyantap Gangan Asam Banjar dengan menggunakan nasi putih dan sambal.

Mandai

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata : Mandai

Selain makanan untuk lauk, kamu juga bisa mencicipi kudapan seperti Mandai. Kuliner khas Banjarmasin ini terbuat dari bahan dasar kulit cimpedak yang diawetkan dengan garam. Semakin lama kulit cimpedak disimpan rasanya pun akan semakin lezat. Biasanya Mandai disajikan dengan cara digoreng untuk dibawa piknik atau bepergian. Mandai juga bisa kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh.

Cara Menuju ke Banjarmasin

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata : Penerbangan

Ada berbagai macam transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke Banjarmasin, salah satunya adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Dari Jakarta sendiri ada berbagai macam penerbangan yang langsung mengarah ke Banjarmasin. Harga tiket yang dijual sendiri juga sangat beraneka ragam mulai dari Rp 546.000 hingga Rp 1.956.000 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Sedangkan, alternatif transportasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mencapai ke sini adalah dengan kapal laut. Dengan menggunakan kapal laut kamu bisa berangkat menuju Pelabuhan Trisakti yang merupakan pelabuhan terbesar di sana. Untuk harga tiketnya sendiri, naik kapal laut dari Jakarta ke Banjarmasin sekitar Rp 800.000 hingga Rp 900.000.

Penginapan di Banjarmasin

Panduan-Wisata-ke-Banjarmasin
Panduan Wisata : RedDoorz

Ada berbagai macam penginapan di Banjarmasin mulai dari penginapan untuk backpacker hingga hingga resort. Tetapi, untuk kamu yang ingin berlibur dengan menginap di tempat yang nyaman dan harga yang terjangkau, RedDoorz adalah jawabannya! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu bisa menikmati penginapan dengan garansi servis, seperti linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, air mineral, televisi, wifi gratis dan peralatan mandi. Jadi, kalau hendak berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa menginap di ReDoorz!

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Banjarmasin yang yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s