Beberapa bulan lalu Kementerian Pariwisata bersama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menobatkan soto sebagai makanan nasional Indonesia. Seperti rendang dan sate yang lebih dahilu populer, soto dinilai lebih diterima oleh wisatawan mancanegara. Selain itu, soto juga sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Bayangkan, Indonesia memiliki lebih dari 70 jenis soto yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kira-kira apa saja sih rekomendasi soto yang harus kamu coba? Yuk simak selengkapnya!

Soto Lamongan

berbagai soto di Indonesia 1

Soto Lamongan merupakan jenis soto bening yang sangat populer di Indonesia. Berasal dari daerah Lamongan di Jawa Timur, soto ini terdiri dari bihun atau soun, suwiran ayam goreng, kol, tauge dan telur rebus lalu disajikan bersama perasan jeruk nipis yang menghasilkan rasa segar. Yang membedakan dengan soto lain adanya remahan kerupuk udang yang biasa disebut poya atau koya. Kota ditambahkan sebagai pelengkap Soto Lamongan sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Soto Betawi

berbagai soto di Indonesia 2

Jakarta tidak hanya dikenal dengan gedung pencakar langit serta kemacetan, tapi juga kuliner yang enak. Soto Betawi merupakan varian soto yang cukup melegenda di wilayah Jakarta. Soto Betawi menggabungkan potongan daging sapi yang biasanya ditambah dengan jeroan untuk menambah variasi tekstur. Dalam perkembangannya, kuliner ini tidak lagi menggunakan santan sebagai bahan pembuatan kuah. Santan diganti dengan susu yang memiliki rasa gurih lebih ringan dan berkhasiat untuk kesehatan. Dalam penyajiannya, Soto Betawi biasa dihidangkan bersama dengan jeruk nipis, sambal, minyak samin, acar dan emping.

Soto Padang

berbagai soto di Indonesia 3

Berbeda dengan Soto Betawi yang kental, Soto Padang memiliki tampilan warna kuah yang lebih bening. Soto ini biasanya berisi bihun, perkedel, kentang dan potongan daging yang disiram dengan kuah yang kaya rempah. Uniknya, tak seperti solo lain yang menggunakan daging rebus, soto Padang menggunakan potongan daging goreng krispi yang menghasilkan tekstur khas pada sajian soto. Di Provinsi Sumatera barat, biasanya Soto Padang disajikan bersama segelas teh talua hangat.

Soto Kudus

soto kudus

Hampir mirip dengan soto dari daerah Lamongan, Soto Kudus terdiri dari bihun, taoge dan suwiran daging yang disiram dengan kuah bening menyegarkan. Bedanya, Soto Kudus disajikan dalam mangkuk kecil lengkap dengan tambahan nasi di bagian dasar mangkuk. Selain itu, demi menghormati pemeluk agama Hindu di Kudus, sajian soto ini tidak menggunakan potongan daging sapi, melainkan suwiran daging ayam goreng atau daging kerbau yang telah direbus.

Coto Makassar

berbagai soto di Indonesia 5

Selanjutnya ada Coto Makassar yang juga berupa varian soto dengan kuah bening khas Nusantara. Daging sapi bersta jeroan, seperti hati, paru, babat, hingga otak direbus bersama rempah-rempah hingga empuk lalu disajikan bersama taburan daun bawang dan sambal tauco yang asam dan gurih. Menariknya, Coto Makassar disajikan bersama potongan buras yaitu ketupat khas Makassar yang dimasak dengan santan.

Soto Mi Bogor

berbagai soto di Indonesia 10

Sesuai dengan namanya, sajian soto asal Bogor, Jawa barat ini disajikan bersama campuran mi kuning yang kenyal. Untuk menambah rasa nikmat, soto berkuah gurih ini dilengkapi dengan potongan daging dan kikil sapi, toman dan potongan risol. Tak hanya ditemukan di Bogor, soto ini juga sangat populer dan mudah ditemukan di berbagai wilayah Jakarta.

Soto Banjar

berbagai soto di Indonesia 7

Sebagai pecinta soto, kamu harus mencoba soto khas suku Banjar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dibuat dari campuran nasi atau ketupan, suwiran ayam, perkedel, kentang rebus, dan potongan telur rebus, soto khas Banjar memiliki rasa rempah yang kuat karena diolah bersama rempah seperti kayu manis, cengkeh dan pala.Sebagai pelengkap, biasanya Soto Banjar disajikan bersama sate ayam yang gurih.

Soto Bandung

berbagai soto di Indonesia 8

Berbeda dengan soto dari berbagai daerah di Indonesia, soto khas Kota Bandung ini memiliki kuah bening yang bumbunya hanya diiris tipis-tipis. Bumbunya yang sederhana tidak mengurangi cita rasanya yang luar biasa. Yang menjadi ciri khas pada Soto Bandung adalah adanya potongan lobak dan taburan kcang kedelai goreng serta daging yang diiris serupa potongan dadu.

Soto Madura

berbagai soto di Indonesia 9

Soto Madura merupakan jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Soto ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge. Soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi, seperti babat, paru, dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Dalam penyajiannya, Soto Madura biasanya dinikmati bersama rempeyek.

Itulah tadi informasi singkat mengenai berbagai jenis soto di Indonesia. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s